Meskipun sudah sah menikah, nyatanya nggak semua pasangan suami istri memiliki rasa nyaman secara seksual dengan pasangan masing-masing. Nyaman di luar kamar, bukan berarti suami istri juga bisa merasa nyaman saat berhubungan seks di kamar.

Lalu, tanda kenyamanan secara seksual seperti apa, sih? Nah, di bawah ini Popbela berikan 7 tanda yang mengisyaratkan kalau kamu sudah merasa sangat nyaman dengan pasangan saat sedang melakukan hubungan intim.

1. Nggak segan membicarakannya

Ini 7 Tanda Kamu Sudah Nyaman Secara Seksual dengan Pasangan Pexels.com/Pavel Danilyuk

Kalau ada hal-hal yang kamu atau pasangan suka atau nggak suka, diinginkan atau nggak diinginkan, kalian nggak segan untuk membicarakannya di luar kamar. Obrolan tentang seks bukan hal yang tabu untuk kalian.

"Tidak semua orang siap untuk seks. Dengan terbuka membicarakannya, ini akan mencegah kalian menghadapi trial and error yang canggung saat berhubungan seks,” jelas Amy Levine, seorang pelatih seks.

2. Nggak terburu-buru saat bercinta

Ini 7 Tanda Kamu Sudah Nyaman Secara Seksual dengan Pasangan Freepik.com

Bagian yang membuat seks lebih nyaman adalah bisa merasakan bagaimana pasangan merespons hal-hal yang kamu lakukan—dan sebaliknya—sehingga kalian tahu apa yang benar-benar dinikmati dan nggak.

Jika suami istri sering meluangkan waktu untuk menjelajahi tubuh pasangan dan memelajari apa yang membuat pasangan bergairah, itu artinya mereka sudah nyaman secara seksual.

3. Nggak mau ada gangguan

Ini 7 Tanda Kamu Sudah Nyaman Secara Seksual dengan Pasangan freepik.com/utabizphoto

Gangguan di sini misalnya televisi yang masih menyala atau nggak mematikan ponsel. Kalau saat menonton film, ada adegan yang membuatmu dan pasangan bergairah sehingga perhatian jadi teralihkan, ini mungkin nggak masalah. Tapi, kalau pasangan perlu menyalakan televisi saat bercinta dengan berbagai alasan, itu artinya dia belum nyaman secara seksual.

4. Nggak takut menginterupsi saat bercinta

Ini 7 Tanda Kamu Sudah Nyaman Secara Seksual dengan Pasangan freepik.com/gpointstudio

Kalau kamu berani bilang “Sepertinya posisi ini nggak enak untuk aku. Coba seperti ini” di tengah-tengah sesi bercinta, itu tanda kamu sudah merasa nyaman dengan pasangan secara seksual.

Mengapa? Karena kamu nggak takut dia tersinggung dan ini sebenarnya bermanfaat untuk kalian berdua karena nggak ada yang perlu berpura-pura menikmati seks, padahal sebenarnya nggak.

5. Bisa saling memberikan “arahan” dengan nyaman

Ini 7 Tanda Kamu Sudah Nyaman Secara Seksual dengan Pasangan Pexels.com/Iryna Khamulyak

Pasangan nggak mungkin tahu kalau kamu lebih suka disentuh di bagian tertentu kalau kamu nggak memberikan “arahan” kepadanya.

"Kadang-kadang pasangan nggak bisa menangkap isyarat seksual dan sinyal non-verbal, jadi lebih baik kamu secara terbuka memberitahu dan memberikan petunjuk padanya,” kata Dr. Kat Van Kirk, terapis dan pakar seks.

6. Berhubungan seks dengan lampu menyala

Ini 7 Tanda Kamu Sudah Nyaman Secara Seksual dengan Pasangan dok.internet

Ini tandanya kamu dan pasangan sudah merasa nyaman dengan tubuh masing-masing dan tubuh pasangan sehingga nggak merasa ada yang perlu disembunyikan dengan suasana gelap di kamar. Justru dengan lampu menyala, suami istri bisa melihat ekspresi pasangan saat berhubungan seks, yang bukan nggak mungkin bisa membuat sesi bercinta semakin menggairahkan.

7. Nggak merasa gugup sebelum berhubungan seks

Ini 7 Tanda Kamu Sudah Nyaman Secara Seksual dengan Pasangan muscleandfitness.com

Kalau kamu gugup karena mungkin akan mencoba posisi baru dengan pasangan, ini hal yang wajar. Tapi, kalau kamu merasa gugup karena takut melakukan kesalahan atau membuat pasangan nggak puas, ini yang jadi masalah.

Pasangan suami istri yang sudah nggak pernah gugup sebelum berhubungan seks dan justru merasa excited karena bisa mengeksplor tubuh pasangannya, ini tanda keduanya sudah merasa nyaman secara seksual satu sama lain.

Itulah beberapa tanda yang menunjukkan pasangan suami istri yang sudah nyaman secara seksual. Semoga kamu dan pasangan sudah merasakannya, ya!

Baca Juga: Mengenal Revenge Porn, Aksi Kekerasan Seksual Berbasis Digital

Baca Juga: Ini 8 Tips untuk Membangkitkan Gairah Seksual yang Menurun

Baca Juga: 10 Titik Saraf Pembangkit Gairah Seksual Wanita