Hubungan seksual merupakan hal yang penting dalam rumah tangga. Namun, kadang ada saja masalah seputar ranjang yang terjadi pada pasangan suami istri. Salah satunya ialah ejakulasi dini yang kerap dialami kaum laki-laki. Bahkan, masalah ejakulasi dini seringkali membuat laki-laki malu serta khawatir nggak bisa memuaskan pasangannya. 

Ejakulasi dini adalah kondisi di mana laki-laki mengalami orgasme terlalu cepat setelah mengalami stimulasi Mr. P yang minimal. Seorang laki-laki dikatakan mengalami ejakulasi dini jika ia nggak bisa menahan orgasme sekitar 1 atau 2 menit setelah penetrasi. Banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya ejakulasi dini, bisa karena faktor biologis maupun psikologis.

Apakah pasanganmu salah satu yang juga mengalami ejakulasi dini, Bela? Jika iya, jangan khawatir, ya! Ejakulasi dini dapat diatasi dengan berbagai cara, kok. Kali ini, Popbela akan membahas 7 cara mengatasi ejakulasi dini pada pria. 

1. Menggunakan obat alami

7 Cara Mengatasi Ejakulasi Dini pada Pria Pixabay.com/1195798

Cara mengatasi ejakulasi dini secara alami dapat dilakukan dengan pengobatan herbal. Salah satunya ialah dengan menggunakan cengkeh. Caranya, campurkan cengkeh dengan ginseng dan kayu manis, lalu dibuat dalam bentuk krim. Campuran krim ini dipercaya dapat membantu mengatasi ejakulasi dini pada pria. 

2. Lakukan senam kegel

Ejakulasi dini bisa disebabkan karena lemahnya otot dasar panggul. Untuk itu, salah satu cara mengatasi ejakulasi dini ialah dengan melakukan senam kegel. Meski disebut senam, sebenarnya senam kegel adalah latihan untuk mengencangkan otot-otot dasar panggul. Lakukan gerakan senam kegel ini 3 kali dalam sehari. 

3. Lebih banyak berhubungan seks

7 Cara Mengatasi Ejakulasi Dini pada Pria Pixabay.com/StockSnap

Salah satu cara mengatasi ejakulasi dini adalah dengan lebih banyak 'latihan' melalui hubungan seks yang sering. Salah satu penyebab umum terjadinya ejakulasi dini ialah kecemasan akan performa seksual dirinya. Maka dari itu, dengan meningkatkan hubungan seks, maka si dia akan membangun kenyamanan bersamamu serta berbagi kekurangan dan kelebihan yang ia miliki. 

4. Istirahat saat hampir klimaks

Solusi lain untuk mengatasi ejakulasi dini pada pria adalah beristirahat saat hampir klimaks. Jadi, mintalah pasanganmu menghentikan sementara gerakan penetrasi saat ia akan mencapai klimaks. Selain itu, kamu juga bisa memintanya mengganti posisi seks agar dia sedikit tertahan supaya nggak cepat ejakulasi. Setelah beberapa detik atau menit, lanjutkan sesi hubungan seks kalian. 

5. Gunakan kondom

7 Cara Mengatasi Ejakulasi Dini pada Pria Pixabay.com/Sasin Tipchai

Jika nggak mau repot, gunakanlah kondom ketika berhubungan seks. Alat kontrasepsi ini dapat dengan mudah mengatasi ejakulasi dini pada pria karena kondom bisa mengurangi sensitivitas rangsangan pada Mr. P. Terlebih lagi, ada beberapa jenis kondom yang mengandung obat anastesi sehingga dapat menahan klimaks atau orgasme setidaknya selama 5 menit. 

6. Jangan terlalu agresif

Sebagai pasangan, kamu juga perlu membantunya mengatasi ejakulasi dini. Sebaiknya, lakukan hubungan seks itu secara perlahan dan tanpa terburu-buru. Nikmati setiap momen bercinta kalian dan jangan terlalu agresif untuk membuatnya terangsang. Hal ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi ejakulasi dini yang dapat kamu coba, Bela. 

7. Latihan pernapasan dan relaksasi

7 Cara Mengatasi Ejakulasi Dini pada Pria Pixabay.com/Olichel Adamovich

Mengambil napas dalam-dalam adalah cara mengobati ejakulasi dini secara alami yang cukup ampuh. Napas yang pendek dan cepat akan meningkatkan detak jantung hingga akhirnya menyebabkan ejakulasi dini. Nggak hanya mengobati ejakulasi dini, latihan pernapasan ini juga dapat membuatnya lebih tenang dan mengurangi kecemasan. Sarankan padanya untuk melakukan kegiatan yang dapat merelaksasi tubuh agar bisa membuatnya lebih rileks. 

Hal terpenting untuk mengatasi ejakulasi dini ialah dengan mengomunikasikannya dengan pasangan. Tetap berikan dukungan positif agar si dia nggak semakin stres ya, Bela.

Baca Juga: Ejakulasi Dini dan Cara Mencegahnya