Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Menghargai Usaha Orang Lain yang Mudah Dilakukan

Buat mereka senang berada di dekatmu

Puspita Ramadhani

Setiap hari, manusia melakukan berbagai aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya atau memberi sedikit bantuan kepada orang lain. Namun sayang, beberapa orang terdekatnya tidak sadar dengan usaha yang dilakukannya, dan terkadang membuat orang tersebut merasa begitu lelah.

Bukan ingin pamrih, tapi bagi beberapa orang, mereka sangat ingin mendapatkan apresiasi atas usaha yang dilakukannya. Mereka ingin tahu bahwa apakah yang sedang dikerjakannya saat ini merupakan sesuatu baik dan perlu dipertahankan atau tidak.

Tidak perlu dengan cara sulit, menghargai usaha orang lain bisa dilakukan dengan sangat mudah, lho. Yuk, simak ini dia cara menghargai usaha orang lain.

1. Ucapkan terima kasih

pexels.com/thirdman

Kata "terima kasih" memang terlihat sederhana. Namun, ketahuilah kalau kata tersebut memberikan dampak yang luar biasa.

Dengan mengucapkan terima kasih kepada orang lain, mereka akan merasa lebih dihargai atas usaha kerja kerasnya. Sebab, selain memberikan apresiasi kepada mereka, ucapan terima kasih yang keluar dari diri kita bisa menunjukkan rasa syukur atas bantuan yang telah ia berikan.

Itulah kenapa mengucapkan terima kasih adalah cara menghargai usaha orang lain yang paling utama. Apakah hari ini kamu sudah mengucapkan terima kasih kepada orang sekitarmu?

2. Beri tahu secara spesifik

pexels.com/oană-andrei

Meski berkata terima kasih sudah baik, namun kamu bisa menambahkan alasan spesifik rasa syukurmu kepada mereka. Hal ini akan membuat setiap ucapanmu menjadi terasa lebih tulus. Ucapan terima kasih yang dilengkapi dengan alasan spesifik juga menandakan bahwa kamu benar-benar memperhatikan setiap usaha yang telah dilakukannya.

3. Berikan hadiah

pexels.com/rdne-stock-project

Bila bagimu terima kasih sudah menjadi hal yang sangat biasa, maka kamu bisa menambahkan cara menghargai usaha orang lain dengan memberikannya hadiah. Hadiah tersebut bisa berupa barang yang ia butuhkan, piagam penghargaan, atau pesta perayaan.

Dengan memberikan hadiah atas usahanya, maka mereka akan selalu mengingatnya dan menjadikannya motivasi untuk lebih banyak melakukan hal baik. Senang rasanya bila usahamu membuahkan kebaikan untuk orang lain!

4. Memberi segala bentuk dukungan

pexels.com/katya-wolf

Cara menghargai usaha orang lain yang selanjutnya adalah dengan memberi mereka segala bentuk dukungan yang dibutuhkan. Dukungan itu juga sarana termudah bagi kamu untuk menunjukkan bahwa kamu benar-benar peduli terhadap mereka.

Bagaimana bisa mendukung menjadi bentuk menghargai orang lain? Alasannya sederhana saja. Karena, kamu dapat menginspirasi siapa saja untuk melakukan segalanya menjadi lebih maksimal.

5. Menghargai pendapat orang lain

pexels.com/artem-podrez

Menerima pendapat juga cara menghargai usaha orang lain, lho! Pasalnya, setiap orang memang berhak untuk mengeluarkan pendapat dan ketika kamu menampung pendapatnya, maka kamu telah menghargai opini serta kehadirannya.

Jika kamu seorang pemimpin, penting bagimu untuk senantiasa mendengar pendapat dan aspirasi setiap pekerja. Sebab, dengan menunjukkan kepedulian kepada karyawan, secara tidak langsung kamu juga mengajak mereka untuk terus peduli dengan pekerjaannya.

6. Bersikap adil dan tidak membandingkan

pexels.com/ekaterina-bolovtsova

Bukan hanya seorang pemimpin yang harus bersikap adil. Di mana pun kamu berada, usahakanlah untuk selalu adil karena itu cara menghargai usaha orang lain.

Sikap adil juga erat kaitannya dengan sikap tidak membandingkan. Ketika kamu sudah berusaha untuk bersikap adil dengan siapa pun, maka selanjutnya belajarlah untuk tidak membanding-bandingkan semua orang. Sebab, setiap orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, bukan?

7. Balas budi

pexels.com/rdne-stock-project

Walaupun orang yang memberi bantuan kepadamu tidak pernah mengharap balasan apa pun darimu, tapi tidak ada salahnya membalas kebaikannya dengan sesuatu yang baik pula di kemudian hari. Tindakan balas budi ini pun beragam. Kamu bisa kembali menawarkan bantuan untuk meringankan pekerjaannya, atau menyimpannya untuk menolongnya di saat ia mengalami ujian hidup.

Ada begitu banyak cara menghargai usaha orang lain, seperti yang sudah disebutkan. Namun, hal yang terpenting dari memberikan penghargaan adalah menunjukkan ketulusan.

Tunjukkanlah rasa tulus dan syukurmu dengan cara apa pun. Maka, itulah cara menghargai usaha orang lain paling baik yang bisa kamu lakukan.

IDN Media Channels

Latest from Single