Kata orang, seks bisa dilakukan tanpa melibatkan perasaan. Tapi ada juga yang berpendapat bahwa seks itu sebuah aktivitas yang sangat intim sehingga perasaan harus ada. Lalu muncul istilah making love dan having sex. Sama-sama berbicara tentang seks, sebenarnya apa sih perbedaan dari dua istilah ini? Menurut psikolog anak, remaja dan keluarga, Jovita Maria Ferliana M.Psi., inilah bedanya have sex dengan make love.

Having sex atau have sex diartikan sebagai aktivitas seks yang didasari atas ketertarikan fisik. Ketika kamu bertemu seseorang yang penampilannya menarik sehingga timbul rasa suka dan gairah, maka aktivitas seks yang akan terjadi bersamanya bisa disebut have sex. Ingat ya Bela, tertarik dan cinta itu beda jauh. Have sex bisa terjadi secara instan, misal seperti one night stand di mana dua orang hanya ingin memuaskan kebutuhan seksualnya tanpa ada perasaan lebih dari suka dan komitmen.

Sedangkan making love atau make love diartikan sebagai aktivitas seks yang didasari atas rasa cinta. Pasangan melakukan hubungan seksual penuh dengan emosi dan bahasa cinta (bisa lewat ekspresi, bahasa tubuh atau ucapan) dan yakin bahwa keduanya sama-sama merasa bahagia dan nyaman. Pasangan yang melakukan make love nggak melihat seks sebagai cara menyalurkan gairah saja, tapi juga cara mempererat hubungan mereka supaya semakin harmonis.

Jadi, sekarang sudah mengerti perbedaannya kan, Bela?

Baca Juga: Ini Bedanya Bercinta dengan Pasangan Baru dan Pasangan Lama