Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tumbuh Tanpa Sosok Ayah, 7 Artis Korea yang Dibesarkan oleh Single Mom

Ada yang ditinggal cerai, ada yang kehilangan ayah selamanya

Natasha Cecilia Anandita

Di balik kesuksesan setiap artis Korea, ada kisah-kisah unik maupun mengharukan yang pernah mereka alami. Mulai dari berjuang hidup dari kondisi ekonomi yang kesulitan, pernah di-bully, sampai tumbuh tanpa sosok ayah. 

Orangtua yang lengkap tentu menjadi keinginan setiap orang. Tapi, terkadang beberapa hal membuatnya tak sesuai yang diharapkan. Seperti beberapa artis ini yang karena perceraian maupun maut, harus tumbuh hanya dengan sosok ibu tunggal yang kuat. 

Meski begitu, mereka mampu memberikan contoh pada dunia bahwa mereka mampu untuk bersinar dan berhasil. Berikut ada 7 artis Korea sukses yang dibesarkan oleh single mom

1. Ji Chang Wook

instagram.com/jichangwook

Jika kamu follow media sosial Ji Chang Wook, maka kamu mungkin tahu betapa dia mencintai dan menghargai ibunya. Aktor 35 tahun ini sering banget mengunggah foto sang ibu di Instagram.

Ya, Ji Chang Wook dibesarkan oleh ibunya seorang diri. Ia kehilangan ayahnya setelah berjuang melawan kanker, ketika Chang Wook masih muda, yaitu saat masih duduk di sekolah dasar.

Lawan main YoonA 'SNSD' di drama The K2 ini pernah mengungkapkan betapa sulitnya ibunya membesarkan dia sendirian. Karena sangat sayang sama ibunya, hingga saat ini Ji Chang Wook masih tinggal bersama ibunya. Dia bahkan nggak pernah hidup sendiri.

"Saya masih tinggal dengan ibu saya. Ayah saya meninggal ketika saya masih muda dan saya menyaksikan ibu saya mengalami masa-masa sulit," kata Ji Chang Wook

2. Kim Soo Hyun

instagram.com/soohyun_k216

Aktor It's Okay to Not Be Okay ini juga dibesarkan oleh seorang single mom. Latar belakang keluarganya cukup rumit. Kim Soo Hyun adalah anak tunggal yang tinggal bersama ibunya. Ayah Soo Hyun adalah penyanyi utama sebuah band era 80-an.

Namun, ayahnya itu memilih bercerai dengan istrinya, meninggalkan Kim Soo Hyun dan ibunya yang saat itu masih muda. Keduanya pun saling merawat satu sama lain. Hubungan Kim Soo Hyun dan ayahnya pun kurang baik.

Ayahnya diketahui menikah lagi dengan perempuan lain dan memiliki seorang anak perempuan yang jadi saudara tiri Kim Soo Hyun. Hal ini baru diketahui pada tahun 2015 melalui pemberitaan yang membuat aktor dengan bayaran termahal itu marah.

3. Kim Dong Hee

instagram.com/kim_d.he

Kim Dong Hee pernah mengungkapkan tentang masa kecilnya yang sulit. Aktor Itaewon Class ini bercerita bahwa dia dibesarkan oleh seorang perempuan kuat alias ibunya. Dalam ceritanya itu, Dong Hee mengatakan kalau ibunya sudah melalui banyak hal dalam membesarkannya sendirian dan masih sangat muda saat itu. Ia begitu hancur hati melihat perjuangan ibunya. Ayah Dong Hee sendiri diketahui sudah meninggal dunia. 

4. Kang Daniel

instagram.com/daniel.k.here

The Nation's Center ini lahir sebagai anak tunggal. Daniel dibesarkan oleh seorang ibu setelah bercerai dengan ayahnya. Sebelum menjadi sukses seperti sekarang, Daniel sempat bercerita tentang kehidupannya dan mengaku selama ini menjalani kehidupan yang sulit dan mengalami masalah keuangan yang berat.

Kang Daniel bahkan rela putus sekolah karena mahalnya biaya pendidikan. Ia juga harus merelakan hobinya dan mimpinya untuk b-boying selama masa sekolah. Namun, ibunya selalu menyemangati dan mendukungnya, sampai masuk ke ajang Produce 101. Bahkan, sang ibu selalu terlihat bersama sang idola di setiap jadwalnya. 

5. Bambam 'GOT7'

instagram.com/bambam1a

Bambam punya kisah sedih terkait keluarganya. Ayahnya meninggal karena sakit sehingga sang ibu terpaksa membesarkan putranya sendirian. Saat itu, Bambam baru berusia tiga tahun. Ibunya benar-benar layak disebut perempuan tangguh karena mampu membesarkan empat anak dan memberikan pendidikan yang layak kepada mereka semua. Perjuangan ibunya pun berbuah manis, karena anak-anaknya kini sukses terlebih Bambam. Ini juga terlihat pada karakter Bambam yang sangat menghormati perempuan. 

6. Song Hye Kyo

instagram.com/kyo1122

Beralih ke para aktris, ada bintang The Glory, Song Hye Kyo, yang dibesarkan oleh ibu tunggal. Hye Kyo memang tidak pernah terbuka tentang kehidupan keluarganya. Hal yang diketahui adalah bahwa saat ia masih sangat kecil, orangtuanya bercerai.

Sejak saat itu, Hye Kyo tinggal hanya bersama sang ibu dan selalu diajarkan untuk hidup mandiri. Kini Song Hye Kyo tumbuh menjadi sosok yang dicintai dan berhasil, meski harus mengalami kehidupan asmara yang tak begitu jauh berbeda dengan ibunya. 

7. Kim Se Jeong

instagram.com/clean_0828

Karena perceraian juga, Kim Se Jeong akhirnya tumbuh dewasa dengan hanya sosok ibu di sampingnya. Saat duduk di bangku SMP, Sejeong mengaku tidak pernah bertemu atau berkomunikasi dengan ayahnya sejak saat itu. 

Ibunya membesarkan Se Jeong dan kakak laki-lakinya sendirian dan harus bekerja keras untuk bertahan hidup. Berbagai pekerjaan dilakukan sang ibu, mereka bahkan pernah mengandalkan bantuan dari pemerintah setempat untuk memenuhi kebutuhan. Se Jeong sangat mencintai ibunya. Saat tampil di ajang Produce 101, ia menyanyikan lagu "Flower Road", yang didedikasikan untuk ibunya. 

Itulah deretan artis Korea yang tumbuh besar dengan dirawat single mom, tanpa sosok ayah. 

IDN Media Channels

Latest from Single