Ketika mengirimkan emoji hati di aplikasi chat pada seseorang, warna apa yang biasanya kamu pilih, Bela? Mungkin pilihan utama adalah emoji hati warna merah karena itu adalah lambang yang paling umum. Namun, ada banyak orang yang menggunakan emoji hati warna berbeda untuk mengungkapkan rasa sayangnya, mulai dari kuning, ungu, merah muda, dan sebagainya. Tapi, tahukah kamu jika masing-masing warna ini memiliki makna yang berbeda?

Melansir dari Cosmopolitan, tiap-tiap emoji hati memiliki makna yang berbeda tergantung pada warnanya. Maka, pemakaiannya pun turut berbeda. Apa saja artinya? Yuk, cari tahu bersama-sama!

1. Emoji hati warna putih

Bukan Sekadar Cinta, Ini Makna 9 Warna Emoji Hati dalam ChatCanva.com/Dina Lathifa

Ada emoji hati warna putih yang merupakan tambahan baru dalam aplikasi chat atau media sosial. Warnanya putih polos mengesankan hati yang suci. Pemakaian emoji hati putih ini cocok ketika kamu ingin memberikan dukungan pada seseorang yang baru saja kehilangan orang terkasihnya. Selain itu, kamu bisa juga menggunakan emoji ini sekadar untuk melengkapi estetika caption di media sosial.

Sayangnya, kamu nggak bisa menggunakan emoji ini pada seseorang yang baru ditinggalkan hewan peliharaannya. Pada situasi lain berdasarkan konteks pesannya, kamu nggak bisa menggunakan emoji hati putih untuk menunjukkan dukungan anti rasisme pada gerakan BLM (Black Lives Matter), atau membicarakan keistimewaan hak berkaitan dengan warna kulit.

2. Emoji hati warna cokelat

Bukan Sekadar Cinta, Ini Makna 9 Warna Emoji Hati dalam ChatCanva.com/Dina Lathifa

Sejatinya, emoji hati warna cokelat adalah milik orang-orang berkulit sawo matang dan gelap. Sebagian orang mungkin menggunakan emoji hati ini sebagai tanda menunjukkan rasa solidaritas. Namun ada baiknya kamu nggak menggunakan emoji hati ini jika nggak memiliki warna kulit yang sama. Kalau ingin menunjukkan dukungan, ganti dengan emoji hati warna merah yang klasik.

3. Emoji hati warna merah dan flat

Bukan Sekadar Cinta, Ini Makna 9 Warna Emoji Hati dalam ChatCanva.com/Dina Lathifa

Sekilas sama, namun emoji hati warna merah ini terlihat lebih flat atau datar. Lambang hati ini lebih mirip dengan yang kamu lihat pada deck atau kartu. Emoji hati merah ini memiliki makna yang sama seperti emoji hati merah yang klasik, yaitu menunjukkan rasa cinta dan perasaan baik. Namun, ada baiknya nggak menggunakan ini terlalu sering karena memang emoji hati ini kurang awam untuk sebagian orang.

4. Emoji hati 'Ariana'

Bukan Sekadar Cinta, Ini Makna 9 Warna Emoji Hati dalam ChatCanva.com/Dina Lathifa

Emoji hati berwarna putih dengan garis luar berwarna merah ini memiliki sebutan 'Ariana Copy Paste Heart'. Kalau memilikinya dalam aplikasi pesanmu, emoji hati ini memiliki makna jiwa muda, rasa cinta yang tergambar secara estetik, dan menunjukkan pada sahabatmu betapa kamu mencintainya; seperti Ariana Grande.

Hindari mengirimkan atau menggunakan emoji ini pada hubungan kasual, atau hubungan yang kamu ingin terlihat kasual. Kirimkan hanya untuk temanmu atau gunakan sebagai caption untuk unggahan media sosial yang estetik. 

5. Emoji hati merah klasik

Bukan Sekadar Cinta, Ini Makna 9 Warna Emoji Hati dalam ChatCanva.com/Dina Lathifa

Emoji hati merah klasik adalah emoji hati yang paling sering digunakan dalam berkirim pesan. Ini juga diyakini sebagai emoji hati yang paling romantis. Kalau pasangan barumu mengirimkan emoji ini, tandanya ia menyatakan rasa cintanya padamu. Namun jika sudah menjalin hubungan cukup lama dan hanya emoji ini yang kamu dapatkan, hubungan kalian perlu 'angin segar'.

Di sisi lain, emoji hati merah klasik ini juga memiliki makna cinta yang platonis dan nggak lekang waktu, emoji yang menunjukkan dukungan pada seseorang yang sedang kehilangan atau berduka. Kamu dapat mengirimkan emoji ini pada pasangan di awal-awal menjalin hubungan, atau mengirimkannya pada teman sebagai bentuk dukunganmu padanya. Namun, hindari mengirimkan emoji ini pada gebetan yang baru kenal di kencan pertama.

6. Emoji hati warna jingga atau oranye

Bukan Sekadar Cinta, Ini Makna 9 Warna Emoji Hati dalam Chat

Emoji hati warna jingga biasanya digunakan oleh laki-laki yang nggak bisa berkomitmen atau masih ragu menyatakan perasaannya pada seseorang tapi ingin tetap menjaga kedekatan yang ada. Sangat disarankan untuk nggak menggunakan emoji ini pada seseorang yang benar-benar kamu cintai. Kecuali kalau memang kamu nggak ingin menjalin hubungan dengan seseorang lebih dari sekadar teman.

7. Emoji hati warna kuning

Bukan Sekadar Cinta, Ini Makna 9 Warna Emoji Hati dalam ChatCanva.com/Dina Lathifa

Emoji hati warna kuning umumnya digunakan dalam hubungan kekeluargaan, pertemanan, atau hubungan asmara yang berubah menjadi pertemanan. Emoji ini juga sering terlihat saat perayaan Hari Ibu Internasional, dalam percakapan dengan Nenek atau dengan orang lain yang akrab denganmu.

Emoji hati warna kuning ini dapat kamu gunakan di fase hubungan awal, yang mana kamu ingin menunjukkan rasa kasih sayang tanpa takut terlihat agresif. Kamu juga dapat menggunakan emoji ini untuk menunjukkan rasa kekeluargaan.

8. Emoji hati warna hijau

Bukan Sekadar Cinta, Ini Makna 9 Warna Emoji Hati dalam Chat

Mungkin kamu sering melihat emoji hati warna hijau dalam kalimat-kalimat yang mendukung gerakan penghijauan. Padahal sebenarnya, artinya nggak berhubungan dengan hal tersebut, Bela. Emoji hati warna hijau ini memiliki makna yang lebih menggambarkan perasaan si pengirim ketimbang penerimanya. Kamu dapat menggunakan emoji ini pada orang yang kamu kenal namun nggak menganggapnya sebagai teman dekat, orang yang menjadi teman dari temanmu, atau pada adik kelas. Namun, jangan menggunakan emoji pada orang yang sama sekali nggak kamu kenal.

9. Emoji hati warna biru

Bukan Sekadar Cinta, Ini Makna 9 Warna Emoji Hati dalam Chat

Emoji hati warna biru melambangkan hubungan pertemanan yang standar, bukan sahabat dekat yang menjadi teman curhatmu atau sosok yang kamu sudah anggap sebagai saudara sendiri. Jadi, kamu dapat mengirimkan emoji ini pada grup chat yang berisikan teman-teman biasa, atau mengirimkannya pada orangtuamu dalam pesan yang sekadar menanyakan kabarnya.

Itulah makna emoji hati berdasarkan warnanya. Namun terlepas dari makna dan penggunaan yang dianjurkan, semua kembali lagi pada konteks percakapan. Kamu bisa mengirimkan emoji hati warna-warni tanpa mengisyaratkan apa pun pada pasangan, atau menggunakannya untuk menunjukkan perasaan yang penuh warna. Kamu nggak harus berpaku pada makna emoji hati yang ada, Bela. Namun, nggak ada salahnya untuk mengetahui makna yang ada karena ini dapat berguna seandainya gebetan mengirimkan emoji hati warna jingga padamu. Wah, apakah gebetan salah pencet atau memang ia ingin menunjukkan sesuatu padamu, ya?

Baca Juga: 7 Kode Cowok Saat Chat kalau Dia Sebenarnya Nggak Tertarik Sama Kamu

Baca Juga: 7 Bahasa Tubuh Laki-laki yang Lagi Jatuh Cinta Sama Kamu

Baca Juga: Nggak Nyangka! 10 Emoji Ini Mengandung Makna Seksual