Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Arti Memakai Cincin di Jari Telunjuk, Tanda Punya Ambisi Besar!

Jari mana yang jadi favoritmu memakai cincin?

Puspita Ramadhani

Cincin merupakan salah satu perhiasan yang tampaknya sudah menjadi bagian dari fashion harian. Kamu bisa menyesuaikan warna, bentuk, dan bahan cincin sesuai dengan outfit-mu hari ini.

Namun, tahukah kamu jika memakai cincin di masing-masing jari, bisa memberikan arti yang berbeda? Kalau jari manis bisa menunjukkan status pernikahan, lantas bagaimana cincin yang dipakai di jari telunjuk?

Nah, untuk kamu yang penasaran dengan jawabannya, lihat beberapa arti memakai cincin di jari telunjuk di bawah ini.

1. Mencari perhatian

pexels.com/vie-studio

Sesuai dengan namanya, jari telunjuk adalah jari yang dipakai untuk menunjuk sesuatu. Maka, jari telunjuklah yang akan paling sering terlihat oleh orang lain.

Biasanya, seseorang akan meletakkan cincin favoritnya di jari telunjuk. Sebab, mereka ingin beberapa orang melihat cincin tersebut dan ikut memuji keindahannya.

2. Ambisi dan rasa percaya diri

pexels.com/cottonbro-studio

Bukan hanya zodiak, letak cincin di jari pun mempunyai ilmu astrologinya tersendiri. Untuk jari telunjuk, ia dikuasai oleh Jupiter.

Sebagai planet terbesar, Jupiter kerap dinobatkan sebagai raja. Oleh karena itu, arti memakai cincin di jari telunjuk menurut astrologi, akan berkaitan dengan ambisi, percaya diri, hingga rasa kepemimpinan.

3. Tanda hormat

pexels.com/cottonbro-studio

Zaman dulu, cincin yang dikenakan di kedua jari telunjuk hanya diperbolehkan bagi bangsawan. Alasannya, karena cincin yang berada di jari telunjuk itu dijadikan sebagai simbol tanda kehormatan.

Nantinya, saat rakyat berlutut di hadapan raja, maka ia akan menciun cincin di jari telunjuk tersebut sebagai tanda loyalitas kepada sang raja. Namun, tentu tanda hormat seperti ini sudah tidak lagi diterapkan di kehidupan modern saat ini, ya.

4. Tanda pernikahan

pexels.com/cottonbro-studio

Di beberapa kebudayaan yang ada di belahan dunia, cincin yang berada di jari telunjuk sebelah kanan bisa diartikan sebagai lambang pernikahan. Umumnya, kebiasaan ini dilakukan dalam upacara pernikahan tradisional Yahudi.

Saat upacara berlangsung, biasanya cincin emas polos akan dipasang di jari telunjuk kanannya. Beberapa pengantin biasanya akan memindahkan cincin tersebut ke jari manis, namun sebagian lainnya memilih untuk tidak memindahkannya.

5. Status sosial

pexels.com/cottonbro-studio

Tak hanya perempuan, laki-laki yang memakai cincin di jari telunjuknya juga memiliki arti khusus. Biasanya, mereka akan mengenakan cincin di jari penunjuk ini lantaran ingin menunjukkan status sosialnya.

Kebiasaan ini sudah dilakukan sejak dulu kala. Bedanya, di zaman dulu, mereka akan memakai cincin yang melambangkan klan atau keluarga mereka. Namun, saat ini, para laki-laki hanya sering memakai cincin terbaiknya di jari telunjuk untuk bisa dilihat oleh orang lain.

Saat ini, cincin menjadi aksesori yang banyak dipakai semua kalangan. Sehingga, orang-orang tak lagi menganggap cincin di suatu jari itu memiliki arti khusus. Kendati demikian, semoga arti memakai cincin di jari telunjuk ini bisa menambah informasimu, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Single