Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Rekomendasi KDrama Romansa Kedokteran, Wajib Ditonton!

Terbaru ada Daily Dose of Sunshine, lho!

Anatasia Anjani

Pasti penggemar KDrama tidak pernah merasa bosan dengan tontonan yang diproduksi dari Negeri Ginseng ini. Drama Korea selalu menyajikan tayangan yang menarik dan dihiasi berbagai tema atau genre.

Tidak hanya itu, KDrama juga sering mengajak para penikmatnya untuk mendalami suatu profesi yang jarang diketahui secara umum, seperti tenaga medis. Berikut rekomendasi drama Korea dengan genre romansa kedokteran yang siap membuat hati berbunga-bunga sekaligus menambah pengetahuanmu!

1. Hospital Playlist (2020-2021)

mydramalist.com

Drama yang disutradarai Shin Won Ho ini berhasil menjadi drama romansa kedokteran yang paling banyak dibicarakan penggemar KDrama. Dikemas dengan ringan dan lucu, Hospital Playlist menyajikan cerita tentang lika-liku kehidupan dari 5 dokter yang telah bersahabat selama 20 tahun sejak masa pendidikan kedokteran mereka, hingga berakhir sebagai kolega di rumah sakit yang sama.

Menariknya, kelima dokter yang dijuluki sebagai geng Mido and Falasol ini juga membentuk sebuah band di tengah kesibukan mereka sebagai dokter. Kita akan dihibur tidak hanya dengan cerita yang menarik, tetapi juga soundtrack drama yang memanjakan telinga.

Mendapatkan banyak cinta dari para penggemar, Shin Won Ho memutuskan untuk memproduksi musim kedua dari Hospital Playlist ini. Tidak berbeda jauh dengan musim sebelumnya, Hospital Playlist 2 masih berfokus pada interaksi geng Mido and Falasol dengan rekan kerja dan para pasiennya. Tentu saja, di musim kedua ini genre romansa tidak lupa ditonjolkan oleh Lee Ik Jun (Jo Jung Suk), Ahn Jung Won (Yoo Yeon Seok), Yang Suk Hyung (Kim Dae Myung), dan Jeon Mi Do (Chae Song Hwa). 

2. Dr. Romantic (2016, 2020, 2023)

Han Cinema

Drama romansa kedokteran lainnya yang juga mendulang kesuksesan adalah Doctor Romantic. Drama ini bercerita tentang Kim Sa Bu (Han Seok Kyu), seorang dokter ahli bedah ternama yang tiba-tiba memutuskan melepas semua kesuksesannya dan memilih bekerja sebagai dokter di kota kecil. Ia dipertemukan dengan Kang Dong Joo (Yoo Yeon Seok), seorang dokter yang memilih hanya melayani pasien VIP untuk mencapai kesuksesannya, dan Yoon Seo Jung (Seo Hyun Jin), seorang dokter bedah muda yang berdedikasi.

Berbeda dengan rekomendasi sebelumnya, Doctor Romantic 2 sedikit mengalami perubahan pada pemerannya. Masih tetap berfokus pada Kim Sa Bu, Doctor Romantic 2 memperlihatkan karakter utama baru, yaitu Seo Woo Jin (Ahn Hyo Seop), seorang dokter yang akan melakukan apa pun demi uang, dan Cha Eun Jae (Lee Sung Kyung), dokter yang merasa mual setiap akan melakukan operasi.

Pada musim ini, konflik yang diangkat pun semakin memanas dan menarik. Tidak berhenti sampai di situ saja. Pihak produksi Doctor Romantic membayar cinta para penggemar dengan membuat musim ketiganya. Masih dengan pemeran yang sama, Doctor Romantic 3 masih berfokus pada kisah Kim Sa Bu dan kedua muridnya, Seo Woo Jin dan Cha Eun Jae. Konflik yang diangkat pun semakin memanas dengan kemunculan ayah Cha Eun Jae, yaitu Cha Jin Man (Lee Kyung Young) yang juga merupakan mantan saingan dari Dr. Kim Sa Bu serta isu kenegaraan.

3. Daily Dose of Sunshine (2023)

Han Cinema

Drama romansa kedokteran selanjutnya yang wajib masuk watchlist adalah Daily Dose of Sunshine. Drama yang diproduksi pertengahan akhir tahun 2023 ini mengangkat isu tentang kesehatan mental. Bercerita tentang seorang suster bernama Jung Da Eun (Park Bo Young) yang dipindah-tugaskan ke bagian Neuropsikiatri.

Meskipun terasa sulit dan tidak nyaman, Jung Da Eun tetap berusaha keras merawat para pasien dan menemukan dirinya berkembang sebagai seorang suster yang profesional. Dong Go Yoon (Yeon Woo Jin) bekerja sebagai dokter spesialis proktologi, mendapati dirinya selalu tersenyum dan merasa tersembuhkan dengan kehadiran Jung Da Eun. Sementara itu, Jung Da Eun berteman dengan Song Yoo Chan (Jang Dong Yoon), seorang yang terlihat sangat ceria di luar, tetapi menyimpan rasa sakit di dalam yang tidak diketahui orang lain. Drama ini akan menghibur sekaligus membuka mata kita tentang pentingnya kesehatan mental.

4. Doctor John (2019)

hancinema.com

Drama yang diperankan oleh ayah tampan beranak dua ini juga menarik untuk dimasukan dalam rekomendasi drama romansa kedokteran lainnya. Doctor John adalah drama yang menceritakan tentang Cha Yo Han (Ji Sung), dokter ahli anestesi jenius yang dijuluki sebagai "Si 10 detik" karena kemampuan diagnosanya yang hanya membutuhkan 10 detik pertama saja, dan Kang Shi Young (Lee Se Young), dokter anestesi magang yang cerdas, hangat, dan mendengarkan para pasiennya.

Mereka berdua akan mengatasi rasa sakit pasien yang jarang diketahui penyebabnya. Tidak seperti drama romansa kedokteran lainnya, Doctor John mengajak kita untuk lebih tahu dengan bidang anestesi dan manajemen nyeri.

5. If You Wish Upon Me (2022)

hancinema.com

Drama romansa kedokteran yang wajib kalian tonton selanjutnya adalah If You Wish Upon Me. Drama yang dibintangi Sooyoung 'SNSD' dan Ji Chang Wook ini berhasil mencuri perhatian para penggemar KDrama.

If You Wish Upon Me mengajak kita melihat kisah Yoon Kyeo Re (Ji Chang Wook), lelaki yang hanya tahu tentang kekerasan dan penderitaan, bertemu dengan Kang Tae Shik (Sung Dong Il), pria paruh baya yang memimpin tim volunteer di pusat fasilitas perawatan 'end-of-life' bernama Tim Genie yang bertugas mewujudkan keinginan terakhir dari pasien yang sekarat.

Pandangannya tentang kehidupan berubah setelah bertemu dan bergabung dengan tim Genie di masa pelayanan publiknya berlangsung. Di sini ia juga bertemu dengan Seo Yeon Joo (Choi Soo Young), seorang perawat muda yang selalu berusaha keras membuat pasiennya aktif sepanjang waktu.

6. Live up to Your Name (2017)

Han Cinema

Rekomendasi selanjutnya adalah drama berjudul Live Up To Your Name. Drama keluaran tahun 2017 ini menceritakan tentang Heo Im (Kim Nam Gil), seorang tabib bertalenta di zaman Joseon yang merasa frustrasi dengan kariernya yang tidak kunjung berkembang karena status keluarganya.

Secara misterius, ia terlempar ke zaman modern dan bertemu dengan Choi Yeon Kyeong (Kim Ah Joong), seorang dokter bedah yang sangat menikmati hidupnya. Dijamin, drama yang tidak hanya memberikan kisah romansa kedokteran ini akan membuat kita betah menonton karena perbedaan latar waktu yang semakin menambah poin menarik di dalamnya.

7. Beautiful Mind (2016)

Mydramalist

Rekomendasi KDrama yang tidak kalah menariknya adalah Beautiful Mind. Drama yang dibintangi aktor legendaris Jang Hyuk ini mengangkat cerita tentang Lee Yeong Oh (Jang Hyuk), seorang dokter spesialis bedah saraf jenius yang memiliki kepribadian dingin dan kurang bersimpati karena gangguan kepribadian anti-sosial.

Ia terlibat pertemuan yang tidak menyenangkan dengan petugas kepolisian bernama Gye Jin Sung (Park So Dam). Drama ini tidak hanya menyajikan romansa dan pengetahuan mengenai dunia kesehatan, namun kita akan dibuat tegang dengan kolaborasi keduanya dalam memecahkan kasus-kasus yang muncul di sekitar mereka.

8. Chocolate (2019)

Han Cinema

Rekomendasi drama romansa kedokteran yang terakhir adalah drama berjudul Chocolate. Drama yang diproduksi tahun 2019 ini berfokus pada kisah Lee Kang (Yoon Kye Sang), seorang dokter spesialis bedah saraf yang pernah bermimpi untuk menjadi koki, dan Moon Cha Young (Ha Ji Won), seorang koki ternama yang memiliki kenangan spesial dengan Lee Kang sewaktu kecil.

Mereka bertemu kembali dan bersama-sama menyembuhkan luka emosional dengan menyiapkan makanan untuk para pasien. Drama ini akan menyajikan chemistry yang manis antar tokohnya yang siap membuatmu terlarut di dalamnya.

Nah, itu tadi 8 rekomendasi KDrama dengan genre romansa kedokteran yang siap untuk masuk ke dalam watchlist kalian! Sudahkah kalian menontonnya?

IDN Media Channels

Latest from Single