Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Mengungkapkan Sayang untuk Ibu Tanpa Perlu Mengatakannya

Tindakan dinilai lebih baik dari kata-kata

Raden Putri

Beberapa orang merasa kesulitan untuk mengungkapkan perasaannya, bahkan kepada orangtua sekalipun. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari cara mengungkapkan sayang untuk ibu dan ayah tanpa perlu mengatakan secara langsung.

Orangtua telah mendidik, membesarkan, dan mencurahkan kasih sayangnya kepada anak dari kecil hingga dewasa. Namun, banyak anak yang kerap kali merasa malu untuk mengungkapkan rasa sayangnya kepada orangtua secara verbal. Mereka pun memilih melakukan berbagai cara lain untuk menunjukkan perasaan itu.

Dalam budaya masyarakat Asia, khususnya Indonesia, banyak orang yang menganggap bahwa derajat dan posisi antara orangtua dan anak sangat jauh berbeda. Hal ini membuat anak menjadi lebih sulit untuk menyatakan perasaannya kepada orangtua, begitupun sebaliknya.

Berikut ini Popbela telah merangkum beberapa cara mengungkapkan sayang untuk ibu tanpa perlu mengatakannya. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Membantu pekerjaan rumah

Pexels.com/Zen Chung

Salah satu cara mengungkapkan sayang untuk ibu tanpa perlu mengatakannya adalah dengan membantu pekerjaan rumah. Kamu mungkin merasa menjadi orang paling sibuk karena tugas sekolah atau pekerjaanmu. Tetapi, menjadi ibu tidaklah mudah.

Pekerjaan ibu di rumah selalu ada dari dia bangun tidur hingga hendak tidur lagi. Oleh karena itu, jika kamu ingin menunjukkan rasa sayangmu kepadanya, bantulah dia dengan mengerjakan berbagai pekerjaan rumah. Seperti menyapu, mencuci piring, menyetrika baju, dan lain sebagainya.

2. Mendengarkan keluh kesahnya

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Selama ini, ibu mungkin tempat curhat terbaikmu. Tetapi, pernahkan kamu berpikir kemana ibu mencurahkan keluh kesahnya selama ini? Maka dari itu, jika ingin menunjukkan rasa sayang dan kepedulianmu kepada ibu, cobalah untuk mendengarkan keluh kesahnya. Tanyakan bagaimana keadaannya dan bagaimana harinya berjalan.

Beberapa hal terkadang hanya bisa ibu pendam sendirian. Namun, apabila ditanyakan, dia akan dengan senang hati memberitahumu dan menceritakan banyak hal.

3. Ucapkan terima kasih

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Banyak hal yang sudah dilakukan ibu untuk membesarkanmu. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengucapkan terima kasih kepada ibu atas segala hal yang telah dia lakukan.

Mungkin kamu merasa canggung apabila mengungkapkan rasa sayang secara tiba-tiba. Maka dari itu, berterima kasih dapat menjadi salah satu alternatifnya. Walaupun berbeda, tetapi ucapan ini sama-sama menunjukkan rasa syukur dan kepedulianmu atas kehadiran ibu.

4. Memberi hadiah

Pexels.com/Nicole Michalou

Cara mengungkapkan sayang untuk ibu selanjutnya adalah dengan memberikan hadiah. Tidak perlu menunggu hari ulang tahun, kamu bisa memberi ibumu hadiah kapan saja. Hal tersebut akan membuatnya tersentuh karena merasa bahwa kamu selalu memperhatikannya.

Pada umumnya, orangtua tidak akan mempermasalahkan besar kecilnya hadiah yang diberikan sang anak. Mereka tidak melihat harga barangnya, melainkan makna dibalik pemberian itu. Mereka juga akan sangat menghargai apa pun yang diberikan oleh anaknya.

5. Meluangkan waktu bersama

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Semakin dewasa kamu, maka semakin sibuk dan berkurang waktu bersama keluarga dan orangtua. Karena itu, meluangkan waktu bersama bisa menjadi hadiah terbesar untuk orangtuamu, terlebih jika kamu hidup jauh dari orangtua dan jarang berada di rumah. Hal ini dapat dicoba karena banyak orangtua yang merasa kesepian setelah anak-anaknya dewasa.

6. Memenuhi kebutuhannya

Pexels.com/Gustavo Fring

Selain memberikan hadiah, kamu juga bisa membantu memenuhi kebutuhan ibu untuk menunjukkan rasa sayangmu kepadanya. Perhatikanlah apa yang dia sukai dan ambil alih tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Hal itu dapat berupa perawatan kesehatan hingga hal-hal sederhana yang kerap dipakainya.

7. Tidak merusak kepercayaan

Pexels.com/Elina Fairytale

Cara mengungkapkan sayang untuk ibu berikutnya adalah dengan tidak merusak kepercayaan yang telah dia berikan kepadamu. Pastikan untuk menjaga diri dan tidak menyalahgunakan kepercayaan tersebut. Hindarilah hal-hal yang dapat membuatnya kecewa dan merusak kepercayaan itu.

Dengan menjaga diri dari hal-hal yang tidak dia suka, menunjukkan bahwa kamu menghargai dan menghormati ibumu. Ini juga memperlihatkan bahwa kamu menyayangi ibumu dan tidak ingin dia terluka karenamu.

Itulah beberapa cara mengungkapkan sayang untuk ibu tanpa mengatakannya secara langsung. Bagi beberapa orang, tindakan lebih penting dari sekadar kata-kata.

IDN Media Channels

Latest from Single