Liburan bersama keluarga pasti menjadi saat yang ditunggu-tunggu! Senang-senang sambil quality time bisa mendekatkan satu sama lain agar semakin harmonis. Nggak perlu menunggu libur panjang, kamu bisa menyelingkan waktu untuk berjalan-jalan selama mudik ke kampung halaman. Sayangnya, perbedaan umur dan keinginan tujuan kerap membuat salah satu pihak merasa tertekan.

Kamu yang ingin mengeksplorasi tempat sebanyak mungkin bisa saja hanya membuat orang tuamu kecapaian. Sebelum pergi liburan, tentulah harus ada rencana yang kamu persiapkan agar semua berjalan dengan lancar sesuai keinginan agar nggak salah paham.

Begini Cara Merencanakan Liburan Keluarga yang Menyenangkan

Sebelum pergi, coba deh ikut memberi pendapat pada orangtua dan mendiskusikan segala hal yang akan dilakukan selama berlibur. Kamu bisa meminta mereka untuk membebaskanmu dalam memilih baju, mainan, atau buku bacaan yang akan dibawa. Selain itu, kamu juga bisa mendiskusikan destinasi wisata yang ingin dikunjungi masing-masing.

Begini Cara Merencanakan Liburan Keluarga yang Menyenangkan

Pergi bersama orangtua, nggak berarti kamu boleh seenaknya berbelanja dan menggantungkan kebutuhanmu pada mereka. Orangtuamu mungkin memang sudah menyiapkan dana yang mencukupi untuk pergi bersama. Transportasi, akomodasi, kuliner atau bahkan travel guide sudah ada dalam daftar tanggungan yang akan dikeluarkan untuk seluruh anggota keluarga.

Agar nggak semakin memberatkannya, kamu bisa menggunakan uangmu sendiri untuk membeli oleh-oleh atau jajanan yang kamu ingin beli di luar rencana. Jangan lupa, catat semua pengeluaran dan tetap berhemat agar nggak kesulitan di akhir bulan ya, Bela!

Begini Cara Merencanakan Liburan Keluarga yang Menyenangkan

Sebisa mungkin, kamu bisa merencanakan liburan sejak jauh hari. Selain biaya transportasi yang kerap lebih murah, kamu juga akan lebih leluasa untuk menentukan kegiatan yang akan dilakukan. Mencari referensi tempat makan yang akan dikunjungi, mencari tahu waktu jam buka dan tutup tempat wisata, atau membeli tiket lebih cepat bisa membuat kamu nggak perlu mengantri lama untuk masuk, lho.

Begini Cara Merencanakan Liburan Keluarga yang Menyenangkan

Agar semua tujuan bisa tercapai, kamu bisa merencanakan untuk pergi ke beberapa tempat sekaligus dalam sekali perjalanan. Buatlah rute perjalanan yang efektif untuk mengunjungi banyak tempat wisata yang saling berdekatan. Meski memiliki pemandangan yang indah, kamu nggak dianjurkan untuk stay terlalu lama atau bahkan terlalu cepat hanya di satu tempat. Sebaiknya, kunjungi 2-3 tempat dalam satu hari untuk memaksimalkan liburanmu. Nggak ada yang sirik-sirikan, bukan?

Begini Cara Merencanakan Liburan Keluarga yang Menyenangkan

Semakin banyak kepala, tentu semakin banyak suara. Agar nggak bingung, sebaiknya utamakan untuk pergi berlibur dengan keluarga inti bila ingin pergi ke tempat yang jauh. Kamu akan punya lebih banyak kesempatan untuk mengobrol dan memahami satu sama lain di perjalanan. Jika memang ingin pergi dengan keluarga besar, pilihlah tempat makan, atau wisata yang umum dikunjungi oleh banyak orang seperti taman kota.

Begini Cara Merencanakan Liburan Keluarga yang Menyenangkan

Jika kamu terbiasa menanyakan letak barang yang hilang pada orangtua di rumah, sebaiknya tinggalkan kebiasaan itu saat liburan. Agar nggak merepotkan satu sama lain, pastikan kamu sudah menyiapkan kebutuhan sendiri selama perjalanan. Pakaian, baju ganti, hingga peralatan mandi tentu menjadi tanggung jawabmu sendiri. Bukan hanya persiapan selama pergi, kamu juga harus memastikan perlengkapan tersebut nggak tertinggal saat pulang ke rumah.

Begini Cara Merencanakan Liburan Keluarga yang Menyenangkan

Sebelum pergi, kamu bisa ajak seluruh anggota keluargamu untuk menentukan aktivitas yang akan dan nggak ingin dilakukan. Pilihlah kegiatan yang akan diterima satu sama lain agar nggak ada yang merasa bosan selama perjalanan. Selain itu, kamu juga harus bisa menghargai pendapat dan keinginan setiap anggota keluargamu tanpa memaksakan kehendak. Misalnya saja kamu yang ingin mencari kuliner pedas, bisa mencari restoran dengan menu lain yang bisa dinikmati adikmu!

Nah bukan hal yang sulit bukan? Dengan melakukan perencanaan di awal, maka liburanmu tentu akan lebih terasa menyenangkan. Tunggu apalagi, yuk buat rencana liburan di kampung halaman yang belum pernah kamu kunjungi. Selamat berlibur, Bela!

BACA JUGA: 7 Pertanyaan yang Akan Muncul Ketika Kumpul Keluarga Saat Lebaran