Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengagumkan! 10 Fakta tentang Wanita yang Perlu Diketahui Para Pria

Tidak heran jika banyak yang bingung dengan perempuan

Puspita Ramadhani

Perempuan adalah makhluk yang bila dibandingkan akan punya banyak perbedaan dengan laki-laki. Baik itu secara fisik maupun sifat.

Itulah mengapa banyak laki-laki yang merasa kesulitan memahami perempuan. Selain karena jarang berinteraksi secara intens dengan mereka, perempuan juga memiliki begitu banyak bahasa yang memang hanya dipahami oleh dirinya sendiri.

Diciptakan dengan keunikan dan kecantikkannya masing-masing, inilah 10 fakta tentang wanita. Yuk, cari tahu!

1. Lebih mudah mengontrol emosi

Pexels.com/Gabriela Cheloni

Selain karena lingkungan yang membentuk karakter perempuan untuk tidak langsung menyelesaikan masalah dengan menggunakan kekerasan, ternyata tubuh perempuan juga memiliki hakikat yang serupa.

Di dalam tubuh perempuan, terdapat hormon oksitosin yang lebih tinggi daripada laki-laki. Maka dari itu, ia masih bisa memikirkan 'kasih sayang' di saat kondisi marah sekalipun.

Namun biasanya, kemampuan kontrol emosi yang tidak tuntas hanya akan membuat beberapa perempuan menjadi terlalu sering menyembunyikan kesedihan dan menyimpan dendam. Jadi, pastikan kamu mengurai emosi itu secara baik, ya!

2. Memiliki intuisi yang lebih sensitif

Pexels.com/Radu Florin

Soal membaca situasi, pikiran lawan bicara, dan feeling lainnya, memang jadi salah satu dari 10 fakta menarik tentang wanita. Ini bukan karena perempuan punya indra keenam, ya. Melainkan karena kecenderungan perempuan yang sering mendapatkan tugas sebagai penjaga.

Misal, saat anak belum pandai berkomunikasi, maka ibu yang akan menjadi penerjemah situasi apa yang sedang dibutuhkan sang anak. Maka secara kebiasaan, intuisi perempuan akan lebih banyak terlatih.

3. Sulit menemukan kesalahan pasangan

Pexels.com/Đỗ Linh

Saat perempuan jatuh cinta, maka ia akan kesulitan saat ditanyai apa hal yang tidak disukai dari pasangan. Alasannya serupa dengan sebelumnya, yakni karena tubuh perempuan memiliki kadar oksitosin yang lebih tinggi.

Dalam kondisi seperti ini, sering kali perempuan akhirnya terjebak dalam hubungan toksik. Sebab, perempuan berada di suatu kebingungan di mana ia tidak tahu apakah kesalahan itu merupakan hal wajar atau tidak, dan takut melukai pasangan saat ia harus mengatakannya. Kamu harus menjadi tegas!

4. Perempuan lebih banyak bicara

Pexels.com/Pixabay

Apakah kamu pernah bingung kenapa perempuan tidak pernah berhenti bicara? Saat sedih ia akan bercerita, saat marah ia juga bercerita, apalagi di saat ia sedang merasa senang.

Yup, perempuan memang diciptakan untuk lebih banyak berkomunikasi dengan kata. Bila dibandingkan, maka perbedaan itu bisa 3 kali lipat lebih banyak daripada laki-laki.

Oleh karena itu, penting untuk saling mengetahui kondisi masing-masing agar tidak terjadi kesalahpaham. Hindari pertiakaian karena 'dia tidak mendengarkanku' atau 'dia terlalu banyak bicara' di antara kamu dan pasangan.

5. Perempuan menangis 30-64 kali dalam setahun

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Fakta tentang wanita yang kelima adalah mereka tidak hanya banyak bicara, tapi juga banyak menangis! Jika dibandingkan dengan laki-laki, mereka hanya menangis 6-17 kali dalam setahun.

Tak pula sampai di situ. Sebuah studi di Jerman menunjukkan hasil kalau rata-rata perempuan menangis sekitar 6 menit, dan kemudian berubah menjadi isak tangis yang lebih lama pada 65% perempuan. Hmm... kalau kamu sudah nangis berapa kali sampai bulan ini, Bela?

6. Perempuan adalah seorang multitasker

pexels.com

Jika kamu menemukan laki-laki yang bisa bekerja secara multitask, mungkin ia belum lebih unggul daripada perempuan. Pembuktian ini dilakukan langsung oleh departemen psikologi University of Hertfordshire, University of Glasgow, dan University of Leeds.

Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa perempuan dan laki-laki sama-sama dapat memecahkan masalah aritmatika sederhana, mencari restoran di peta, atau menjawab pertanyaan pengetahuan umum. Namun, secara signifikan perempuan lebih unggul dalam hal menyusun strategi dan menemukan barang yang hilang.

7. Perempuan hidup lebih lama

Pexels.com/Melvin Vito

Secara alamiah, tubuh perempuan memiliki imun yang lebih 'awet muda' daripada imunitas laki-laki. Alhasil, di usia lebih lanjut, laki-laki yang akan lebih banyak mengalami masalah kesehatan. Inilah yang menjadikan perempuan dinilai mampu hidup lebih lama dibandingkan laki-laki.

8. Wanita juga bisa alami gangguan gairah seksual

Pexels.com/Yaroslav Shuraev

Ketika bicara seksualitas, umumnya orang-orang menganggap bahwa gangguan gairah hanya bisa dialami oleh laki-laki. Padahal, perempuan pun bisa alami kondisi tersebut.

Penyebabnya pun hampir serupa. Perempuan bisa tidak bergairah di saat dirinya merasa lelah, stres, atau gangguan hormon.

9. Perempuan sangat suka dipuji

Pexels.com/Min An

Tidak ada perempuan yang menolak untuk dipuji. Walaupun ia mencoba untuk biasa saja saat diberikan pujian oleh pasangannya, sesungguhnya di dalam hatinya ia sedang terbang tinggi.

Meski begitu, preferensi perempuan dalam soal pujian juga ada perbedaan. Ada yang lebih senang dipuji secara fisik dan penampilannya, ada pula yang sangat suka bila orang lain peka dengan kemampuan yang dimilikinya. Maka dari itu, seringlah memberikan apresiasi berupa pujian kepada perempuan.

10. Tidak semua hal tentang dirinya diketahui secara baik

Pexels.com/Danik Prihodko

Last but not least, 10 fakta tentang wanita yang terakhir ini memang terlihat mengherankan, tapi itulah kenyataannya. Akan ada satu atau dua aspek kehidupan yang ia tidak pernah tahu jawaban yang sesungguhnya.

Contohnya, sebagian perempuan akan selalu merasa bahwa ia tidak punya cukup baju untuk bepergian, sedangkan satunya tidak benar-benar tahu berapa masing-masing ukuran pakainnya. 

Belum lagi saat ditanyai apa makanan kesukaannya, dan bagaimana ia ingin menghilangkan rasa bosannya. Terlihat sepele, namun ketidaktahuan itulah yang seringkali membuat perempuan dicap sebagai sosok complicated.

Dari 10 fakta tentang wanita di atas, mana yang baru kamu ketahui? Jangan lupa untuk share ke sahabat dan pasanganmu juga, ya. Biar si dia tahu banyak soal kamu!

IDN Media Channels

Latest from Single