Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pertanda Capung Masuk Rumah Malam Hari, Disebut Bawa Kesialan

Cek arti lain capung masuk rumah di bawah ini!

Natasha Cecilia Anandita

Banyak orang Indonesia masih memercayai mitos, seperti mitos hewan yang masuk dalam rumah. Ada yang pertanda baik, tapi ada juga yang diyakini sebagai pertanda buruk. Serangga capung misalnya. Mengutip dari Mind Body Green, hewan satu ini secara filosofis memiliki makna yang sangat positif. Serangga ini menjadi lambang kebahagiaan, keberuntungan, atau perubahan hidup.

Nah, namun bagaimana kalalu capung masuk rumah? Apakah pertanda baik? Atau pertanda buruk? Melansir dari berbagai sumber, berikut pertanda capung masuk rumah malam hari dan keyakinan-keyakinan seputar capung lainnya. 

Pertanda capung masuk rumah malam hari

pexels.com/josh-hild

Pertanda capung masuk rumah malam hari diyakini sebagai hal buruk. Sebagian masyarakat percaya bahwa capung yang datang pada malam hari ke dalam rumah adalah pertanda sial. Konon, salah satu anggota keluarga dalam rumah tersebut akan tertimpa musibah atau bencana.

Ini karena capung yang masuk ke rumah di malam hari, dianggap sebagai hewan jadi-jadian. Capung tersebut dipercaya merupakan ‘kiriman’ dari orang yang berniat jahat untuk si pemilik rumah. 

Jika dilihat secara analogi, capung yang masuk ke dalam rumah pada malam hari dianggap mengganggu. Ini karena mereka akan terbang dengan cepat. Dari hal itulah mengapa capung dinilai sebagai pertanda buruk, terutama jika masuk ke rumah pada malam hari.

Arti capung masuk rumah siang hari

unsplash.com/utsav-srestha

Jika capung masuk ke dalam rumah pada siang hari, beberapa orang percaya bahwa capung tersebut membawa pesan bila penghuni rumah akan mendapat keberuntungan dan keberkahan. Sementara menurut ilmu pengetahuan, arti capung masuk rumah siang hari adalah tanda kalau musim hujan akan segera datang.

Pertanda capung masuk rumah tentang keluarga

pexels.com/max-rahubovskiy

Ada pula keyakinan yang mengatakan kalau capung yang masuk rumah adalah pertanda baik. Capung senang hidup di lingkungan yang damai dan penuh ketenangan. Ia akan masuk ke dalam rumah tertentu yang menurut instingnya penuh dengan energi positif. Rumah yang dikunjunginya mungkin diisi oleh keluarga yang harmonis dan saling menyayangi. 

Pertanda capung masuk rumah tentang karier

etsy.com

Di sisi lain, capung masuk rumah juga sering diartikan sebagai pertanda baik yang berkaitan dengan karier si penghuni rumah. Ini berarti dalam waktu dekat, keinginanmu untuk mendapatkan promosi akan terwujud. Kerja keras dan usahamu mulai dilirik oleh orang-orang yang membuatmu lebih cepat meraih impianmu. 

Capung masuk rumah juga memiliki arti yang berkaitan dengan perubahan. Kehadiran serangga dengan sayap panjang itu bak isyarat yang mendorong penghuni rumah untuk segera menciptakan perubahan dalam hidup. Perubahannya bisa dimulai dari hal yang kecil atau sederhana terlebih dahulu. 

Pertanda capung masuk rumah tentang kesehatan

decorsteals.com

Menurut kepercayaan beberapa masyarakat, capung sering kali masuk ke rumah seseorang yang sedang berjuang melawan penyakit. Nah, kehadiran capung diyakini sebagai pertanda kesembuhan.

Sementara kalau penghuni rumah sedang tidak sakit, kedatangan capung ke dalam rumah dapat dimaknai sebagai simbol kesehatan bagi sang penghuni selama dirinya mempertahankan gaya hidup positif.

Sejauh ini, pertanda capung masuk rumah malam hari hanyalah mitos belaka yang tak teruji kebenarannya. Namun, capung sendiri memang punya beberapa manfaat untuk manusia. Apakah kamu salah satu yang percaya akan mitos tersebut, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single