Persaingan antar agensi adalah hal yang lumrah di industri musik Kpop. Terlebih, banyak grup baru yang bermunculan nggak heran kalau persaingan di atas panggung semakin ketat. Penggemar pun berusaha mendukung sekuat tenaga agar idola yang disukanya bisa meraih trofi kemenangan di acara musik. 

Namun, di tengah panasnya persaingan dunia Kpop, para idola justru menikmati indahnya persahabatan yang mereka jalin di balik panggung. Meski bernaung agensi dan mempunyai basis penggemar yang berbeda, tak membuat persahabatan mereka merenggang. 

Bahkan, ada yang sudah bersahabat sejak masih menjadi trainee. Kok bisa, ya? Jadi, siapa saja idol Kpop yang menjalin persahabatan meski di atas panggung bersaing secara sehat? Ini dia daftarnya, Bela.

1. Lisa 'BLACKPINK' dan Bambam 'GOT7'

Bersaing di Atas Panggung, 9 Idol Kpop Beda Agensi Justru BersahabatPinterest.com

Sama-sama berasal dari Thailand, Lisa yang kini debut bersama BLACKPINK di agensi YG Entertainment sudah lama menjalin persahabatan dengan Bambam 'GOT7' yang bernaung di agensi JYP Entertainment. 

Sebelum terkenal, keduanya pernah berlatih di akademi tariWee Zaa Cool sewaktu masih di Thailand. Bukan hanya satu atau dua tahun bersahabat, tapi mereka sudah bersahabat lebih dari 12 tahun, lho. Bahkan, nggak jarang keduanya mengikuti audisi tari di Thailand bersama-sama. Ada begitu banyak potret semasa kanak-kanak Bambam dan Lisa kala di Negeri Gajah Putih itu. 

Kendati, Bambam lebih dulu debut dan mempunyai umur yang sebaya dengan Lisa, ternyata Bambam tetap memanggil Lisa dengan sebutan Noona (kakak perempuan dalam bahasa Korea) soalnya tinggi badan Lisa tumbuh melebihi dirinya. 

2. Jackson 'GOT7' dan RM 'BTS'

Bersaing di Atas Panggung, 9 Idol Kpop Beda Agensi Justru BersahabatKoreaboo.com

Nggak banyak yang tahu, kalau rapper dari GOT7 yakni Jackson ternyata mempunyai hubungan spesial dengan RM, leader dari grup BTS. Menariknya, mereka bersahabat sejak masih trainee

Dalam sebuah acara Zach Sang Show, Jackson mengungkap hubungan di balik layarnya bersama RM, "RM dan aku bertemu saat kami masih berlatih. Aku adalah seorang trainee di JYP Entertainment, dan dirinya adalah trainee dari Big Hit Entertainment. Pertemuan kami berawal dari seorang teman, kebetulan dirinya sebaya denganku. "

Walaupun berbeda agensi dan bertolak belakang soal sifat. Jackson mengakui kalau RM adalah sosok yang cukup tenang dan sangat pintar. Malahan, Jackson sering banget bercerita ke RM kalau lagi ada masalah, Bela. RM akan senang hati mendengarkan dan memberikan solusi yang baik untuk Jackson. Ia pun tidak memanggilnya dengan RM, tapi dengan nama Namjoon. 

3. Jennie 'BLACKPINK' dan Nayeon 'TWICE'

Bersaing di Atas Panggung, 9 Idol Kpop Beda Agensi Justru BersahabatPinterest.com

Kerap kali dianggap sebagai saingan utama di tangga lagu musik Korea, Nayeon 'TWICE' yang berasal dari JYP Entertainment malah menjalin persahabatan yang akrab Jennie 'BLACKPINK' yang debut di bawah agensi hip-hop ternama di Korea, YG Entertaiment. 

Uniknya, mereka memiliki pangglan khusus satu sama lain, lho. Persahabatan mereka terlihat begitu hangat dan menggemaskan, meski di atas pangung keduanya tetap tampil profesional dan menampilkan bakatnya masing-masing. 

Jennie sendiri mengakui persahabatannya dengan Nayeon di acara Choi Hwa Jung’s Power Time. Rapper BLACKPINK tersebut mengungkapkan, "Aku dan Nayeon telah mengenal satu sama lain sejak masih trainee. Kami pun sering nongkrong bareng jika memiliki waktu luang, bersama Jisoo eonnie.  Namun, saat promosi berlangsung, kamu selalu memastikan untuk saling bertemu di belakang panggung musik."

4. P.O 'Block B' dan Mino 'WINNER'

Bersaing di Atas Panggung, 9 Idol Kpop Beda Agensi Justru BersahabatKpopn.com

Duo kocak ini sudah bersahabat lebih dari 10 tahun, mereka melewati suka duka bersama dan semakin menguatkan hubungan keduanya. Jauh sebelum debut bersama WINNER di YG Entertainment, Mino hampir debut dengan Block B bersama P.O. 

Namun, nasib berkata lain, ketidaksepakatan kontrak antara agensi dan orang tuanya membuat Mino hengkang dari grup dan debut bersama grup lain Meski berpisah jalan, P.O yang debut di Block B dalam naungan Seven Seasons tidak membuat hubungan mereka merenggang. 

Bahkan, P.O hadir ketika hak cipta Mino dari menulis lagu tidak dibayarkan, P.O selalu menemani Mino di masa tersulit. Begitu juga sebaliknya. Tahu luar dalam sahabatnya masing-masing membuat jalinan keduanya nggak lagi terasa jaim. Malahan, mereka selalu bertingkah konyol kalau lagi bertemu. Selain itu, mereka juga membintangi variety show bersama, New Journey to the West.

5. Jimin 'BTS' dan Ha Sung Woon

Bersaing di Atas Panggung, 9 Idol Kpop Beda Agensi Justru BersahabatHellokpop.com

Siapa yang menyangka jika Jimin 'BTS' yang berada di bawah naungan Big Hit Entertaiment ternyata juga menjalin persahabatan dengan mantan anggota Wanna One yang kini menjadi seorang solois, Ha Sung Woon. 

Hubungan akrab mereka sudah terjalin sejak lama dan keduanya juga kerap liburan bareng. Ha Sung Woon sendiri pertama kali mengenal Jimin dari J-Hope. Lama-kelamaan, hubungan keduanya makin erat karena sering nongkrong bersama idol Kpop lain, yaitu Suho 'EXO', Taemin 'SHINee', Timoteo 'HOTSHOT', dan Ravi 'VIXX'. 

Mereka tergabung dalam perkumpulan Padding Squad atau Friendship Parkas karena Taemin SHINee memberikan desain parka yang dibuatnya sendiri kepada setiap anggota grup. Kalau lagi berkumpul, persahabatan para idol tampan ini sering bermain biliar dan kartu, jika ada yang kalah, mereka akan menghukum yang kalah dengan pukulan dahi.

6. Sunny 'SNSD' dan Hyomin eks 'T-ARA'

Bersaing di Atas Panggung, 9 Idol Kpop Beda Agensi Justru BersahabatKoreaboo.com

Pernah menjadi grup perempuan yang berjaya di era generasi kedua, Sunny 'SNSD' yang berasal dari SM Entertainment masih tetap menjalin persahabatan yang erat dengan Hyomin eks 'T-ARA' yang dulunya bernaung di MBK Entertainment. 

Mereka juga nggak sungkan berbagi momen manis di akun sosial media. Hubungan persahabatan itu bermula ketika keduanya menjadi anggota variety show Invincible Youth dari 2009-2010. Saking akrabnya, penggemar sampai menjuluki SuByung atau SunByung yang merupakan akronim dari Sunny dan Byung. Byung sendiri memiliki makna 'folding screen', yakni panggilan untuk Hyomin. 

Sudah hampir sepuluh tahun, mereka membangun persahabatan. Meski sudah tidak begitu aktif, keduanya tetap berkomitmen untuk tetap menjaga hubungan mereka agar tetap langgeng dan terjalin dengan baik. Sunny sendiri bersyukur memiliki teman seperti Hyomin di berbagai situasi. 

7. Mingyu 'SEVENTEEN' dan Eun Woo 'ASTRO'

Bersaing di Atas Panggung, 9 Idol Kpop Beda Agensi Justru BersahabatTwitter.com/mingyuwonlu

Lahir di tahun yang sama, yakni 1997 membuat duo tampan ini semakin dekat dan menemukan keakraban satu sama lain. Mingyu sendiri debut bersama SEVENTEEN di bawah naungan Pledis Entertainment, sementara Cha Eun Woo bergabung di ASTRO dalam agensi Fantagio Entertainment. 

Bertemu saat syuting menjadi penanda hubungan persahabatan mereka. Apalagi, setelah Mingyu mengetahui kalau Eun Woo sebaya dengan dirinya, ia pun mulai nyaman berbicara satu sama lain. 

Usut punya usut, persahabatan SEVENTEEN dan ASTRO ternyata cukup dekat, jadi mereka sering bertemu, sekadar nongkrong di kafe atau bermain bersama. Kalau memiliki banyak waktu senggang, mereka juga berkumpul dengan teman idol yang lahir di tahun 1997, seperti Jungkook 'BTS', Bambam, dan Yugyeom 'GOT7'.

8. Moonbin 'ASTRO' dan SinB 'G-Friend'

Bersaing di Atas Panggung, 9 Idol Kpop Beda Agensi Justru BersahabatPinterest.com

Sebelum debut di grup masing-masing, SinB yang memulai debutnya bersama G-Friend di agensi Source Music Entertainment pernah menjadi model pakaian anak-anak bersama Moonbin yang kini debut di ASTRO dalam agensi Fantagio Entertainment. 

Diketahui, mereka sudah saling mengenal sejak berusia 8 tahun, lho. Mereka juga tetanggaan di daerah Cheongju, dan menempuh pendidikan di sekolah seni yang sama. Terkadang, jadwal promosi comeback pun bersamaan, sehingga keduanya sering bertemu dan tidak canggung menunjukkan keakraban satu sama lain. Bahkan, SinB pernah mengucapkan rasa terima kasihnya kepada MoonBin di album G-Friend. 

9. Somi 'The Black Label' dan Daehwi 'AB6IX'

Bersaing di Atas Panggung, 9 Idol Kpop Beda Agensi Justru BersahabatPinterest.com

Pernah menjadi trainee di JYP Entertainment dan mengikuti ajang pencarian bakat, Somi yang memulai debut soloisnya di agensi The Black Label sangat dekat dengan Daehwi 'AB6IX' yang bergabung di Brand New Music. 

Persahabatan mereka justru dimulai saat masih duduk di bangku sekolah, yaitu di Cheongdam Middle School. Sebelum saling mengenal satu sama lain, Somi pernah merasa ilfeel dengan Daehwi di pertemuan pertamanya. Jadi, dulu Daehwi merupakan siswa pindahan dari Amerika yang dikenal pemalu dan pendiam. Sedangkan, Somi di mata Daehwi terlihat seperti orang yang sudah didekati dan nampak lebih dewasa. 

Tetapi, lambat laun hubungan keduanya malah berubah menjadi sahabat rasa keluarga. Daehwi mengakui kalau Somi adalah sosok yang dapat menghibur dirinya di kala stres dengan pekerjaan sebagai seorang idola. Somi juga pendukung terbesarnya dalam berkarier. Somi dan Daehwi juga pernah menjadi model iklan bersama di salah satu produk minuman bersoda. 

Di atas panggung, mereka boleh terlihat bersaing tetapi di belakang itu, mereka memiliki hubungan yang hangat, unik, dan saling dukung satu sama lain, nih. Berbeda agensi dan mendulang prestasi bukan penghalang untuk menjalin persahabatan. Mana yang menjadi favoritmu, Bela?

Baca Juga: Punya Peran Penting, Intip Persahabatan Kim Soo Hyun & Park Seo Joon

Baca Juga: Bikin Iri, 10 Aktor-Idol Kpop Jalin Persahabatan yang Kompak Banget

Baca Juga: Beda Agama, 9 Potret Persahabatan Dewi Sandra dan Bertrand Antolin