Jatuh cinta terkadang tidak perlu alasan kapan datangnya dan kepada siapa menambatkannya. Namun ketika jatuh cinta, seseorang bisa saja hilang kendali karena perasaan cinta dan sayang yang berlebihan terkadang menutup pintu-pintu akal sehat.

Kerap terjadi saat si laki-laki yang kamu puji-puji itu tengah mengabaikanmu. Tentunya hal itu akan membuatmu patah hati sekaligus sakit hati. Apalagi jika perasaan yang kamu miliki padanya begitu besar, tentu akan sebanding dengan rasa sakit hati yang akan kamu terima nanti jika laki-laki tersebut mengabaikanmu.

Nah, untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang terjadi padamu, di bawah ini ada lima cara agar tak sakit hati ketika laki-laki yang disukai tak mengindahkanmu. Apa saja? Disimak baik-baik, yuk!

1. Jangan terlalu menyukai atau mencintai seseorang secara berlebihan

5 Cara agar Tak Terlalu Sakit Hati Saat Jadi Korban PHPUnsplash.com/Sergio Souza

Dalam hal apa pun setiap yang berlebihan itu tidak baik, termasuk jatuh cinta. Untuk itu, kamu harus mengerem perasaanmu agar tidak menimbulkan kekecewaan yang mendalam.

Bisa saja seseorang yang kamu sukai atau cintai malah berbalik mengecewakanmu dan hal itu bisa membuatmu sakit hati yang sebanding dengan perasaan sukamu yang berlebihan itu. Jadi, sukai dan cintailah seseorang dengan sewajarnya saja. Jangan terlalu membebani diri sendiri dengan perasaan-perasaan yang berlebihan.

2. Bersikap biasa-biasa saja

Bersikaplah biasa-biasa saja. Jangan biarkan diri kamu seolah mengemis cintanya. Hal itu justru akan membuat kamu terlihat murahan di mata orang yang kamu sukai.

Bersikap biasa-biasa saja bisa membuat pikiran kamu terbuka dan bisa menerima pendapat mengenai laki-laki yang kamu sukai dari sudut pandang orang lain yang lebih mengenalnya dibanding kamu. Hal itu bisa membantumu untuk bersikap lebih rasional terhadap laki-laki yang kamu sukai.

3. Jangan kebanyakan stalking dia

5 Cara agar Tak Terlalu Sakit Hati Saat Jadi Korban PHPUnsplash.com/Austin Distel

Terkadang jika sedang jatuh cinta, selalu diliputi perasaan kepo, seperti penasaran dengan apa yang dilakukan oleh laki-laki yang disukai. Di zaman digital seperti sekarang, tentunya lebih mudah untuk mengetahui apa yang dilakukan gebetan lewat media sosialnya.

Namun, hal itu juga bisa berdampak tidak baik jika kamu kebanyakan stalking akun media sosialnya. Sedangkan di sisi lain, laki-laki yang kamu idam-idamkan itu bisa saja memupus angan-anganmu dengan menampakkan kenyataan-kenyataan di luar ekspektasi kamu.

4. Pura-pura cuek

Bersikaplah pura-pura cuek seolah kamu tidak memiliki perasaan apa-apa padanya meski hati kamu sebenarnya tidak karuan ketika bertemu atau tengah mengobrol dengan laki-laki yang kamu sukai. Tindakan ini bisa membuat harga dirimu tetap terjaga dan memancing laki-laki yang kamu sukai beralih melirikmu karena merasa penasaran denganmu.

5. Ungkapkan perasaanmu lewat perantara

5 Cara agar Tak Terlalu Sakit Hati Saat Jadi Korban PHPUnsplash.com/Ben White

Jika perasaanmu pada laki-lako yang disukai sudah terlampau besar, sedangkan kamu juga harus menjaga harga dirimu, maka kamu bisa mencoba mengungkapkan perasaanmu dengan menggunakan perantara atau orang ketiga yang dapat dipercaya untuk menyampaikan maksudmu padanya.

Hal itu sama sekali tidak akan membuatmu merasa terhina karena mengungkapkan perasaan terlebih dahulu. Justru dengan cara itu kamu bisa tahu apakah laki-laki yang kamu sukai itu pantas untuk kamu pertahankan atau tidak.

Itulah kelima cara agar tak sakit hati ketika menyukai laki-laki yang disukai tak mengindahkanmu. Kamu pilih cara yang mana?

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Cara Agar Tak Terlalu Sakit Hati Saat Jadi Korban PHP"

Baca Juga: 30 Kata-Kata PHP yang Menusuk Hati