Faktanya, masturbasi mempunyai banyak manfaat untuk Kesehatan fisik, mental, dan emosional. Mulai dari membuang racun dalam tubuh hingga menurunkan tingkat kesetresanmu. Nggak hanya itu, para ahli juga menyebutkan bahwa masturbasi dapat membangun kepercayaan dirimu, baik dalam dirimu sendiri maupun saat berhubungan seks bersama pasangan.

Ketika kamu melakukan masturbasi, pengalaman orgasme yang menyenangkan itu sering kali berkurang karena membuat kram. Dr. Hilda Hutcherson, profesor Obgyn di Columbia University Medical Center, mengatakan meskipun masturbasi dapat menjadi cara bagus untuk mengeksplorasi dirimu sendiri dan mengendalikan orgasme, kram yang terjadi mengindikasi ada sesuatu yang salah dengan rutinitsamu.

Simak penjelasannya di sini, ya.

1. Dasar panggulmu terlalu kencang

Ini Alasan Kamu Merasa Kram Setelah Masturbasifreepik.com/ photohobo

Meskipun banyak artikel mengarahkan senam kegel untuk mengencangkan dasar panggulmu, bagi sebagian orang mungkin ada banyak tegangan di daerah tersebut. 

Dr. Samantha DuFlo, seorang terapis dasar panggul, mengatakan ketika kamu mengalami kontraksi otot yang nggak disengaja, otot akan rileks sesudahnya. Akan tetapi jika kamu memiliki otot dasar panggul yang kencang, otot-otot itu akan tetap kencang. Untuk itu, Dr. Sam merekomendasikan untuk mengambil posisi yang dapat membantu meregangkan otot-otot tersebut, seperti duduk jongkok.

2. Kamu mengalami endometriosis atau fibroid

Ini Alasan Kamu Merasa Kram Setelah Masturbasifreepik.com/ Dragana_Gordic

Jika kamu mengalami rasa sakit setelah melakukan masturbasi atau setelah orgasme, masalah fisiologis seperti endometriosis atau fibroid mungkin menjadi penyebabnya. Keduanya merupakan pertumbuhan abnormal di sekitar atau luar rahim untuk endometriosis dan di rongga rahim untuk fibroid.

Kedua masalah ini tentunya akan mengganggu proses masturbasi untuk mencapai oragasme, bahkan sampai untuk berhubungan seks. Rasa nyeri akan kamu rasakan jika mengidap masalah ini. Jangan ragu untuk menanyakan hal ini ke dokter untuk segera ditangani.

3. Ada masalah psikologis

Ini Alasan Kamu Merasa Kram Setelah Masturbasifreepik.com/ marymarkevich

Mungkin juga ada hambatan mental yang mengarah ke kram saat melakukan masturbasi. Perempuan terkadang memiliki rasa bersalah saat melakukan orgasme, inilah yang justru secara nggak langsung menyebabkan rasa sakit berkepanjangan karena otot yang meregang.

Tentunya kamu dapat membuang pikiran negatif tentang masturbasi. Hal ini bukan sesuatu yang tabu lagi, tetapi kegiatan untuk lebih mengeksplorasi dan mengenali dirimu sendiri.

Siapa lagi yang dapat mengenali dirimu jika bukan kamu, Bela. Terlebih untuk pengalaman seksual baik solo ataupun bersama pasangan.

Baca Juga: Musim Hujan, Ini Posisi Seks yang Cocok Dilakukan di Bawah Selimut

Baca Juga: Ini 7 Tips Masturbasi yang Paling Cepat Datangkan Orgasme

Baca Juga: 7 Tips Berikan Pijatan Panas untuk Pasangan