Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Artis yang Dijuluki Nepo Baby, Kecipratan Tenar dari Orangtua!

Mereka mengaku perlu bekerja lebih keras

Astri Amalia

Bela, pernahkah kamu mendengar istilah nepotism baby atau nepo baby? Jika belum, nepo baby adalah istilah yang disematkan kepada seorang anak yang lahir dari orangtua selebriti atau pesohor, yang mungkin mendapatkan keuntungan dari ketenaran orangtuanya tersebut.

Kendati demikian, menjadi seorang nepo baby bukan berarti nggak perlu bekerja keras, justru nepo baby perlu bekerja ekstra keras agar nggak dipandang sebelah mata oleh orang lain.

Beberapa artis Hollywood yang dicap sebagai nepo baby berikut ini pun mengaku perlu bekerja lebih keras untuk menunjukkan kemampuannya dalam industri hiburan. Siapa sajakah mereka? Melansir Elle Australia, simak list-nya berikut ini. 

1. Kate Hudson

People.com/PHOTO: KARWAI TANG/WIREIMAGE

Beberapa waktu lalu, Kate Hudson sempat mengecam reaksi seputar nepo baby yang mulai bermunculan akibat cover dari New York Magazine. Dalam sampul depan majalah tersebut, terdapat beberapa foto artis Hollywood yang diketahui memiliki orangtua selebriti terkenal.

"Masalah nepotisme, maksud saya... saya tidak terlalu peduli," kata Kate kepada The Independent.

"Saya melihat anak-anak saya dan kami adalah keluarga yang mendongeng. Itu pasti ada dalam darah kami. Orang dapat menyebut apa pun yang mereka inginkan, tetapi hal itu tidak akan mengubahnya," lanjutnya.

Bintang Glass Onion ini mengatakan dia percaya bahwa nepotisme juga lebih umum terjadi di industri lain.

"Saya benar-benar berpikir ada industri lain yang (lebih umum). Mungkin menjadi model? Saya lebih banyak melihatnya dalam bisnis daripada di Hollywood," jelasnya.

"Kadang-kadang saya berada dalam pertemuan bisnis di mana saya seperti, 'Tunggu, anak siapa ini? Seperti, orang ini tidak mengerti apa-apa!" ujar Kate. 

"Saya tidak peduli di mana Anda atau apa hubungan Anda dengan bisnis—jika Anda bekerja keras dan berhasil, tidak masalah," tutupnya.

2. Lily-Rose Depp

Vogue.com/Photo: Sam Sussman

Meskipun terlahir dari salah satu sosok paling terkenal di dunia, Lily-Rose Depp merasa tidak nyaman saat ia disematkan dengan label nepo baby. Dalam wawancaranya dengan ELLE beberapa waktu lalu, Lily pun memberikan tanggapannya atas hal tersebut.

"Internet tampaknya sangat peduli dengan hal-hal semacam itu. Orang-orang akan memiliki prasangka tentangmu atau bagaimana kamu menjadi sukses, dan saya pasti dapat mengatakan bahwa tidak ada yang akan membuatmu mendapatkan bagian itu, kecuali menjadi bagian yang tepat," katanya.

"Internet lebih peduli tentang siapa keluargamu daripada orang-orang yang memilihmu dalam berbagai hal. Mungkin kamu baru memulai kariermu, tetapi kamu masih baru memulainya. Ada banyak pekerjaan yang datang setelahnya itu," lanjutnya.

Dia pun melanjutkan, "Aneh bagi saya untuk mereduksi seseorang pada gagasan bahwa mereka sukses karena keluarga mereka. Itu tidak masuk akal. Jika ibu atau ayahnya adalah seorang dokter, dan kemudian dia menjadi seorang dokter, kamu tidak akan mungkin berujar, 'Yah, kamu menjadi seorang dokter karena orangtuamu adalah seorang dokter.' Ini lebih seperti, 'Tidak, saya pergi ke sekolah kedokteran dan berlatih."

Lily kemudian menyinggung kemungkinan bahwa nepo baby tidak lebih dari misogini yang disamarkan, dengan mengatakan, "Saya mendengarnya lebih banyak tentang wanita, dan menurut saya itu bukan kebetulan."

3. Gigi dan Bella Hadid

teenvogue.com/DAVID M. BENETT/GETTY IMAGES

Memiliki seorang ibu yang sangat terkenal berkat acara reality, The Real Housewives of Beverly Hills, membuat kakak beradik yang merupakan model papan atas, Gigi dan Bella Hadid, sempat menjadi sorotan selama beberapa tahun.

Saat tampil di acara Reebok pada tahun 2018 lalu, Gigi bercerita tentang pola asuh kedua orangtuanya yang membentuk etos kerjanya saat ini.

"Orang-orang mengatakan bahwa saya tidak pantas berada di tempat saya sekarang, karena saya berasal dari keluarga yang sukses, tetapi orangtua saya sangat bekerja keras," katanya kepada audiens.

"Ayah saya adalah seorang pengungsi, ibu saya pernah bekerja di sebuah peternakan, (lalu) pergi ke New York dan bekerja untuk menafkahi keluarganya. Mereka bekerja keras dan mereka memberi saya kehidupan karena kerja keras mereka, dan (saat ini) saya bekerja keras untuk menghormati (jerih payah orangtua)," tukas Gigi.

4. Maya Hawke

indiewire.com

Memiliki orangtua aktor dan aktris terkenal, Ethan Hawke dan Uma Thurman, nggak heran jika Maya Hawke diberkati secara genetik saat memerankan karakter Robin Buckley dalam serial Netflix, Stranger Things, pada 2019 lalu.

Maya pun sempat membahas seputar nepo baby dalam wawancaranya dengan Rolling Stone beberapa waktu lalu.

"Saya merasa satu-satunya cara untuk menangani hal nepotisme—yang pasti memberi Anda keuntungan besar dalam hidup ini—adalah, Anda akan mendapatkan peluang gratis, tetapi peluangnya tidak akan terbatas," katanya.

"Jadi, Anda harus terus bekerja dan melakukan pekerjaan dengan baik. Jika Anda melakukan pekerjaan yang buruk, peluangnya akan berhenti. Itulah etos saya," tutur Maya.

5. Gwyneth Paltrow

artnews.com

Aktris, Gwyneth Paltrow, mungkin telah melampaui ketenaran ibunya, Blythe Danner. Kendati demikian, Gwyneth tetap nggak bisa menghindari julukan nepo baby yang tersemat padanya.

Dalam salah satu video di kanal YouTube Hailey Bieber, yang berjudul "Who's in My Bathroom?", Gwyneth dan Hailey membahas seputar label tersebut, mengingat keduanya berasal dari keluarga terkenal.

"Saya sangat sukses sejak muda," ujar Gwyneth memulai, sebelum menambahkan bahwa dia merasa asumsi seputar kesuksesan orangtua yang berkontribusi pada anak-anaknya adalah "adil".

"Sebagai anak dari 'seseorang', kamu mendapatkan akses yang tidak dimiliki orang lain, sehingga lapangan permainannya pun tidak sama," katanya.

"Namun, saya benar-benar merasa bahwa saat kamu menginjakkan kaki pada 'pintu' yang kamu masuki secara tidak adil, maka kamu hampir harus bekerja dua kali lebih keras dan menjadi dua kali lebih baik," tambahnya.

Meski begitu, dia bersikeras bahwa menjadi nepotism baby nggak selalu merupakan hal yang baik, karena menyebabkan lebih banyak kritik dan pengawasan dari publik.

"Orang-orang siap menjatuhkanmu dan berkata, 'Kamu tidak pantas berada di sana' atau 'Kamu berhasil hanya karena ayah atau ibumu,'" katanya.

Ia kemudian melanjutkan, "Tidak ada seorang pun di dunia ini yang tidak mengenalimu, seharusnya berdampak negatif pada perjalanan hidup atau keputusan yang kamu buat." 

6. Zoë Kravitz

usmagazine.com

Tampil sebagai bintang sampul tahun 2022 untuk majalah GQ, Zoë Kravitz blak-blakan seputar rasa insecure yang ia alami seputar kesuksesannya sebagai seorang aktris dan bagaimana ia berpotensi dipandang sebelah mata karena kedua orangtuanya.

Lahir dari pasangan penyanyi dan penulis lagu, Lenny Kravitz dan aktris Lisa Bonet, tentu membuat Zoë mendapatkan privilege yang besar. Namun, Zoë berujar bahwa, "sangat normal bagi seseorang untuk berada dalam bisnis keluarga".

7. Maude Apatow

graziamagazine.com

Bintang serial televisi Amerika Serikat Euphoria, Maude Apatow, merupakan putri dari salah satu aktris Amerika yang paling dicintai dan sutradara film terkenal, yaitu Leslie Mann dan Judd Apatow.

Dalam wawancaranya tahun 2022 dengan NET-A-PORTER, Maude mengungkapkan bahwa dia merasa sedikit sedih mendengar orang mengasosiasikannya dengan label nepotism baby.

"Saya mencoba untuk tidak membiarkan hal itu memengaruhi saya, karena saya jelas mengerti bahwa saya berada dalam posisi yang beruntung," katanya.

"Banyak orang (dalam posisi yang sama) telah membuktikan diri selama bertahun-tahun, jadi saya harus terus maju dan bekerja dengan baik," lanjutnya.

Maude pun mengatakan bahwa saat ini ia masih berada di tahap awal kariernya.

"Saya belum memiliki banyak hal untuk ditunjukkan, tetapi semoga suatu hari nanti saya akan sangat bangga dengan hal-hal yang telah saya lakukan sendiri," tukas Maude.

8. Margaret Qualley

refinery29.com

Putri dari aktris dan model Amerika Andie MacDowell, Margaret Qualley, merupakan artis selanjutnya yang dijuluki sebagai nepotism baby. Dengan label tersebut, pemeran Alex dalam serial Maid ini secara terang-terangan mengakui bahwa ia tumbuh dengan hak istimewa yang didapatkan dari ibunya.

"Ini adalah kehidupan (dalam serial Maid) yang sama sekali berbeda dari saya," ujar Margaret kepada ELLE beberapa waktu lalu, sebelum menambahkan bahwa dia sadar ibunya dalam serial Maid adalah ibunya di dunia nyata.

"Saya tumbuh dengan hak istimewa. Saya tentu saja melakukannya, dan memainkan peran seperti Alex hanya menyoroti itu," lanjutnya.

9. Dakota Johnson

nme.com

Dipuja berkat aktingnya dalam Fifty Shades of Grey dan How To Be Single, Dakota Johnson ternyata merupakan putri dari dua orang selebriti terkenal, yaitu Melanie Griffith dan Don Johnson. Dalam wawancaranya dengan Vanity Fair, Dakota pun menunjukkan rasa syukurnya atas kehidupan yang ia miliki.

"Hidup saya sangat beruntung dan istimewa, dan kehidupan yang saya jalani saat tumbuh dewasa luar biasa—tempat yang saya kunjungi dan bagaimana kami hidup dan apa yang dapat kami alami," ujarnya.

Jadi itulah deretan artis yang dijuluki nepo baby. Bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single