Dalam hubungan, perasaan menerima dan diterima oleh pasangan ternyata punya peran penting, lho. Terutama, untuk membangun hubungan jangka panjang! Namun, kebanyakan orang terlalu mudah untuk menerima begitu saja dan menelannya mentah-mentah. Sehingga, terjebak dalam pola tidak saling mengungkapkan penghargaan terhadap satu sama lain. Padahal, itulah yang terpenting dalam sebuah ikatan.

So, jangan sampai membuatnya merasa nggak dilihat dan dihargai, ya. Kamu dapat memulainya dengan langkah kecil, kok. Seperti misalnya, ingat akan detail kecil maupun besar tentang pasangan atau ungkapan betapa berartinya si dia hidupmu. Lagi pula, tak ada cara yang lebih baik untuk membuktikan cinta kamu pada pasangan selain dengan menunjukkan penghargaan kamu terhadapnya, bukan?

1. Ucapkan terima kasih lebih sering

Bikin Awet! Buktikan Cintamu Pada Pasangan Lewat 6 Cara Menghargainyahttps://www.pexels.com/@heitorverdifotos

Setiap kali si dia melakukan sesuatu untukmu, usahakan selalu mengucapkan terima kasih kepadanya, ya. Bahkan, jika hal-hal yang dilakukan olehnya bukan sesuatu yang besar. Dengan begitu, pasangan akan merasa jauh lebih dihargai dan diakui keberadaannya. Ini merupakan kebiasaan yang sebenarnya terkesan sederhana, tapi punya dampak besar bagi si dia dan hubungan kamu.

2. Berikan pujian terhadap apa yang si dia telah lakukan untukmu

Bikin Awet! Buktikan Cintamu Pada Pasangan Lewat 6 Cara Menghargainyafreepik.com/ faceslab

Siapa, sih, yang nggak suka mendapatkan pujian dari orang lain? Apalagi, ketika kata-kata positif tersebut datang dari seseorang yang kamu cintai. Tentunya segala hal akan terasa lebih baik ketika kamu mendapatkan pengakuan dari orang lain, bukan?

Cara yang satu ini benar-benar memiliki dampak yang besar terhadap kelangsungan hubungan kamu. Memuji pasangan atas komitmen dan usaha yang dilakukan olehnya untukmu akan membuat si dia tahu bahwa kamu menghargainya. 

3. Lakukan sesuatu yang berarti baginya

Bikin Awet! Buktikan Cintamu Pada Pasangan Lewat 6 Cara Menghargainyafreepik.com/ user12593478

Yap, memberi kejutan pada pasangan sesekali memang perlu dilakukan. Bahkan, ketika tak ada acara atau momen tertentu. Mengirim bunga secara diam-diam, misalnya. Hal tersebut akan membuatnya merasa istimewa dan dihargai, lho. 

Tetapi, melakukan sesuatu yang berarti bagi pasangan nggak harus selalu tentang hadiah berupa barang, kok. Terkadang, membiarkannya bersantai sejenak sehari penuh dan menghabiskan waktu bersamamu terasa sangat berarti bagi si dia.

4. Ubah kebiasaan buruk yang mengganggu atau menyakiti perasaan pasangan

Bikin Awet! Buktikan Cintamu Pada Pasangan Lewat 6 Cara Menghargainyahttps://www.pexels.com/@ketut-subiyanto

Upayakan untuk selalu mengatasi kebiasaan buruk yang mengganggu satu sama lain, ya. Sehingga, pasangan kamu tahu bahwa kamu menjaga perasaannya. Misalnya, si dia kerap kesal ketika kamu memainkan ponsel saat kencan bersamanya. 

Sebagai solusi, berhentilah bertindak demikian. Dengan begitu, mereka akan tahu bahwa kamu berusaha untuk menyenangkan hatinya. Mengubah kebiasaan kecil agar tak terlalu membuat si dia kesal karenamu merupakan bentuk penghargaan tertinggi pada pasangan, lho!

5. Katakan "I love you" dan beri tahu si dia alasan di baliknya

Bikin Awet! Buktikan Cintamu Pada Pasangan Lewat 6 Cara Menghargainyahttps://www.pexels.com/@orione-conceicao-1531154

Cara yang satu ini mungkin tampak sederhana untuk kamu lakukan. Tetapi, kebanyakan orang sering kali lupa atau bahkan kesulitan dalam mengucapkan tiga kata ini. Apalagi kalau bukan, "I ove you" alias, "aku cinta kamu".

Mendengar pasangan mengatakan betapa mereka mencintai kamu dengan penuh makna dapat menjadi penyejuk hati, bukan? Kemudian, jangan lupa untuk memberi tahu si dia alasannya pula, ya. Apabila dilakukan terus menerus hingga menjadi sebuah kebiasaan. Hal tersebut dapat menjadi penguat bagi hubungan kamu dan pasangan.

6. Tetap setia kepada pasangan

Bikin Awet! Buktikan Cintamu Pada Pasangan Lewat 6 Cara Menghargainyahttps://www.pexels.com/@gustavo-fring

Saat masa-masa sulit, menunjukkan kesetiaan kamu terhadap pasangan sangat penting, lho. Bahkan, kamu juga perlu untuk mengucapkan terima kasih sebagai imbalan ketika si dia memilih setia kepadamu. Intinya, yang terpenting dalam sebuah hubungan adalah membuat satu sama lain merasa dihargai dan diakui keberadaannya.

Nah, itulah keenam cara yang dapat kamu terapkan sebagai bukti cinta pada pasangan dengan menunjukkan kepadanya penghargaan paling dalam. Mungkin, bagi beberapa orang tampak remeh. Namun, nggak ada salahnya memupuk cinta agar terus tumbuh, bukan?

Baca Juga: Salut! 11 Seleb Perempuan Ini Lanjutkan Kuliah Setelah Menikah

Baca Juga: Walau Terdesak, 5 Alasan Ini Tak Membenarkan Kamu untuk Menikah

Baca Juga: Buat Kamu yang Baru Menikah, Ini Aturan Dasar Komunikasi dengan Mertua