Menghargai diri sendiri merupakan cara kita menghargai apa yang sudah dianugerahkan Tuhan pada kita. Ternyata Bela, penilaian orang lain terhadap kita bisa bergantung dari caramu memperlakukan dirimu sendiri. Jika kamu nggak menghargai dirimu sendiri, bagaimana orang lain bisa menghargaimu?

Beberapa stigma mengenai kecantikan dan ketampanan belakangan ini sudah banyak diubah oleh beberapa orang yang menginspirasi seperti Tara Basro, bahwa cantik nggak harus melulu punya kulit putih atau seperti Taylor T yang berhasil membuktikan bahwa jadi model nggak harus ramping dan tinggi semampai.

Setiap orang memiliki kecantikan tersendiri yang terpancar dari dalam dirinya. Namun banyak dari kita nggak mensyukuri hal tersebut. Jika kamu merasa rendah diri terkait body shaming yang kamu alami, lakukan 5 hal ini, Bela.

Terkait Body Shaming, Ini Dia Cara Meningkatkan Self Esteem-

Ritual mencintai diri sendiri nggak melulu harus operasi plastik dan membutuhkan biaya mahal. Dengan banyak bersyukur saja dan memberikan pikiran dan semangat positif bagi diri sendiri sudah sangat membantu. Bersyukur dan pikiran positif merupakan energi yang besar yang bisa membangun mood-mu dan membangkitkan percaya dirimu. Carilah ritual yang membuatmu nyaman kamu lakukan dan bisa menambah rasa penghargaan terhadap diri sendiri.

Terkait Body Shaming, Ini Dia Cara Meningkatkan Self Esteem-

Rumput tetangga selalu lebih hijau. Peribahasa tersebut memiliki makna bahwa jika kita terus saja membandingkan diri kita dengan orang lain, nggak akan pernah cukup. Kita hanya fokus pada apa yang dimiliki orang lain dan yang nggak kita miliki. Karenanya, kita jadi lupa terhadap apa yang sudah kita miliki.

Yuk buang jauh-jauh pikiran suka membandingkan. Setiap orang punya rezeki dan takdirnya masing-masing. Alih-alih sibuk memikirkan takdir orang lain, lebih baik kita menyibukkan diri untuk meng-upgrade diri kita menjadi seseorang yang bernilai.

Terkait Body Shaming, Ini Dia Cara Meningkatkan Self Esteem-

Salah satu cara agar pikiranmu selalu positif adalah dengan berkumpul dengan orang-orang positif pula. Lingkungan yang positif bisa membantumu menemukan kelebihan yang kamu miliki. Daripada fokus terhadap kekurangan, ada baiknya kamu fokus terhadap kelebihan yang bisa kamu asah.

Terkait Body Shaming, Ini Dia Cara Meningkatkan Self Esteem-

Banyak dari kita karena ingin cepat langsing lalu menghalalkan segala cara agar cepat turun berat badan. Alih-alih langsing, karena kamu menggunakan metode diet yang ekstrem malah membuatmu sakit.

Sebelum memulai diet, riset terlebih dahulu jenis diet yang akan kamu jalani. Jangan terlalu memaksa tubuh terlalu keras sehingga dipacu di luar kemampuannya. Diet yang berhasil bagi orang lain juga belum tentu cocok denganmu. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter terkait keinginanmu untuk mengatur berat badan.

Beberapa aplikasi smartphone juga bisa kamu gunakan untuk mengatur kalori yang kamu makan atau langkah-langkah diet yang sehat tentunya. Beberapa aplikasi tersebut seperti Noom Weight Loss Coach, Loose it!, Map My Fitness Workout Trainer, Google Fit dan masih banyak lagi.

Terkait Body Shaming, Ini Dia Cara Meningkatkan Self Esteem-

Olahraga merupakan bagian penting untuk menjaga kesehatan. Selain mengatur pola makanmu, kamu juga perlu berolahraga agar bugar. Olahraga juga bisa memperbaiki mood mu dan sebagai cara untuk melepas stres. Hormon yang kita keluarkan saat berolahraga sangat membantu menghilangkan stres. 

Jika kamu kesulitan atau memiliki kendala punya trainer pribadi, kamu bisa kok Bela, olahraga dengan panduan beberapa aplikasi di smartphone-mu seperti aplikasi 7 Minute Workout, Blogilates, Daily Burn dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 7 Quotes dari Rihanna tentang Pentingnya Mencintai Diri Sendiri