Seks adalah aktivitas yang paling menyenangkan di awal pernikahan. Tapi seiring berjalannya waktu, seks menjadi rutinitas yang kurang bermakna. Alih-alih menjadi sarana mendekatkan diri, seks hanya dilihat sebagai pemuas kebutuhan dasar pasangan dewasa. 

Padahal seks memegang peranan besar dalam keutuhan rumah tangga, lho! Tak sekadar sentuhan fisik biasa, seks bisa menjadi sarana komunikasi bahkan media spiritual. Kalau setelah satu-dua tahun menikah dan seks kita jadi hambar, mungkin cara-cara ini bisa dicoba.

1. Buat jadwal bercinta

Menjaga Sex Life Setelah Cukup Lama Menikahfreepik.com/baitelman

Pas kita pengen dia nggak pengen, begitupun sebaliknya. Kalau sama-sama menunggu, kapan bisa terealisasi?

Emily Nagoski seorang pengarang buku laris "Comes as You Are: The Surprising New Science That Will Transform Your Sex Life", mengatakan bahwa pasangan yang awet selalu menjadikan seks sebagai prioritas dalam hubungan. Caranya dengan membuat jadwal rutin.

Tentu jadwalnya tidak harus kaku, bisa disesuaikan dengan mood atau kesibukan. Misalnya cukup sepakati frekuensi dalam satu minggu, bukan menentukan harinya.

2. Apresiasi tubuh sendiri

Menjaga Sex Life Setelah Cukup Lama Menikahpixels.com/Burst

Sering kali gairah seks menurun karena kita merasa sudah tidak lagi menarik seperti saat awal-awal menikah. Karena itu kegiatan seperti yoga atau olahraga lainnya yang bisa meningkatkan apresiasi terhadap diri sendiri sangat dibutuhkan. 

Sebelum bisa membuat orang lain tertarik, tentu kita harus merasa diri kita menarik lebih dulu bukan?

3. Lakukan aktivitas menantang

Menjaga Sex Life Setelah Cukup Lama Menikahfortune.com

Percaya atau tidak, aktivitas yang membuatmu takut atau tertantang seperti menaiki permainan di amusement park bisa meningkatkan gairah seks. Sunny Megatron dalam American Sex Podcast menyebutkan bahwa aktivitas menantang akan meningkatkan dopamin. Senyawa kimia ini berkaitan dengan passion romantisme yang akan memperbaiki kualitas 'ranjang' kita.

4. Berbicara seks secara mendalam

Menjaga Sex Life Setelah Cukup Lama Menikahstocksy.com/ Mihajlo Ckovric

Ajak pasangan untuk berbicara tentang seks secara mendalam. Gali apa yang dia suka dan tidak suka. Lalu ungkapkan juga apa yang kita suka dan tidak suka. Lalu bersepakatlah untuk melakukan eksplorasi baru dalam melakukan seks.

Kebanyakan pasangan merasa kehidupan seksnya membosankan sebelum berusaha untuk mengkomunikasikannya dengan pasangan. Padahal kunci utama seks yang menyenangkan adalah komunikasi yang baik. Bahkan ketika sudah dibicarakan berdua dengan baik dan belum ada solusinya, kita bisa menemui terapis seks dulu sebelum menjudge bahwa kehidupan seks kita membosankan. 
 

Baca Juga: 5 Tips Agar Kehidupan Seks Kamu Lebih Berwarna