Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengenal 8 Simbol Tangan dan Artinya, Jangan Sampai Salah!

Memiliki makna yang berbeda di setiap negara, hati-hati!

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Manusia memiliki cara berkomunikasi yang beragam. Selain bahasa, ada beberapa hal yang bisa digunakan untuk menyampaikan pesan kepada orang lain. Salah satunya adalah bagian dari anggota tubuh, yakni gerakan tangan.

Simbol tangan yang kita tunjukkan kepada orang lain dapat mempertegas makna dari perkataan kita. Ini biasanya disebut sebagai kode atau isyarat, tentu ini bisa diandalkan ketika kita ingin menyampaikan sesuatu tanpa berbicara panjang.

Di setiap negara memiliki arti yang berbeda-beda saat kita menunjukkan simbol tangan tersebut. Misalnya di Indonesia, mereka mengangkat jempol ke atas yang artinya bagus atau setuju. Namun, ini bisa menjadi makna lain ketika kita berinteraksi dengan orang luar negeri. Untuk memahami lebih lanjut, Popbela akan merangkum topik seputar simbol tangan dan artinya sebagai berikut.

1. Simbol jempol

Pexels.com/Puwadon Sang-ngern

Simbol jempol ialah yang paling umum dari sekian gerakan tangan, dan ini salah satu yang telah digunakan selama ribuan tahun. Simbol tangan ini artinya sebuah isyarat untuk persetujuan atau kesepakatan dalam budaya Eropa dan Amerika, juga Indonesia. Selain itu, gerakan jempol juga digunakan dalam bentuk emoji yang digunakan dalam media sosial, serta bentuk peringkat layanan untuk menunjukkan kepuasan.

Namun, untuk beberapa negara Islam dan Asia menganggap bahwa ini sebagai penghinaan. Di Australia, gerakan ini tidak dipermasalahkan, kecuali jika seseorang mengacungkan jempolnya ke bawah, karena itu adalah bentuk penghinaan.

Tanda jempol juga sering digunakan di Amerika, tetapi tidak sebanyak negara lain. Sebab, dalam banyak budaya dianggap sangat kasar dan arogan.

2. Simbol tangan V 'peace'

Pexels.com/THIS IS ZUN

Gerakan tangan dengan mengacung jari telunjuk dan jari tengah merupakan salah satu yang cukup universal. Sejak perang Vietnam sebelum tahun 1960-an, simbol tangan ini memiliki arti perdamaian. Hingga sekarang, tanda 'V' atau 'Victory' disebut sebagai tanda damai atau kemenangan.

Di sisi lain, di luar negara Amerika Serikat terdapat perbedaan makna pada simbol 'peace' jika gesturnya terbalik, karena dianggap sebagai penghinaan. Di Inggris dan Afrika selatan pun juga menganggap demikian.

Kalau secara umum, khususnya di Indonesia, gerakan tangan 'V' biasanya digunakan untuk berfoto dan menganggapnya sebagai tanda perdamaian juga.

3. Simbol jari 'OK'

Freepik.com/drobotdean

Tanda 'OK' dibuat dengan meringkuk jari telunjuk di atas ibu jari hingga membentuk lingkaran. Ini adalah simbol tangan yang cukup umum di Amerika dan sebagian besar negara yang berbahasa Inggris. Jari 'OK' artinya semua berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana.

Namun, di Amerika Latin dan Prancis, simbol tangan ini dianggap sangat kasar dan menghina. Kalau di Australia berarti 'nol', dan di Selandia Baru dianggap orang yang pemalas.

4. Gerakan menekuk jari telunjuk

dok.internet

Di Amerika dan beberapa negara yang berbahasa Inggris, menekuk jari telunjuk ke arah telapak tangan umumnya digunakan untuk memanggil seseorang ke arahmu. Kalau dalam film, tanda ini sering digunakan oleh tokoh perempuan untuk menggoda laki-laki.

Kalau di negara lain, simbol tangan ini artinya panggilan kasar lantaran nama orang tersebut tidak boleh digunakan untuk memanggil manusia. Jika menggunakannya di Filipina, maka ini adalah gerakan yang paling menyinggung sehingga orang tersebut akan dihukum. Negara Jepang juga menganggap simbol ini kasar. Sedangkan di Singapura, tanda tersebut bermakna kematian.

5. Simbol 'rock and roll' atau 'corna'

Freepik.com/Racool_studio

Tanda 'rock and roll' terdiri dari jari yang menekuk dengan mengacungkan jari telunjuk dan jari kelingking hingga serupa dengan tanduk.

Simbol tangan ini sudah lama digunakan oleh band hard rock dan penggemar mereka sebagai sinyal persetujuan atau kenikmatan. Namun untuk sebagian negara Eropa, mereka menganggap ini artinya simbol setan. Sedangkan bagi agama Hindu dan Buddha, tanda tersebut merupakan tanda positif.

Ada perbedaan yang cukup jauh dalam penggunaan simbol tangan ini di negara Italia, Brazil, Kuba, Spanyol, dan Portugal. Mereka biasanya melakukan gerakan tangan itu sebagai isyarat bahwa pasangannya telah berselingkuh.

6. Simbol jempol terapit jari

Dok. internet

Gerakan tangan ini dibentuk dengan jempol yang terapit di antara jari terlunjuk dan jari tengah. Simbol tangan tersebut memiliki makna yang kasar dan vulgar untuk negara Indonesia dan Turki.

Kalau di Amerika Serikat, gerakan tangan ini umumnya digunakan untuk permainan anak-anak yang namanya "I've get your nose". Sementara di Brazil, ini merupakan simbol keberuntungan untuk mengusir marabahaya.

7. Simbol jari L

Freepik.com/Racool_studio

Selanjutnya, ada simbol tangan membentuk jari L yang memiliki berbagai makna di dalamnya. Jika diacungkan di negara Amerika Serikat, ini adalah bentuk penghinaan, atau secara terang-terangan mengejeknya dengan kata pecundang.

Namun di Tiongkok, simbol tangan ini justru memiliki arti yang baik. Jari L mengindikasi angka '8' yang berarti angka keberuntungan mereka. Bahkan kalau kamu memahami isyarat ini, ternyata bisa membantu ketika kamu ingin menawar harga barang di sana, lho!

8. Simbol lima jari

Freepik.com/Benzoix

Mengangkat telapak tangan dengan lima jari yang menyebar merupakan simbol yang juga digunakan oleh beberapa negara. Seperti di Yunani, mereka menyebutnya 'mountza' dan itu dianggap sebagai ejekan.

Di Meksiko dan Panama menggunakan gerakan tangan tersebut untuk menyapa orang. Serupa dengan Malaysia, mereka juga memakai simbol itu untuk menyapa, memanggil pelayan, dan mengucapkan terima kasih. Sedangkan di Amerika Serikat, tanda ini sebagai isyarat perkataan "berhenti" atau "bicara dengan tangan saya".

Itulah rangkuman tentang simbol tangan dan artinya. Gerakan mana yang pernah kamu pakai nih, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single