Setiap orang tentu memiliki kisah hidupnya masing-masing. Baik itu yang membahagiakan atau yang pahit. Tak terkecuali para idol Kpop satu ini. Kini mereka bisa dibilang sukses dengan kariernya yang cemerlang. Tapi, siapa sangka jika mereka dibesarkan oleh orangtua tunggal sampai dewasa.

Siapa saja idol Kpop tersebut? Simak perjalanan hidup mereka berikut ini.

1. Kim Sejeong Gugudan

Salut Banget, 6 Idol Kpop Ini Dibesarkan oleh Orangtua TunggalInstagram.com/gu9udan

Di balik sikap ceria yang sering ditunjukannya, member Gugudan sekaligus mantan peserta Produce 101, Kim Sejeong, memiliki cerita pahit soal keluarganya. Kedua orangtua Sejeong bercerai saat ia masih kecil dan hingga duduk di bangku SMP, Sejeong mengaku tidak pernah bertemu ataupun berkomunikasi dengan sang ayah.

Bersama kakak laki-lakinya, ia dibesarkan oleh ibunya seorang diri dengan keadaan yang cukup memprihatinkan. Ibunya harus rela berjuang keras menjalani berbagai pekerjaan demi menghidupi Sejeong dan kakaknya. Bahkan mereka harus tinggal bersama bibinya karena tidak memiliki cukup uang untuk menyewa rumah.

2. Kang Daniel

Salut Banget, 6 Idol Kpop Ini Dibesarkan oleh Orangtua TunggalInstagram.com/daniel.k.here

Lahir sebagai anak tunggal, ternyata Kang Daniel pun tumbuh dan dibesarkan oleh seorang ibu yang menjadi orangtua tunggal, setelah bercerai dengan ayahnya saat Daniel masih kecil.

Ia pun mengaku bahwa sejak dulu dirinya sudah hidup susah dan mengalami masalah keuangan yang cukup parah. Bahkan idol kelahiran 10 Desember 1996 ini harus rela putus sekolah karena biaya pendidikan yang mahal, sedang ia sendiri merasa tidak tega terhadap ibunya yang memikul biaya tersebut sendirian.

3. Bambam GOT7

Salut Banget, 6 Idol Kpop Ini Dibesarkan oleh Orangtua TunggalInstagram.com/bambam1a

Bukan bercerai, alasan ibu Bambam GOT7 terpaksa membesarkan putranya seorang diri adalah karena ayah Bambam sudah meninggal dunia sejak Bambam masih berumur 3 tahun. Ibunya ini memang layak disebut perempuan tangguh karena ia berhasil mendidik dan menjaga 4 orang anak, yaitu Bambam dan tiga saudara lainnya dengan baik.

Bahkan, dalam acara JTBC Where Is My Friend’s Home?, salah satu rekan Bambam di GOT7, Jackson, pernah menunjukkan rasa kagumnya pada ibu Bambam karena sang ibu sukses membesarkan empat orang anak seorang diri.

4. Ahn Sohee eks Wonder Girls

Salut Banget, 6 Idol Kpop Ini Dibesarkan oleh Orangtua TunggalInstagram.com/ssoheean

Tanpa ibu, Ahn Sohee hidup bersama ayah dan kakak perempuannya sejak ia masih berusia empat tahun. Karena perceraian, hidup Ahn Sohee pun terasa berat, terlebih saat ayahnya kehilangan pekerjaan. Sebelum sukses, ia bahkan pernah membantu sang ayah untuk bekerja mengantar susu keliling rumah demi membantu mencukupi kebutuhan keluarga.

5. Sunmi

Salut Banget, 6 Idol Kpop Ini Dibesarkan oleh Orangtua TunggalInstagram.com/miyayeah

Mantan anggota Wonder Girls lainnya, Sunmi, bersama dua orang saudara laki-lakinya diketahui memang dibesarkan oleh sang ayah seorang diri. Bahkan sejak duduk di kelas 4 SD, Sunmi harus bekerja keras untuk menghasilkan uang demi membiayai rumah sakit sang ayah yang menderita tuberkulosis dan komplikasi.

Setelah ia berhasil menjadi trainee JYP Entertainment, sedihnya ayah Sunmi harus meninggal tiga bulan sebelum ia memulai debutnya.

6. Yoona SNSD

Salut Banget, 6 Idol Kpop Ini Dibesarkan oleh Orangtua TunggalInstagram.com/yoona__lim

Terakhir ada Yoona SNSD yang juga punya kisah pahit mengenai kehidupan keluarga. Ia bersama kakak perempuannya dibesarkan seorang diri oleh sosok ayah yang begitu berjasa bagi Yoona. Menutup kisahnya rapat-rapat, idol anggun ini nyaris tidak pernah membicarakan mengenai sosok ibu kandungnya karena tidak mempunyai cukup kenangan berarti bersama sang ibunda.

Itulah keenam idol sukses yang juga dibesarkan oleh orangtua tangguhnya. Cerita mereka sangat bisa dijadikan inspirasi bagi kita agar lebih bersyukur dan lebih berjuang dalam menggapai karier yang sukses.

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "6 Idol KPop yang Ternyata Dibesarkan Orangtua Tunggal, Tangguh!"

Baca Juga: 10 Potret Kedekatan Idol KPop Bareng Saudara Kandungnya, Bikin Iri!