Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Sembuhkan Energi Feminin yang Terluka

Dimulai dengan mengakui luka yang kamu miliki

Astri Amalia

Energi feminin merupakan energi yang mewakili sifat mengalir, intuitif, kreatif, welas asih, keibuan, hingga menerima, yang merupakan kebalikan dari energi maskulin yang stabil, tegas, fokus, hingga menyediakan. Energi ini nggak dibatasi oleh jenis kelamin. Baik laki-laki maupun perempuan pasti memiliki energi feminin dalam diri mereka, hanya saja perempuan sejatinya mempunyai kadar energi feminin yang lebih banyak ketimbang laki-laki.

Bagi perempuan dengan energi feminin yang sehat, ia akan merasa bahagia dengan hidupnya, sehat secara psikis maupun fisik, aura wajahnya akan lebih terpancar, serta terlihat lebih menarik. Namun, nggak bisa dielakkan bahwa dunia bak 'memaksa' perempuan untuk semakin maskulin.

Trauma emosional, fisik, hingga seksual menjadi penyebab utama banyak perempuan selalu berada di dalam mode bertahan, yang merupakan sifat dari energi maskulin. Mereka jadi merasa perlu untuk melindungi diri secara terus-menerus karena dunia yang dirasa tidak aman. Hal ini dapat menyebabkan energi feminin mereka terluka, yang membuat perempuan jadi kesulitan untuk menjadi lembut, rentan stres, sulit terhubung dengan intuisinya, hingga rentan berkonflik dengan pasangannya.

Apabila kamu merasakan hal di atas, maka kamu perlu belajar untuk menyembuhkan energi femininmu.

Oleh karena itu, di artikel kali ini, Popbela telah merangkum 7 cara menyembuhkan energi feminin yang terluka untukmu, dikutip dari laman Grrrl.

1. Akui dan kenali lukamu

freepik.com/pikisuperstar

Hal paling mendasar saat kamu akan menyembuhkan energi femininmu yang terluka adalah mengidentifikasi dan mengakui luka emosionalmu terlebih dahulu. Untuk melakukannya, cobalah tuliskan tentang rasa frustrasi yang selama ini kamu pendam ke dalam sebuah jurnal. Untuk mengenalinya, cobalah kamu sadari kesulitan apa yang selalu kamu alami selama ini.

Sebagai contoh, mungkin saat ini kamu merasa kesulitan untuk menyuarakan pendapatmu karena selama ini kedua orangtuamu tidak memberi ruang bagimu untuk beropini, atau lain sebagainya.

Mengenali luka emosional mungkin merupakan proses yang cukup menyakitkan dan menakutkan, untuk itulah kamu nggak perlu terburu-buru melakukannya. Lakukan secara perlahan dan libatkan perasaan welas asih kepada dirimu dalam prosesnya.

2. Lakukan perawatan diri

freepik.com/freepik

Siapa sangka merawat tubuh fisik adalah salah satu hal krusial dalam penyembuhan energi feminin yang terluka. Yup, untuk itulah kamu bisa memulainya dengan kembali merawat dirimu. Ini bisa dimulai dengan sesederhana mengubah rutinitas harianmu.

Jika di waktu luang kamu lebih banyak menghabiskan waktu untuk menonton TV, maka mulai sekarang cobalah untuk melakukan yoga, jalan-jalan, mengikuti kelas zumba, atau bahkan menari. Jangan lupa juga untuk manjakan dirimu dengan pergi ke salon untuk creambath atau menghias kukumu, ya.

3. Kembangkan rasa welas asih dan validasi diri

freepik.com/cookie_studio

Banyak perempuan yang sulit mengakses energi feminin sehatnya, seperti menjadi kreatif, intuitif, atau lebih berempati pada lingkungan di sekitarnya karena kurang memberikan welas asih atau kasih sayang serta validasi kepada dirinya sendiri. Bukan itu saja, mereka juga jadi lebih rentan terhadap stres, kecemasan, bahkan depresi.

Maka dari itu, untuk menyembuhkan energi femininmu, sayangilah dirimu sendiri. Dimulai dengan memberi tubuhmu makanan yang sehat, istirahat yang cukup, hingga belajar untuk relaksasi, salah satu caranya dengan bermeditasi.

Selain itu, belajarlah untuk memvalidasi dirimu sendiri. Akui setiap perasaan yang hadir serta kebutuhanmu. Hindari untuk mengandalkan validasi orang lain sebagai satu-satunya hal yang dapat meningkatkan harga dirimu.

4. Buatlah sistem pendukung yang baik

freepik.com/freepik

Dalam proses penyembuhan energi feminin, kamu tentu memerlukan dukungan dari orang-orang di sekitarmu. Memiliki sistem pendukung yang baik akan sangat membantumu ketika berada di dalam situasi sulit, sehingga mampu menjaga kesehatanmu baik dari sisi psikologis maupun fisik.

Namun yang perlu kamu ingat, untuk mendapatkan dukungan berarti kamu juga perlu bersikap terbuka dan bisa menerima bantuan mereka.

Nggak apa-apa, kok untuk terlihat rentan kepada orang-orang yang kamu percaya, seperti anggota keluarga dan teman-temanmu, Bela. Dengan begitu, proses penyembuhanmu pun akan jauh lebih mudah.

5. Temukan kembali sisi femininmu

Pexels.com/Ngoc Anh Tran

Seperti yang telah kita ketahui, energi feminin memiliki sifat yang bebas, mengalir, kreatif, intuitif, dan tidak terbatas. Saat energi femininmu terluka, besar kemungkinan kamu sulit untuk lebih terhubung dengan intuisi hingga kreativitasmu.

Maka dari itu, mulailah untuk menemukan sisi femininmu yang selama ini hilang. Ini bisa diawali dengan menemukan hasrat dan minatmu selama ini.  Lakukanlah eksplorasi terhadap berbagai hal yang menarik perhatianmu.

Dengan menemukan hal yang kamu gemari, dapat membantumu untuk menemukan kembali dirimu serta jiwa femininmu.

6. Tetapkan batasan

freepik.com/benzoix

Banyak perempuan yang merasa kesulitan dalam menetapkan batasan. Seperti halnya sulit berkata 'tidak' atau menegur orang lain yang membuatnya merasa nggak nyaman. Hal ini bisa timbul karena perempuan tumbuh besar untuk selalu menyenangkan orang lain.

Dengan belajar menetapkan batasan, termasuk batasan fisik, mental, emosional, hingga materi, kamu nggak hanya menghargai dirimu dan kebutuhanmu saja, Bela, tetapi menjadi sarana untuk menyembuhkan energi femininmu yang selama ini terluka .

7. Belajar untuk menerima cinta, dukungan, serta kebaikan dari orang lain

Freepik.com/Freepik

Yang terakhir adalah belajar untuk menerima cinta, dukungan, dan kebaikan dari orang-orang di sekelilingmu.

Saat energi femininmu terluka, kamu mungkin merasa nggak nyaman dalam menerima cinta dan kebaikan dari orang-orang di sekitarmu. Hal ini biasanya berasal karena adanya perasaan nggak layak dan takut untuk terlihat lemah di depan orang lain.

Kendati demikian, agar kamu bisa mengakses energi feminin yang sehat, kamu perlu mulai untuk belajar menerima. Sadari bahwa dirimu berhak untuk dicintai dan dibantu oleh orang-orang di sekitarmu. Kamu nggak perlu untuk terlihat tegar dan kuat sepanjang waktu, kok Bela. Ingatlah bahwa kamu hanyalah manusia biasa yang membutuhkan rasa cinta dan kebaikan dari manusia lainnya.

Itulah 7 cara sembuhkan energi feminin yang terluka. Dengan menyembuhkannya, kamu nggak hanya kembali terhubung dengan sisi feminin sebagai seorang perempuan dan lebih sehat, baik secara psikis maupun fisik, tapi juga secara tidak langsung turut menyembuhkan perempuan di sekelilingmu yang juga memiliki energi feminin yang terluka.

IDN Media Channels

Latest from Single