Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Arti Pemakaian Cincin di Setiap Jari, Sudah Tahu?

Ternyata ada makna tersendiri, lho!

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Pemakaian cincin di jari seperti menceritakan banyak hal tentang diri sendiri. Pasalnya, cincin nggak hanya perhiasan indah, tapi mungkin orang-orang akan mengambil kesimpulan dari caramu memakai cincin. Entah itu status hubungan, kepribadian, atau faktor lain.

Hal ini umumnya menyangkut dengan kepercayaan dan kebudayaan. Nah, sebelum menggunakan cincin, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu arti dan makna pakai cincin di setiap jari. Yuk, simak biar nggak salah lagi!

1. Jempol

dok.internet

Cincin jempol di tangan kiri atau tangan kanan tidak menunjukkan status hubungan, profesi, atau bagian penting lainnya dalam hidup. Namun dari beberapa sumber lainnya, cincin yang terletak pada ibu jari menunjukkan mereka yang memiliki kepribadian ambisius, keras kepala, dan cinta kebebasan.

2. Jari telunjuk kanan

Larsen Jewerlly

Cincin di jari telunjuk kanan menandakan keinginan untuk perkembangan pribadi, ambisi, atau komitmen seseorang untuk mencapai tujuan. Cincin ini juga bisa menjadi simbol identitas pribadi atau makna budaya.

3. Jari telunjuk kiri

Etsy

Dalam sebagian budaya, memakai cincin di jari telunjuk kiri melambangkan otoritas, kepemimpinan, atau kekuasaan. Ini juga bisa mewakili keinginan, perhatian, atau kepercayaan diri. Jika dilihat dari sisi sejarah, para raja, pendeta, dan tokoh kuno berkuasa lainnya akan memakai cincin di jari ini untuk menegaskan dominasi dan membangun otoritas hierarki.

4. Jari tengah

Pexels.com/cottonbro studio

Sepertinya tidak ada arti apa pun jika mengenakan cincin di jari tengah. Namun kalau mengutip dari beberapa sumber, jika kamu memakai cincin di jari tengah, maknanya kamu memiliki rasa percaya yang tinggi serta penuh tanggung jawab. Selain itu, ini juga menunjukkan kamu bukan orang yang pantang menyerah.

5. Jari manis kanan

Freepik.com/senivpetro

Meskipun banyak budaya yang menggunakan jari manis kiri untuk cincin pernikahan dan pertunangan, tapi ada juga beberapa negara yang menggunakan jari manis kanan untuk tujuan yang sama. Beberapa negara turut menerapkannya, termasuk Jerman, Rusia, India, dan lainnya.

Untuk Amerika Serikat dan Kanada, cincin yang dipakai di jari kanan bukan melambangkan pernikahan. Bagi mereka, cincin di jari tersebut tidak memiliki arti tertentu.

6. Jari manis kiri

Pexels.com/Lisa Fotios

Dalam kebanyakan budaya, jari manis kiri diperuntukkan untuk cincin nikah dan perhiasan pertunangan. Di sebagian besar negara Barat, orang yang sudah menikah memakai cincin di jari manis kirinya. Banyak orang mengira asal usul adat ini berasal dari kepercayaan Romawi kuno, bahwa pembuluh darah mengalir langsung dari jari manis kiri ke jantung.

Beberapa orang juga memilih memakai cincin kesucian di jari manis kiri. Artinya, mereka tidak melakukan hubungan intim sampai menikah.

7. Jari kelingking

Etsy

Orang yang biasanya pakai cincin pada jari kelingking, maknanya adalah memiliki kepribadian yang istimewa. Mereka memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dan menganalisis karakter orang lain dengan baik. Mereka juga terbuka dan memiliki daya tarik yang mampu menarik simpati serta perhatian orang di sekitar mereka.

Itulah pembahasan seputar arti pemakaian cincin di setiap jari. Kalau kamu biasanya pakai cincin di jari mana, nih, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single