Onani, kegiatan yang merupakan pengalaman seksual ini memang sudah sering terdengar di telinga kamu. Mungkin kamu mulai mendengar istilah ini saat usia pubertas, di mana seseorang mengalami perubahan fisik dan memiliki gairah, keinginan dan pemikiran seksual terhadap rasa kaingintahuannya. Bagimu yang belum tahu tentang onani inilah fakta tentang onani yang harus kamu tahu!

Apa itu onani?

Fakta dan Manfaat tentang Onani yang Harus Kamu Tahufreepik.com/ javi_indy

Onani sejatinya adalah kegiatan yang dilakukan seseorang untuk mencapai orgasme dengan cara yang bervariasi, dari mulai mengelus, mengusap, ataupun memijat organ seksual. Onani juga sering digunakan untuk pelampiasan seksual seseorang akan kebutuhan seksnya. Nggak tabu lagi dalam membicarakan onani karena ternyata onani mempunyai manfaatnya lho, Bela.

Manfaat onani

Fakta dan Manfaat tentang Onani yang Harus Kamu Tahufreepik.com/ user11290535

Banyak yang beranggapan bahwa onani merupakan kegiatan yang negatif, padahal sebenarnya nggak sepenuhnya benar. Yup, onani mempunyai manfaat bagi kamu. Hanya saja saat pertama kali melakukannya tanpa adanya teknik yang benar akan membuat organ intimmu kurang nyaman. Banyak manfaat dari onani ini, di antaranya adalah:

- melepaskan stres, onani dapat melepaskan stres karena kegiatan ini akan mengalirkan darah ke seluruh tubuh termasuk otak, oleh karena itu hormon endorfin atau hormon bahagia itu dapat terlepas dari tubuhmu

- mengenali dirimu sendiri, ketika melakukan onani kamu dapat lebih tahu akan kebutuhan seksualmu karena kamu memberi respons ke dirimu sendiri. Dengan hal ini akan meningkatkan pengalaman seksualmu dengan pasangan. Eksplorasi dirimu sendiri, setelah tahu apa yang kamu inginkan lakukan bersama pasanganmu.

- tidur lebih nyenyak, dengan kondisi tubuh dan pikiran yang rileks kamu lebih mendapatkan ketenangan saat tidur. Ini menjadi salah satu alasan onani lebih baik dilakukan saat sebelum tidur. Karena kamu dapat mendapatkan tidur yang lebih berkualitas

- mengurangi risiko kanker serviks, bahkan yang tak kalah mencengangkan dari manfaat onani ini adalah mengurangi risiko kanker serviks. Selain menguatkan otot vagina, klitoris dan bagian lain, onani dapat melenturkan leher rahim, dan di saat itulah Miss V mengeluarkan cairan yang membawa bakteri jahat dari tubuhmu.

Bahaya onani

Fakta dan Manfaat tentang Onani yang Harus Kamu Tahupexels.com/ Pixabay

Walaupun banyak manfaat dari kegiatan ini, ada juga bahayanya juga ya Bela. Jika nggak dilakukan dengan teknik yang benar onani bukan menimbulkan kenikmatan tetapi juga masalah untukmu.

- Iritasi organ seksual, hal ini sangat mungkin terjadi jika gerakan atau sentuhan yang kamu berikan nggak dilakukan secara baik. Kamu mungkin terlalu bersemangat dan lupa jika gerakanmu itu terlalu keras untuk Miss V.

- rasa bersalah, hal ini mungkin saja terjadi karena berbenturan dengan efek psikologismu. Karena dinilai tabu akan nilai agama, moral serta budaya. Oleh karena itu seseorang yang telah melakukan onani akan merasa malu kepada dirinya sendiri.

- masturbasi kompulsif, sebenarnya sah-sah saja melakukan onani. Akan tetapi jika melakukannya secara terus menerus akan mempengaruhi dalam kegiatanmu sehari-hari karena telah menjadi kebiasaan. Hal ini akan membuatmu nggak produktif pada pekerjaan, hubungan sosial, kehidupan dengan pasangan bahkan menjadikanmu sebagai sex addict.

Itu tadi ulasan singkat tentang makna, manfaat serta bahaya onani atau masturbasi. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Bela.

Baca Juga: Masturbasi pada Perempuan, Kenali Fakta dan Batasannya di Sini