Kondom menjadi salah satu alat kontrasepsi yang paling populer. Bukan hanya murah dan mudah diperoleh, kondom juga dianggap sebagai pengaman yang memiliki banyak manfaat, mulai dari mencegah kehamilan yang tak direncanakan hingga penyebaran penyakit menular seksual. Didesain dengan teknologi canggih, kini nggak sedikit kondom yang memiliki tekstur serta aroma yang beragam guna memberikan sensasi yang berbeda saat dipakai.

Namun tahukah kamu bahwa kondom yang beredar di pasaran bukan hanya kondom yang biasa kita kenal? Kita selama ini kondom hanya digunakan di Mr. P, beberapa barang di bawah ini juga disebut kondom dengan bentuk yang berbeda.

1. Kondom untuk perempuan

Nggak Cuma 1, Ini 5 Tipe Kondom yang Belum Kamu Tahu Beserta Contohnyaself.com/Scott Camazine/Getty Images

Seperti namanya, female condom atau internal condom adalah alat kontrasepsi yang dipasang di dalam organ intim perempuan. Kondom yang satu ini juga telah mengandung pelumas sehingga memiliki efek yang mirip dengan kondom pada umumnya. Namun membutuhkan sedikit latihan dan perhatian lebih saat menggunakan kondom perempuan. Kamu perlu belajar cara memasukkan dan mengeluarkannya ke dan dari Miss V.

2. Kondom untuk mulut

Nggak Cuma 1, Ini 5 Tipe Kondom yang Belum Kamu Tahu Beserta Contohnyahealthline.com

Kondom jenis ini sering disebut dengan tongue condom. Sedikit berbeda dengan kondom lainnya, tongue condom nggak berfungsi untuk mencegah kehamilan karena dipasang pada lidah. Kondom ini dipakai oleh seseorang yang ingin melakukan seks oral da berfungsi mencegah penyebaran penyakit menular seksual. Pilihlah yang nggak mengandung pelumas buatan karena bisa menyebabkan iritasi.

3. Kondom yang bisa dimakan

Nggak Cuma 1, Ini 5 Tipe Kondom yang Belum Kamu Tahu Beserta Contohnyadepop.com

Jika aroma buah pada kondom konvensional bisa meningkatkan gairah seks, mungkin kondom yang satu ini cocok untukmu dan pasangan. Cara penggunaannya nggak jauh berbeda dengan kondom biasanya. Namun karena kondom ini bisa ‘habis’ dan bertujuan untuk bersenang-senang saja, maka fungsi utama kondom untuk mencegah kehamilan dan penularan penyakit nggak termasuk di sini.

4. Kondom untuk jari

Nggak Cuma 1, Ini 5 Tipe Kondom yang Belum Kamu Tahu Beserta Contohnyacapesmedical.co.nz

Sebenarnya, kondom untuk jari banyak dijual bukan hanya untuk keperluan seks. Finger condom atau finger cot ini dianggap sebagai pengganti sarung tangan karet untuk keperluan yang lebih sederhana, bahkan pernah dipakai oleh restoran cepat saji untuk para pelanggannya supaya tangan nggak kotor saat memegang ayam atau untuk keperluan medis. Tapi untuk keperluan seks, finger cot ini digunakan sebelum fingering atau memasukkan jari ke dalam Miss V pada sesi foreplay.

5. Kondom semprot

Nggak Cuma 1, Ini 5 Tipe Kondom yang Belum Kamu Tahu Beserta Contohnyaspafe.com.au

Jan Vinzenz Krause, peneliti dari Jerman pernah menciptakan spray-on condom pada tahun 2006 lalu. Dikemas mirip botol parfum, cairan yang akan keluar ketika disemprot akan mengering dan berubah menjadi lateks, bahan yang sering digunakan dalam kondom. Tujuan diciptakannya kondom ini karena banyak laki-laki yang kesulitan menemukan ukuran kondom yang pas. Namun kondom semprot ini kurang berhasil di pasaran karena membutuhkan waktu 2-3 menit untuk mengering.

Sebagian besar kondom di atas masih sulit ditemukan di Indonesia. Namun jika kamu dan pasangan tertarik, nggak ada salahnya untuk mencoba kan, Bela?

Baca Juga: Arti dan Cara Menggunakan Kondom dengan Benar