Ejakulasi dini adalah suatu kondisi ketika seorang laki-laki ejakulasi atau mengeluarkan sperma terlalu cepat saat melakukan hubungan seksual. Kondisi ini dapat mengakibatkan nggak tercapainya klimaks atau kepuasan seksual pada pasangan atau pada laki-laki itu sendiri. Ejakulasi dini merupakan keluhan hubungan seks yang biasa ditemui. Setidaknya satu dari tiga laki-laki pernah mengalami hal ini. 

Memang nggak ada batasan yang pasti kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk dikatakan normal untuk ejakulasi. Ketika waktu ejakulasi nggak mencapai dari dua menit hal ini bisa dikatakan ejakulasi dini. Ejakulasi dini juga bisa membuat kecemasan dan menjadi sebuah masalah penting. Untungnya, masalah ejakulasi dini bisa dicegah sebelum terjadi.

Mencegah Ejakulasi Dini

1. Nikmati foreplay

Ejakulasi Dini dan Cara Mencegahnyaarogyadham.in

Banyak yang masih menganggap kalau foreplay bukan momen yang terlalu penting. Padahal nyatanya foreplay salah satu hal bisa mencegah ejakulasi dini seorang laki-laki. Saat seorang pasangan menikmati waktu foreplay-nya, hal ini membuat durasi hubungan seksual mereka menjadi lebih panjang. Seks nggak melulu tentang mencapai klimaks atau “keluar” namun bagaimana seorang pasangan membangun keintimannya di momen-momen tertentu.

2. Alihkan pikiran

Saat berhubungan seks, kadang kita sering terdistraksi dengan hal-hal yang sebenarnya nggak penting. Tiba-tiba terpikirkan makanan atau jawaban dari pertanyaan konyol. Ternyata mengalihkan pikiran seperti ini sesekali bisa mengulur waktu ejakulasi dan melatih laki-laki untuk mencegah ejakulasi dini.

3. Komunikasikan dengan pasangan

Ejakulasi Dini dan Cara Mencegahnyabustel.com

Salah satu hal yang paling penting dalam berhubungan seks dengan pasangan adalah dengan cara berkomunikasi. Nggak hanya urusan di luar seks saja, namun mengomunikasikan apa yang disuka dan nggak disuka saat di ranjang adalah penting. Hal ini membuat seorang pasangan bisa mendapatkan kenikmatan sosial yang seimbang. Jangan ragu untuk merubah posisi saat berhubungan karena hal ini akan mengulur masa ejakulasi dan membuat momen keintimanmu lebih lama. 

4. Cari tahu penyebabnya

Ejakulasi Dini dan Cara Mencegahnyastuff.co.nz

Kalau sudah melakukan melakukan cara di atas namun masih merasa sulit mengontrol, kamu harus coba menganalisa sendiri penyebabnya. Apakah penyebabnya karena masalah fisik, psikologis atau ada masalah di hubungan kalian? Kalau kamu merasa sudah butuh bantuan orang lain, jangan ragu untuk konsultasi pada ahlinya. Segera buat janji dengan dokter atau psikolog untuk mendapatkan solusi yang tepat untuk menindaklanjuti ejakulasi dini yang kamu alami.

Kehilangan kontrol saat ejakulasi sebenarnya nggak masalah kalau hanya sesekali. Namun yang mengkhawatirkan ketika kehilangan kontrol saat ejakulasi berlangsung terus menerus. Hal ini akan menurunkan performa hubungan seks pada laki-laki dan menjadikan hubungan menjadi nggak puas juga bagi perempuan. Maka dari itu, kalau sudah merasa ejakulasi dini yang dialami di luar batas normal, coba cari cara untuk mencegah ejakulasi dini yang kamu alami. 

Baca Juga: 7 Kebiasaan Pasangan yang Buat Seks Selalu Intim