Bercinta dengan pasangan menjadi momen yang begitu menyenangkan dan dapat membuat hubungan suami istri menjadi lebih intim. Hubungan seks tentunya membawa kebahagiaan dan kenikmatan saat melakukannya. Sayangnya, sesi bercinta kadang tak berjalan mulus dan sesuai ekspektasi.

Kendala saat bercinta yang mungkin dialami adalah pasangan sulit untuk ereksi atau mengalami disfungsi ereksi. Disfungsi ereksi adalah ketidakmampuan penis untuk mencapai atau mempertahankan ereksi saat melakukan hubungan seksual. Hal ini dapat diakibatkan oleh beberapa faktor seperti bertambahnya umur, pola makan, stres berat, pengaruh obat, gaya hidup, dan juga bagaimana suami menjaga kesehatan tubuhnya.

Tak perlu malu jika misalnya suami tak bisa 'maksimal' saat bercinta. Di bawah ini, Popbela telah merangkum beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar pasangan tetap bergairah dan ereksi saat berhubungan seks. Simak, yuk!

1. Coba posisi seks baru

9 Cara Membuat Suami Tetap Ereksi saat Berhubungan Seksfreepik.com/kuzmichstuido

Posisi bercinta yang baru atau mungkin belum pernah dilakukan sebelumnya, dapat membuat suasana menjadi lebih panas. Gaya dan teknik baru dibutuhkan untuk membuat pasangan saling bergairah dan tak ingin lepas satu sama lain. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk menggunakan pose atau teknik bercinta yang tidak pernah dicoba sebelum nya. Hal ini dilakukan agar pasangan bisa terus bersemangat untuk eksplorasi kehidupan seks di atas ranjang.

Meskipun terkesan sederhana dengan berganti gaya posisi seks, ternyata ini dapat menciptakan suasana baru agar lebih bergairah, lho. Misalnya mengubah gaya posisi bercinta atau mencoba lokasi baru yang tidak hanya di kamar, seperti di ruang tamu atau di dalam mobil. Apakah kamu dan pasangan merasa tertantang, Bela? 

2. Memakai kondom

9 Cara Membuat Suami Tetap Ereksi saat Berhubungan SeksPexels.com/Cottonbro

Kalau kamu atau suami berpikir memakai kondom akan mengurangi kenikmatan bercinta, itu hanya mitos, Bela. Faktanya kondom justru bisa mempertahankan ereksi lebih lama. Saat ini kondom hadir dengan teknologi terkini, dari yang super tipis hingga yang bergerigi. Ada pula kondom yang dilengkapi dengan cairan yang khusus yang bisa membuat performa laki-laki lebih tahan lama. 

3. Lakukan foreplay lebih lama dari biasanya

9 Cara Membuat Suami Tetap Ereksi saat Berhubungan Seksfreepik.com/nomadsoul1

Apakah Bela tahu, ternyata melakukan foreplay dapat menjadi cara yang cukup ampuh yang bisa dilakukan pasangan untuk memperpanjang durasi hubungan seks, lho. Agar hubungan seks dapat tetap bergairah, ada baiknya untuk membiarkan suasana menjadi lebih panas sekaligus lebih romantis terlebih dahulu.

Cobalah untuk melakukan pemanasan dengan foreplay yang lebih erotis diantara kamu dan pasangan. Beri waktu dan biarkan suami menikmati setiap rangsangan yang diterimanya ketika foreplay. Dengan begitu, ketegangan penisnya akan terjaga hingga nanti momen untuk penetrasi. Selain dapat membuat suami on lebih lama, durasi foreplay juga membuat wanita berpeluang lebih besar untuk mencapai orgasme, lho. 

4. Lebih banyak kontak mata

9 Cara Membuat Suami Tetap Ereksi saat Berhubungan Seksfreepik.com/racool_studio

Cara lain yang dapat digunakan untuk memperpanjang durasi hubungan seks adalah dengan melakukan kontak mata. Kok, bisa? Ternyata melakukan kontak mata berguna untuk membuat suasana terasa jauh lebih intim dan hubungan seks pun dapat dilakukan dengan jauh lebih baik, lho. Hal ini akan membuat hubungan di antara kamu dan suami menjadi lebih intim dan dalam. Mulailah untuk saling memperhatikan satu sama lain ketika melakukan hubungan intim. Kontak mata juga bisa membuat kamu lebih terhubung dengan pasangan.  

5. Tanamkan rasa percaya saat bercinta

9 Cara Membuat Suami Tetap Ereksi saat Berhubungan SeksFreepik.com/Jcomp

Rasa percaya di antara pasangan menjadi hal yang penting di dalam hubungan suami istri, terutama saat bercinta. Saat bercinta, tentunya kamu ingin memberikan pelayanan terbaik dan ingin memuaskan pasangan di atas ranjang. Begitu pula yang dialami oleh pasangan kamu. Percayakan bahwa kalian telah mencoba memberikan yang terbaik satu sama lain saat berhubungan seks. Jangan memberikan tekanan pada pasangan dalam berhubungan seks. Hal ini hanya akan membuat sesi bercinta menjadi tidak nyaman dan penuh kecurigaan. Duh, jangan sampai, ya, Bela. 

6. Jalani gaya hidup sehat

9 Cara Membuat Suami Tetap Ereksi saat Berhubungan SeksPexels.com/Andrea Piacquadio

Menjalani gaya hidup sehat memang banyak manfaatnya dan ternyata ini juga dapat menunjang kualitas hubungan seksual kamu dan pasangan, lho. Untuk laki-laki yang menerapkan pola hidup sehat, aliran dan sirkulasi darah khususnya pada area penis menjadi lebih sehat sehingga membuat penis bisa ereksi lebih lama.

Contohnya bagi laki-laki yang gemar merokok, maka ia harus mempertimbangkan kebiasaannya itu. Merokok merusak sirkulasi darah, yang pada akibatnya bisa membuat penisnya gagal ereksi. Olahraga juga dapat meningkatkan kadar testosteron, yang membuat laki-laki jadi lebih terangsang, yang nantinya bisa membuat ereksi lebih tahan lama.

7. Berikan dukungan

9 Cara Membuat Suami Tetap Ereksi saat Berhubungan Seksfreepik.com

Keadaan disfungsi ereksi sebenarnya cukup membuat suami malu dan sedih. Maka dari itu, berikan dukungan untuk suamimu, ya. Untukbisa mengimbangi dan menghindari agar suami tidak banyak berpikir negatif, cobalah untuk lebih ekspresif dan tidak canggung dalam memuji suami. Seperti saat berhubungan seks, ungkapkan kenikmatan yang kamu rasakan sehingga dia tahu bahwa dia melakukannya dengan benar. Dukungan menjadi hal yang diperlukan agar suami tidak terpuruk dan semua dapat terlewati dengan baik. Jangan sampai membuat suami semakin sedih dengan keadaannya, ya, Bela. 

8. Melakukan senam kegel

9 Cara Membuat Suami Tetap Ereksi saat Berhubungan Seksfreepik.com/eddows-animator

Senam kegel tidak hanya untuk perempuan saja, lho. Senam ini dipercaya bisa memaksimalkan performa dan menjaga ereksi tahan lama saat berhubungan seks. Di dalam bagian tubuh terdapat otot pubococcygeus atau otot PC. Otot ini dapat membantu ejakulasi menjadi lebih terkontrol saat bercinta. Minta suami untuk melakukan latihan ini secara rutin selama satu sampai dua kali untuk menambah durasi saat bercinta. Caranya mudah, kok, tahan dan lepaskanlah otot pc selama 10 detik. Lakukan secara berulang sebanyak tiga set. Jika ingin hasil yang jauh lebih maksimal, maka tak ada salahnya untuk memperbanyak latihan, ya. 

9. Ekspresikan rasa cinta saat berhubungan seks

9 Cara Membuat Suami Tetap Ereksi saat Berhubungan Seksfreepik.com/bilahata

Penting untuk menunjukkan rasa cinta saat kamu dan suami berhubungan seks, terlebih saat kondisi suami yang susah mempertahankan ereksinya. Saat ini suami membutuhkan dukungan dan cinta dari pasangan. Mengekspresikan rasa cinta lewat aktivitas seksual tidak harus selalu dengan penetrasi. Kamu bisa melakukan cara lain agar bisa lebih intim dengan suami. Ciptakan suasana penuh kepedulian dan kelembutan. Lalu kamu dan suami bisa melakukan foreplay atau saling menjelajah tubuh masih-masing. Seru bukan? 

Gagal ereksi bukan berarti akhir dari hubungan intim kamu dan suami. Jangan pula menyalahkan diri sendiri dan menganggap gagal membuat suami bergairah. Ingatlah bahwa ketika suami kamu kesulitan untuk menahan ereksi, ia merasa lebih buruk darimu. Kamu dapat untuk terus memberinya dukungan dan cinta agar hal ini dapat kalian lewati dengan baik.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat suami tetap ereksi saat berhubungan seks. Semoga berhasil!

Baca Juga: Pria Wajib Tahu! Disfungsi Ereksi Saat Pandemi dan Pengobatannya

Baca Juga: 10 Makanan yang Bisa Mengatasi Ejakulasi Dini

Baca Juga: Kenali Outercourse, Cara Lain Berhubungan Seks Tanpa Penetrasi