Saat kamu mendengar kata BDSM, apa yang kamu ketahui? Kebanyakan orang akan langsung teringat adegan yang ada di Fifty Shades of Grey meskipun sebagian orang juga menyatakan jika film tersebut nggak merepresentasinya BDSM seutuhnya. BDSM adalah singkatan dari Bondage, Discipline, Dominance dan Submission, Sadism dan Masochism. Hal ini mengartikan sebagai perilaku dan gaya hidup seksual. Yuk kita bahas satu persatu yang dimaksud BDSM.

Bicara Seks, Jadi Sebenarnya Apa Sih yang Dimaksud dengan BDSM?Kentwired.com/LaQuann Dawson

Bondage atau perbudakan melibatkan orang yang lain yang seakan-akan sebagai tahanan. Biasanya kegiatan ini menggunakan pengikat tangan. Bisa dengan borgol atau tali dengan ikatan yang rumit (shibari). Discipline atau disiplin adalah kegiatan bermain dengan pukulan atau semacam peran disiplin lainnya saat melakukan aktivitas seksual.

Dominance adalah orang yang mendominasi atau menguasai. Submission atau penyerahan adalah peran orang yang menyerah atau sebagai orang yang tunduk. Tapi bukan berarti ketika seseorang yang sedang berperan menjadi orang yang tunduk nggak memiliki kontrol dalam permainan, karena mereka juga bisa menghentikan permainannya secara tiba-tiba. Sadism adalah orang yang menikmati memberikan rasa sakit dan Masochism adalah orang yang menikmati rasa sakit yang di terimanya.

Bicara Seks, Jadi Sebenarnya Apa Sih yang Dimaksud dengan BDSM?Gizmodo.com.au/Jim Cooke

Ketika seseorang menyukai bagian Bondage dan Dicipline nggak berarti dia juga harus menyukai bagian Sadism atau Masochasim begitu pula sebaliknya. Tiap orang berhak memilih permainan apa yang mereka suka. Berpetualanglah dengan permainan kamu sendiri. Dan jangan lupa harus dengan keputusan kedua belah pihak.

Banyak orang yang menyalahartikan kegiatan BDSM. Banyak yang mengartikannya sebagai kekerasan dan pelecehan perempuan. Namun kalau kamu memang bermain dengan persetujuan dengan satu sama lain dan kamu memang menyukainya sebagai kesenangan seksual nggak salah ketika kamu melakukannya. BDSM memiliki tingkatan yang berbeda tiap orang. Dilihat sejauh apa seseorang menyetujui untuk melakukan permainan BDSM ini.

Baca Juga: Menyenangkan atau Menyakitkan? 5 Fakta BDSM yang Jarang Diungkap