Nggak ada salahnya, kok, mencari gebetan baru lewat beragam aplikasi kencan yang saat ini tersedia. Namun kamu harus tetap waspada, ya, Bela, karena nggak jarang ada saja kejahatan yang bisa terjadi lewat dating apps, salah satunya adalah catfishing

Catfishing adalah tindak pemalsuan identitas yang dilakukan seseorang. Biasanya, para pelaku catfishing ini memilih menjadi sosok yang menarik dan mampu membuat orang lain percaya terhadap perkataannya. 

Para pelaku catfishing ini ngggak segan untuk mencuri identitas pihak lain dan menggunakannya untuk berselancar di dating apps. Mulai dari foto, nama, pekerjaan, dan data diri lainnya sengaja dibuat palsu. Lebih parahnya, tindak catfishing ini bisa berlanjut ke kasus yang lebih serius seperti penipuang uang. 

Well, nggak mau dong niat kencan onlinemu berubah menjadi mimpi buruk. Supaya terhindar, simak baik-baik tips berikut!

Perhatikan profile picturenya

Lakukan Ini Agar Terhindar dari Catfishing Lewat Aplikasi KencanUnsplash

Lihat foto yang dia pajang dalam aplikasi kencan tersebut, ya, Bela. Apakah foto yang digunakan itu jelas menggambarkan wajahnya? Apakah orang di dalam foto itu adalah orang terkenal alias bukan dirinya sendiri? Untuk menyiasati ini, kamu bisa saja menggunakan Google images untuk mencari tahu apakah profile picturenya bukan hasil dari mencuri identitas orang-orang populer. 

Cari tau profil dirinya lebih lanjut

Lakukan Ini Agar Terhindar dari Catfishing Lewat Aplikasi KencanPixabay.com/Kirill Averianov

Selain foto, biasanya dalam aplikasi kencan kita diminta untuk mencantumkan beberapa informasi seperti usia atau deskripsi singkat. Pastikan informasi yang diberikan oleh teman kencan online-mu itu benar. Kamu bisa menanyakannya secara langsung atau mencari tahu lebih lanjut profilnya melalui beragam media sosial. 

Jangan berikan informasi pribadi

Lakukan Ini Agar Terhindar dari Catfishing Lewat Aplikasi KencanUnsplash

Kalau baru saja match dan berkenalan, jangan pernah percaya untuk memberikan data pribadi milikmu, ya, Bela. Seperti KTP, alamat rumah, atau rekening tabungan. Kebanyakan kasus catfishing berakhir dengan penipuan uang. Sehingga kamu harus waspada jika ada yang meminta data-data tersebut.

Hindari mengirimkan uang dalam bentuk apa pun

Lakukan Ini Agar Terhindar dari Catfishing Lewat Aplikasi KencanUnsplash

Orang yang ada di balik identitas palsu bisa saja memintamu untuk mengirimkannya sejumlah uang. Dengan pendekatan tertentu, pelaku catfishing nggak ragu untuk meminta uang kepada korbannya. Bisa dengan modus meminjam uang atau memberikan cerita yang menarik simpatimu. Hati-hati!

Say no to sending nudes!

Lakukan Ini Agar Terhindar dari Catfishing Lewat Aplikasi KencanDok. Internet

Kalau ada rayuan untuk mengirimkan foto tanpa busana, tolak dengan tegas! Pasalnya fotomu berpotensi untuk dijadikan ancaman oleh pelaku catfishing. Nggak jarang, lho, kasus kejahatan diawali dengan pengiriman foto pribadi yang tanpa busana. Pelakunya bisa saja mengancam untuk menyebarkan foto ini ke publik. Untuk timbal baliknya, kamu akan dimintai sejumlah uang. Duh, jangan sampai terjadi ya. 

Sebelum bertemu, ajak video call

Lakukan Ini Agar Terhindar dari Catfishing Lewat Aplikasi KencanUnsplash

Cara lain untuk memastikan identitasnya adalah asli dan benar ada baiknya nih kamu ajak teman kencan onlinemu melakukan video call. Selain untuk memastikan identitasnya adalah benar video call juga mampu membuat interaksimu lebih seru dan nyata. 

Baca Juga: Ini 3 Zodiak yang Paling Jago Flirting Lewat Aplikasi Kencan