8 Cara Cegah Kehamilan Paling Aneh dan Absurd di Zaman Kuno

Percaya atau tidak?

8 Cara Cegah Kehamilan Paling Aneh dan Absurd di Zaman Kuno

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Di zaman sekarang ini, ada banyak alat kontrasepsi yang bisa dipilih oleh masyarakat untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Mulai dari kondom, pil KB, suntik KB, spiral, implan, hingga cincin vagina. Semua memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya tentang apa yang dilakukan masyarakat zaman dulu untuk mencegah kehamilan, mengingat alat kontrasepsi yang disebutkan di atas tadi belum ditemukan?

Untuk menjawab rasa penasaranmu, ternyata ada 8 metode pencegah kehamilan yang paling aneh dan paling absurd yang pernah dilakukan pada zaman dulu. Yuk, simak, tapi jangan ditiru, ya!

1. Madu

Madu memang dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan imunitas, mengobati infeksi, hingga mencegah penyakit jantung. Namun, tahukah kamu bahwa madu dulunya dimanfaatkan sebagai alat kontrasepsi?

Para perempuan yang hidup di zaman Mesir Kuno mengandalkan madu, daun akasia, dan bahan-bahan herbal lainnya untuk mencegah kehamilan. Bukannya untuk dimakan, bahan-bahan tersebut dibungkus dengan serat tipis atau wol untuk dimasukkan ke dalam vagina. 

Mereka percaya cara tersebut akan menghalangi masuknya sperma ke dalam rahim. Walaupun begitu, tidak ada yang bisa membuktikan efektivitasnya. Terlebih, cara tersebut malah berpotensi untuk menimbulkan iritasi pada vagina. 

2. Lemon

Bahan berikutnya yang dulu banyak digunakan untuk mencegah kehamilan adalah lemon. Pada tahun 1700-an, masyarakat menganggap bahwa tingkat keasaman lemon bisa membunuh sperma. Oleh karena itu, perempuan pun menggunakan potongan buah tersebut untuk dimasukkan ke dalam vagina, bahkan hingga menyentuh area serviks. 

Metode ini diyakini efektif untuk mencegah kehamilan. Namun, tentu saja cara ini sangat berisiko dan bisa membahayakan kesehatan reproduksi. Sebab, asam dalam lemon bisa mengganggu pH vagina.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here