Salah satu kepribadian ekstrovert dari 16 kepribadian MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator, yaitu ENFP, dikenal sebagai kepribadian ekstrovert yang paling introvert, lho! ENFP sendiri merupakan akronim dari Extraverted (E), Intuitive (N), Feeling (F), dan Perceiving (P).

Melansir Thoughtcatalog, orang-orang dengan kepribadian ENFP dikenal sebagai “sosok ekstrovert yang paling introvert” dikarenakan fungsi dominan mereka, yaitu intuisi ekstrovert (Ne), kerap “menyamar” sebagai fungsi introvert karena bisa muncul ketika seorang ENFP sedang sendirian, maupun saat berada di sekitar orang lain.

Namun, mereka tetap diklasifikasikan sebagai kategori ekstrovert karena orientasi mereka yang mengarah ke luar, bukan ke dalam. Kepribadian ENFP juga membutuhkan banyak waktu “introvert” untuk memproses perasaan mereka, akan tetapi pada akhirnya, mereka akan sangat bersemangat ketika membuat berbagai hal-hal menarik untuk masa depan.

Penasaran dengan fakta menarik kepribadian si campaigner alias “juru kampanye” ini? Berikut 10 fakta menarik ENFP, si ekstrovert yang paling introvert!

1. Memiliki semangat yang tinggi

10 Fakta Menarik ENFP, Si Ekstrovert yang Paling Introvert!Pexels.com/Vaibhav Kashyap

Fakta menarik pertama adalah, seorang ENFP penuh dengan semangat, baik ketika ia bersama dengan orang lain, maupun ketika ia sedang sendirian. ENFP sendiri memang dikenal sebagai kepribadian yang penuh dengan antusiasme, ceria, dan semangat yang tinggi!

Menurut 16personalities.com, kepribadian ENFP adalah kepribadian jiwa bebas sejati. Mereka sering kali menjadi orang yang membuat segala sesuatu menjadi menyenangkan. Mereka juga menarik, mandiri, penuh empati, dan bersemangat. Jumlahnya pun ada sekitar 7% dari populasi.

2. Seseorang yang sering “tancap gas”

10 Fakta Menarik ENFP, Si Ekstrovert yang Paling Introvert!Pexels.com/Pavel Danilyuk

Orang-orang dengan kepribadian ENFP kerap “tancap gas” saat melakukan hal baru sebelum mereka betul betul memproses perasaannya. Misalkan ketika mereka mau mencoba hal baru, mereka bisa langsung mencoba dan mengerjakan hal tersebut, kemudian barulah mereka mengambil jeda waktu untuk refleksi diri tentang perasaan mereka.

3. ENFP nyaman menunjukkan diri mereka di depan publik

10 Fakta Menarik ENFP, Si Ekstrovert yang Paling Introvert!Pexels.com/Dazzle Jam

Kalau ditanya seputar kepribadian apa yang suka menunjukkan dirinya di depan publik, salah satu jawabannya sudah pasti ENFP! Mereka akan merasa nyaman dalam menunjukkan dirinya serta berbagai macam bakat yang mereka miliki di hadapan banyak orang.

4. ENFP suka menggunakan candaan saat menghadapi situasi serius

10 Fakta Menarik ENFP, Si Ekstrovert yang Paling Introvert!Pexels.com/Allan Mas

ENFP adalah kepribadian yang cenderung menggunakan candaan, sebagai cara mereka dalam menghadapi permasalahan yang serius. Cara tersebut dimaksudkan untuk melindungi perasaan terdalam mereka.

Walaupun demikian, sebenarnya orang-orang dengan kepribadian ENFP ini sangat serius, lho!

5. Orang yang sangat kreatif

10 Fakta Menarik ENFP, Si Ekstrovert yang Paling Introvert!Pexels.com/Antoni Shkraba

Seorang ENFP juga disebut-sebut sebagai seseorang yang sangat kreatif. Mereka menyukai tantangan dan sering menantang diri mereka dengan hal-hal baru yang cemerlang nan kreatif!

John Hackston, seorang Head of Thought Leadership dari Perusahaan The Myers-Briggs, bahkan mengatakan bahwa kepribadian ENFP adalah seorang pemikir kreatif dengan kapasitas yang luar biasa untuk berkreasi dan mampu berpikir secara abstrak, meski hal-hal detail kerap kali tidak mereka tangkap dengan baik.

6. Sering mempertanyakan status ekstrovert mereka

10 Fakta Menarik ENFP, Si Ekstrovert yang Paling Introvert!Freepik.com/Cookiestudio

Orang-orang dengan kepribadian ENFP sering kali bingung dengan status ekstrovert mereka. Hal ini disebabkan karena mereka melihat diri mereka memiliki kepribadian ambivert, atau kepribadian yang merupakan gabungan antara ekstrovert dan introvert.

Akan tetapi jawabannya mereka memang benar-benar punya status kepribadian yang ekstrovert.

7. Mendistraksi diri dari permasalahan dengan hal-hal eksternal

10 Fakta Menarik ENFP, Si Ekstrovert yang Paling Introvert!Pexels.com/Nina Uhlíková

Kemampuan mendistraksi diri dari berbagai permasalahan pun merupakan salah satu fakta menarik kepribadian ENFP yang selanjutnya. Mereka bisa mendistraksi diri mereka dari permasalahan dengan melakukan hal-hal eksternal, seperti halnya melakukan proyek baru atau aktivitas baru.

8. Suka memberi saran yang memberdayakan

10 Fakta Menarik ENFP, Si Ekstrovert yang Paling Introvert!freepik.com

Ketika seseorang membutuhkan saran saat menghadapi permasalahan, seorang ENFP akan memberikan sebuah saran yang memberdayakan. 

Seorang ENFP akan mendengarkan permasalahan seseorang, lalu memprosesnya, dan memberikan berbagai macam saran dalam pemecahan masalahnya. Solusi yang ditawarkan seorang ENFP akan selalu memberdayakan, dengan maksud agar seseorang yang memiliki masalah tersebut memiliki kontrol terhadap permasalahan yang dihadapinya. 

Jadi, apabila kamu butuh saran atas permasalahan yang dapat memberdayakan dirimu, bercerita ke seorang ENFP adalah pilihan yang tepat!

9. Suka mengeksplorasi hal-hal baru

10 Fakta Menarik ENFP, Si Ekstrovert yang Paling Introvert!Pexels.com/Leah Kelley

Selain berjiwa kreatif, seorang ENFP sangat gemar mengeksplorasi hal-hal baru. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, seorang ENFP tertarik dengan tantangan, dan mereka bisa menemukan tantangan tersebut dengan cara mengeksplor hal-hal baru.

10. Mudah terbuka dengan orang lain

10 Fakta Menarik ENFP, Si Ekstrovert yang Paling Introvert!freepik.com/ beststudio

Mereka juga dengan mudah membangun obrolan dengan orang-orang di sekitar mereka, termasuk dengan orang-orang baru, lho! Kepribadian mereka yang hangat dan penuh dengan antusiasme saat bersosialisasi, benar-benar menunjukkan bahwa mereka adalah sosok yang hangat dan juga terbuka.

Mereka pun pada akhirnya punya keuntungan dengan sifat tersebut, yaitu mereka bisa membuka koneksi yang luas dengan banyak orang!

Itulah 10 fakta menarik dari seseorang yang memiliki kepribadian ENFP, kepribadian yang penuh dengan antusiasme, ide kreatif, dan suka dengan tantangan baru. Jadi, apakah kamu juga salah satu pemilik kepribadian si "juru kampanye" ini?

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Kepribadian INFJ, Sosok yang dikenal "Langka"

Baca Juga: 5 Tipe MBTI yang Cocok dengan INTJ, Coba Cek!

Baca Juga: 4 Kepribadian MBTI Ini Tak Mau Buru-buru Tetapkan Status Hubungan