Setiap orang memiliki waktu-waktu berhubungan yang berbeda. Biasanya laki-laki lebih menyukai morning sex karena sering merasa terangsang saat bangun tidur. Berbeda dengan kebanyakan perempuan yang lebih menyukai evening sex karena merasa malam hari adalah waktu yang santai setelah semua pekerjaan rumah selesai. Jadi sebenarnya kapan ya waktu yang tepat untuk berhubungan dengan pasangan? Dilansir dari Psychology Today, ini penjelasannya.

Perbedaan testosteron

Pada laki-laki, pagi hari lonjakan testosteron yang mereka alami mulai pukul 6 sampai 9 pagi. Sehingga mereka sering memanfaatkan ereksi pagi hari dan menyukai morning sex. Berbeda dengan perempuan, justru saat pagi hari perempuan mengalami jumlah testosteron terendah saat pagi hari.

Perbedaan siklus hormon

Laki-laki mengalami perbedaan 20-25% testosteron setiap harinya di pagi hari, sehingga mereka sangat terangsang untuk melakukan morning sex. Berbeda dengan perempuan yang siklus perubahan testosteron nggak terjadi signifikan setiap hari. Perubahan testosteron yang signifikan terjadi setiap bulan yang meningkat di pertengahan bulan saat ovulasi, walaupun memang nggak setinggi laki-laki jumlah peningkatannya.

Kebersihan

Kapan Sih Waktu Terbaik untuk Seks? Ini Bocorannyathehealthsite.com

Bagi perempuan kebersihan adalah hal yang utama. Sehingga ketika perempuan melakukan seks di pagi hari mereka merasa kurang nyaman karena aroma napas pagi hari dan aroma nggak sedap yang muncul sejak semalaman. Bagi laki-laki, mereka nggak terlalu memedulikan alasan-alasan ini karena mereka sudah merasa nyaman dengan pasangannya saat sudah semalaman bersama di ranjang.

Morning sex atau evening sex adalah hal yang bisa dibicarakan dengan pasangan. Kalian bisa menjadwalkan kapan saja kalian akan melakukan hal tersebut agar kalian merasa mendapatkan keinginan yang sama. Untuk bisa merangsang keinganan pasangan untuk melakukan morning sex atau evening sex, kamu bisa mendorong hasratnya dengan cara ini.

Kapan Sih Waktu Terbaik untuk Seks? Ini Bocorannyahlguru.com

Morning Sex

1. Fokus pada keuntungan yang didapat

Pada laki-laki biasanya mereka merasa sangat emotionally attached ketika sudah melakukan morning sex. Nah, kamu bisa fokus pada keuntungan ini karena bisa membahagiakan pasangan dan membuatnya merasa semakin mencintaimu. Kamu bisa mencari keuntungan-keuntungan lain yang bisa kamu dapat dengan melakukan morning sex dengan pasangan.

2. Mulai secara perlahan

Luangkan waktu untuk saling berpelukan dan saling memuji. Menurut Gabrielle Downey, ginekolog dan peneliti Inggris mengatakan bahwa perempuan sangat mudah insecure dengan penampilan tubuhnya. Saat bangun tidur perempuan cenderung nggak percaya diri karena rambutnya yang acak-acakan dan aroma tubuhnya. Maka dari itu sebaiknya sebelum melakukan morning sex, laki-laki memuji penampilan perempuan terlebih dahulu agar mereka merasa intim.

3. Tidur lebih awal

Kurang tidur akan menurunkan jumlah testosteron kedua pasangan dan juga memengaruhi hasrat hubungan seksualnya. Tidur yang cukup adalah salah satu hal yang harus dijaga karena menyeimbangkan maksimal hormon yang bekerja dan membatasi hormon stres kartisol yang bisa mengganggu hasrat hubungan seksual.

Evening Sex

1. Menonton pertandingan olahraga yang kompetitif

Peneliti menemukan bahwa menonton pertandingan olahraga yang menegangkan akan menaikkan hormon testosteron laki-laki dan menjadikannya lebih agresif. Kamu bisa mengajaknya untuk meningkatkan gairahnya di malam hari.

2. Bangun antisipasi

Mengantisipasi turunnya hormon testosteron karena seharian berkegiatan, sebaiknya jangan lupa untuk mengirim pesan-pesan romantis yang bisa membangun emosional keintiman dengan pasangan. Hubungan seks nggak hanya dari meningkatnya jumlah testosteron, namun dari emosi yang terjalin dengan pasangan.

3. Olahraga bersama di malam hari

Olahraga yang dilakukan 30 sampai 40 menit di malam hari bisa meningkatkan jumlah testosteron pada laki-laki. Setelah selesai olahraga laki-laki akan merasa sangat bergairah karena olahraga yang dilakukan. Sehingga hal ini bisa menjadi salah satu rangsangan untuk melakukan evening sex dengan pasangan.

Seks bukan sekadar memuaskan diri, namun tentang bisa saling mendapatkan kepuasan yang sama. Karena setiap orang memiliki waktu favoritnya masing-masing, kamu dan pasangan juga bisa membicarakannya secara jujur dan sama-sama mengerti. Sesekali mengalah demi membahagiakan pasangan juga akan menimbulkan emosi yang kuat di antara kalian berdua. Karena yang paling penting adalah kalian sama-sama merasakan kesenangan dan kebahagiaan yang sama. 

Baca Juga: Morning Sex, Ternyata Nikmat dan Bermanfaat Bagi Kesehatan