Emma Watson menyebut dirinya “self-partnered” alih-alih “single” untuk mengubah stigma orang terhadap perempuan lajang yang mandiri.

“Saya tidak pernah benar-benar percaya dengan omongan ‘saya adalah lajang yang bahagia’. Saya memerlukan waktu cukup lama untuk benar-benar bisa berkata bahwa saya bahagia (menjadi single). Saya menyebutnya sebagai self-partnered,” ujar Emma saat diwawancara British Vogue.

Bisa dibilang, self-partnered adalah bagaimana kamu bisa fokus kepada kebahagiaan diri kamu sendiri secara utuh sebagai seorang individu. Seseorang yang merasa dirinya self-partnered sudah merasa komplet dengan dirinya sendiri dan tidak merasa terdorong untuk mencari pemenuhan dari orang lain.

Namun bukan berarti orang yang self-partnered ini lantas tidak ingin menikah atau menjalin hubungan. Lebih tepatnya mereka justru memberi waktu untuk mencintai dirinya sendiri sebelum akhirnya melangkah menuju hubungan yang lebih serius.

Mau ikutan self-partnered a la Emma Watson, begini caranya.

1. Manjakan diri sendiri

Mau Self-Partnered a la Emma Watson, Begini CaranyaPixabay.com/Denise Husted

Cara pertama yang perlu kamu lakukan dalam menjalin hubungan dengan dirimu sendiri adalah belajar untuk memanjakan diri. Beli hadiah untuk diri sendiri untuk menyenangkan hati, ajak dirimu nonton film atau makan malam di tempat mewah. Tidak perlu merasa malu jika kamu terlihat sendiri. Hal pertama dalam self-partnered adalah ketika kamu merasa percaya diri dalam berbagai kondisi.

2. Dekatkan diri dengan keluarga dan teman

Mau Self-Partnered a la Emma Watson, Begini CaranyaPixabay.com/Adina Voicu

Atur waktu untuk menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman Anda. Jika kamu kesulitan bertemu mereka karena kesibukan masing-masing atau jarak tempat tinggal yang jauh, cukup telepon atau lakukan video call secara rutin untuk menanyakan kabar mereka.

3. Tekuni hobi

Mau Self-Partnered a la Emma Watson, Begini CaranyaPixabay.com/Foundry co

Setiap orang pasti memiliki hal yang mereka sukai, jadi saat ini adalah saat yang tepat bagi kamu untuk menekuni hobi yang mungkin sempat terlupakan. Anggap saja melakukan hobi sebagai investasi bagi dirimu sendiri.

4. Bikin bucket list jalan-jalan

Mau Self-Partnered a la Emma Watson, Begini CaranyaPixabay.com/Splitshire

Ayo susun kembali destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi. Tidak perlu yang muluk-muluk atau yang jauh, karena kota-kota di Indonesia juga menarik untuk dikunjungi. Jangan lupa untuk mengenal lebih dekat budaya dan kuliner di setiap kotanya, supaya acara jalan-jalan kamu lebih bermakna.

5. Dukung sesama perempuan single lainnya

Mau Self-Partnered a la Emma Watson, Begini CaranyaPixabay.com/Bhakti Kulmala

Begitu kamu sudah merasa percaya diri dan menilai dirimu sudah pantas dibilang self-partnered, kini saatnya untuk menebarkan kebahagiaan yang kamu rasakan ke sesama perempuan single lainnya.