Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

13 Tanda Kamu Seorang Penyendiri, tapi Bukan Introvert 

Ternyata, keduanya punya arti yang berbeda, lho!

Elga Windasari

Banyak orang berpikir orang yang penyendiri itu introvert dan sebaliknya. Padahal, kepribadian mereka sangat berbeda satu sama lain. Namun, seseorang memang bisa jadi penyendiri dan introvert.

Penyendiri menghindari interaksi sosial untuk jangka waktu yang lama karena alasan pribadi, kesehatan mental, atau kurangnya kebutuhan akan penerimaan. Sementara introvert menganggapnya menguras emosi sehingga cenderung menghindari orang lain.

Meski cenderung menikmati menghabiskan waktu sendiri sebanyak mungkin, tetapi penyendiri tetap memiliki teman. Ini karena dia masih membutuhkan orang lain, meski itu bukan menjadi kebutuhan utama.

Satu hal yang perlu dicatat, penyendiri yang sering menghabiskan waktu sendiri, nggak berarti dia merasa kesepian. Menurut psikolog, Jonathan Cheek, seorang profesor psikologi kepribadian di Wellesley College, penyendiri ingin sendiri karena nggak membutuhkan penerimaan.

Jadi, apakah kamu termasuk seorang penyendiri? Ini beberapa tandanya.

1. Menghargai waktu

unsplash.com/Cats Coming

Jika ada sesuatu yang sangat penting bagi seorang penyendiri, itu adalah waktu. Dia menghormati dan menghargai waktu lebih dari apa pun. Menurutnya, waktu adalah aset paling berharga untuk kehidupan yang sukses.

Jika kamu hampir nggak pernah terlambat, nggak pernah menyia-nyiakan waktu orang lain, dan nggak akan pernah membiarkan seseorang menyia-nyiakan waktunya, maka kamu termasuk tipe penyendiri. 

2. Punya kesadaran diri

Pexels.com/Karolina Grabowska

Banyak orang memilih untuk mengabaikan pikiran dan emosi dirinya. Namun, kamu nggak seperti itu. Kamu memilih untuk merangkul perasaan ini dan menyadarinya sepenuhnya. 

Ini karena penyendiri mengenal dirinya lebih baik daripada orang lain. Hal itu memungkinkan dirinya untuk memahami orang-orang di sekitarnya dengan lebih baik.

3. Berkepala dingin

pexels.com/анастасия-быкова

Kamu sangat berkemauan keras ketika situasi sulit menghadang. Kamu juga memiliki fokus yang luar biasa sebagai hasil dari refleksi yang sering dilakukan saat sendirian.

Saat merasa terbebani oleh situasi stres, kamu lebih memilih untuk menghabiskan waktu sendiri dan memulihkan tenaga. Selama waktu ini, kamu akan menemukan solusi untuk masalah yang dihadapi dan cara untuk mengatasinya.

4. Berpikiran terbuka

Pexels.com/Te lensFix

Meski suka menyendiri, hal ini nggak membuatmu kaku dan tertutup. Sebaliknya, kamu sangat berpikiran terbuka dan selalu siap untuk ide dan aktivitas baru.

Kamu juga pernah berencana untuk menghabiskan seluruh hidup di kamar tidur. Ini karena kamu pada dasarnya senang menjelajah dan melakukan petualangan baru.

5. Setia

Pexels.com/Zhu Peng

Meski nggak ingin ditemani orang lain, tetapi nggak berarti kamu nggak punya teman. Begitu menyukai seseorang dan ingin menjadi teman, kamu akan menjadi salah satu teman paling setia di planet ini.

Kesetiaan ini nggak hanya berlaku dalam hubungan pertemanan. Kamu juga menjadi orang yang setia di semua bidang kehidupan, baik itu keluarga, pekerjaan, hingga hubungan romantis.

6. Bisa menetapkan batasan yang jelas

pexels.com/alexey-demidov

Seorang penyendiri selalu memiliki batasan yang sehat. Ini karena kamu memahami diri sendiri dengan sempurna. Kamu memiliki nilai yang kuat.

Kamu nggak pernah merasa sendirian karena tahu selalu memiliki diri sendiri. Itulah yang membuatmu menghormati batasan dan akan memberi tahu jika ada orang yang melewatinya. 

7. Sangat berempati

pexels.com/SHVETS production

Salah satu tanda yang jelas bahwa kamu seorang penyendiri adalah kecenderungan untuk menjadi salah satu orang yang paling berempati di seluruh dunia.

Kamu mampu merasakan dan bersimpati dengan orang lain pada level yang sama dengannya. Kamu bisa merasakan kesedihan atau keputusasaan orang lain.

Namun, karena sangat berempati, mudah bagimu untuk menemukan sisi baik di hampir semua keadaan negatif. Kamu jadi lebih suka mencari penyelesaian atas konflik apa pun.

8. Hidupmu dibimbing oleh intuisi

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Intuisi adalah panduan konstan penyendiri dalam hidup. Hal itu yang menuntunmu ke hal terbaik berikutnya yang menanti. Ini yang membantumu tumbuh dewasa.

Kamu selalu bisa mengandalkan insting ketika harus membuat keputusan sulit. Kamu nggak mudah takut karena tahu intuisi akan membawamu ke suatu tempat menakjubkan, seperti sebelum-sebelumnya.

9. Tak bergantung pada orang lain

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu nggak pernah merasa seolah-olah perlu bergantung pada orang lain untuk apa pun. Kamu lebih suka menjadi diri sendiri, bahkan jika menjalin hubungan dengan orang lain. Kamu tetap lebih suka melakukan sesuatu dengan cara sendiri.

Bergantung pada orang lain untuk kebutuhan sepele adalah sesuatu yang kamu hindari. Kamu akan berusaha keras untuk menunjukkan kepada orang lain seberapa mampu dirimu.

10. Menunjukkan kebaikan dan kasih sayang

pexels.com/cottonbro studio

Kamu suka menunjukkan kasih sayang dan kebaikan kepada orang lain. Orang lain jadi memandangmu sebagai seseorang yang senang menyebarkan hal positif.

Kamu suka menunjukkan kepada orang lain hal-hal yang membuatmu bersemangat, bersama orang yang paling kamu cintai, dan sebagainya. Ini adalah salah satu kualitas terbaik dari seorang penyendiri.

11. Mencintai diri sendiri

Shutterstock/popcorner

Bahkan di saat-saat buruk dalam hidup, kamu masih menemukan cara untuk mencintai diri sendiri apa pun yang terjadi.

Tentu saja, kamu tahu akan ada saat-saat kamu nggak sesempurna, sesiap, atau berpengalaman untuk melakukan hal yang benar-benar ingin dilakukan. Namun, kamu tetap mencintai setiap bagian dari dirimu.

12. Kuat secara emosional

Image by wayhomestudio on Freepik

Penyendiri biasanya terbiasa mengandalkan diri sendiri saat menikmati kehidupannya. Kamu terbiasa untuk bertarung dan memenangkan pertempuran dalam hidup sendiri. 

Meski mungkin tampak sedikit mengintimidasi pada awalnya, tetapi ini justru membuatmu kuat secara emosional. Ini salah satu kelebihan yang ingin dimiliki banyak orang.

13. Memiliki kompas moral

Pexels.com/Lucas Allmann

Kamu nggak tahan dengan hinaan atau bahasa yang merendahkan. Selain itu, kamu juga dikenal sebagai teman yang selalu membela orang yang tidak bisa membela diri.

Kompas moral yang kamu miliki tepat. Kamu tahu apa yang benar dan apa yang salah, serta memiliki keyakinan mendalam akan keadilan yang seimbang.

Itulah beberapa tanda yang menunjukkan kamu adalah seorang penyendiri. Tak ada yang salah dengan kepribadian tersebut. Jadi, tak perlu merasa rendah diri jika ternyata kamu termasuk penyendiri ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Single