Film Searching merupakan film yang digarap dan ditulis oleh Aneesh Chaganty ini memiliki kisah yang dekat sekali dengan kehidupan masa kini. Berbeda dengan film fiksi misteri lainnya yang memberikan bumbu teknologi yang sangat canggih, film ini menyajikan aplikasi masa kini yang semua orang bisa punya, media sosial.

Kisahnya bermula dari kehidupan bahagia keluarga Kim yang kehilangan istri sekaligus ibu tercinta. Menjadi single parent tentulah nggak mudah. Apapun diupayakan David Kim (John Cho) sebagai kepala keluarga dan single parent untuk selalu memerhatikan putri satu-satunya, Margot Kim (Michelle La). Kita bisa melihat betapa protective dan dekatnya hubungan ayah dan putrinya ini. Setiap hari mereka selalu saling menelepon, video call dan chat untuk terus berkomunikasi. Sampai suatu hari, putri tercintanya hilang. Banyak sekali pelajaran yang David dapatkan dari hilangnya sang putri. Apa saja?

1. Protective belum tentu mendekatkan hubungan ayah-anak

Belajar Membangun Hubungan Ayah dan Anak Perempuan dari Film 'Searching'
lifestylenow.info

Sebagai seorang ayah, David selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi Margot. Sesibuk apapun bekerja, ia selalu meluangkan waktu untuk selalu terhubung dengan Margot, entah itu lewat chatvideo call, atau pun telepon. Kita bisa melihat bagaimana protektifnya David terhadap Kim. Meski demikian, ternyata meski berkomunikasi setiap hari, belum tentu mendekatkan hubungan ayah dan anak. Ada satu hal yang David lupa, ia hanya mengenal Margot dan nggak mengenal siapa teman Margot dan bagaimana kehidupan Margot di luar sana ketika nggak bersama ayahnya.

2. Hal terbesar yang menjadi kendala dari hubungan singel parent ayah-anak perempuan adalah pola pikir, seperti Mars VS Venus

Belajar Membangun Hubungan Ayah dan Anak Perempuan dari Film 'Searching'
criticalpopcorn.com
 
Hubungan single parent ibu dan anak perempuan bisa saling memahami karena sama-sama perempuan. Tapi bagaimana dengan pubungan ayah dan anak perempuan? Seperti yang kita tahu, lelaki dan perempuan itu seperti Mars dan Venus. Lelaki yang banyak memakai logika dan perempuan yang banyak memakai hati. Sehingga wajar jika ada satu titik di mana David dan Margot berbeda cara pandang. Di film ini juga kita belajar bagaimana menyatukan perbedaan tersebut.

3. Bukan hanya ibu, ayah juga memiliki insting yang kuat

Belajar Membangun Hubungan Ayah dan Anak Perempuan dari Film 'Searching'dstarnews.com

Wajar jika ibu memiliki insting yang kuat terhadap anaknya karena kita pernah bersatu dalam tubuh ibu. Jadi kedekatan secara emosional pun secara alami terjalin. Ayah pun sebenarnya memiliki insting yang kuat. Hanya cara penyampaiannya saja yang berbeda. Kita bisa lihat bagaimana David berusaha mencari Margot yang hilang lewat logikanya.

4. Ayah memiliki cara sendiri mengungkapkan kasih sayangnya terhadap putrinya

Belajar Membangun Hubungan Ayah dan Anak Perempuan dari Film 'Searching'
flickfilosopher.com

Setiap orang memiliki cara sendiri dalam menyampaikan kasih sayang. Jika seorang ayah kelihatan pendiam, jarang mengungkapkan betapa besar cintanya pada anaknya, atau malah terlihat cuek bukan berarti dia nggak mencintai anaknya. Rata-rata kasih sayang seorang ayah terhadap anaknya adalah bekerja keras demi kebahagiaan anaknya tanpa harus anaknya tahu sekeras apa dia bekerja. Kejadian hilangnya Margot ini, menunjukkan sisi lain David menyampaikan kasih sayang terbesarnya.

BACA JUGA : Selain 'Crazy Rich Asians', Ini 5 Film Komedi-Romantis Bernuansa Asia