Seks setelah operasi caesar bisa sangat menakutkan. Kamu mungkin ingin melindungi perut bekas operasi dengan segala cara. Bahkan setelah dokter memperbolehkan, bekas luka serta area di sekitarnya bisa terasa sakit. Kamu pun masih ragu untuk berhubungan seks, karena masih merasa khawatir.

Kapan boleh berhubungan seks setelah operasi caesar?

6 Posisi Seks Aman Setelah Operasi Caesar dan Kapan Boleh BercintaOleg Ivanov/Unsplash

Selama enam minggu pertama setelah operasi, dokter akan meminta kamu untuk mengistirahatkan panggul, yang artinya tidak ada yang boleh masuk ke dalam vagina. Baik itu tampon, douching, berenang di kolam renang, dan tentu saja berhubungan seks.

“Biasanya pada kunjungan enam minggu pasca persalinan, kamu akan diperiksa dan kemudian Anda akan diberi lampu hijau untuk berhubungan seks lagi. Namun, hanya karena kamu diberi lampu hijau tidak berarti kamu harus melakukannya, sampai benar-benar siap melakukannya,” kata OB-GYN Dr. Sherry Ross, M.D.

Sayangnya, hubungan seksual bisa terasa menyakitkan pada awalnya. Beberapa penyebabnya adalah penyembuhan bekas luka operasi caesar di perut bagian bawah, payudara yang terlalu besar dan sakit karena menyertai menyusui, transformasi fisik tubuh, dan roller-coaster emosional yang terkait dengan periode pasca persalinan.

Setelah lebih dari enam minggu dan kamu sudah merasa siap untuk berhubungan seks, pikirkan posisi seks yang nyaman dilakukan dan yang harus dihindari setelah operasi caesar. Komunikasikan secara terbuka dan jujur ​​dengan pasangan sehingga dia mengerti persis apa yang kamu alami.

Posisi seks yang harus dihindari setelah operasi caesar

6 Posisi Seks Aman Setelah Operasi Caesar dan Kapan Boleh Bercintafreepik.com/dusanpetkovic

Hal yang paling penting untuk diingat adalah menunggu sampai Bela benar-benar pulih dari rasa sakit bekas sebelum mencoba berhubungan seks. OB-GYN Dr. Barbara McLaren, M.D. mengatakan, “Periode pemulihan ini sangat penting untuk penyembuhan yang tepat dan menghindari komplikasi. Setelah pulih sepenuhnya, melakukan kembali seks mungkin butuh kreativitas dan juga kesabaran.”

Ia menyarankan mulai dengan posisi yang membuatmu bisa mengontrol kedalaman penetrasi. Jika terasa sakit atau tidak nyaman, ubah posisi atau berhenti. Jangan ragu untuk berhenti karena ini semua untuk kebaikan tubuhmu.

Faktor lain yang berkontribusi terhadap kenyamanan saat kembali berhubungan seks adalah apakah kamu sedang menyusui atau . Barbara bilang, vagina pada ibu menyusui mungkin menipis, kering, dan bahkan teriritasi. Ia merekomendasikan pelumas berbahan dasar air untuk membantu seks agar terasa nyaman.

Untuk posisi seks, berikut adalah beberapa posisi yang sama sekali tidak direkomendasikan oleh para dokter untuk dilakukan setelah operasi caesar:

  • Doggy style: Posisi yang melibatkan penetrasi lebih dalam ini bisa jadi tidak nyaman dan harus dihindari.
  • Traditional missionary: Posisi pasangan di atas akan memberi tekanan ekstra pada bekas luka operasi caesar.
  • Standing up atau Berdiri: Posisi ini juga dapat memberi banyak tekanan pada tubuhmu dan sebaiknya dilewati.
  • Standing penetrating partner: Memang gesekan pada bekas luka jika kamu berbaring di tepi tempat tidur dan pasangan melakukan penetrasi dengan berdiri akan lebih sedikit, tetapi penetrasi terjadi terlalu dalam dan ini tidak dianjurkan.

6 Posisi seks yang aman dan nyaman dilakukan setelah operasi caesar

1. Sensual spooning

6 Posisi Seks Aman Setelah Operasi Caesar dan Kapan Boleh BercintaWe-Vibe Toys/Unsplash

Posisi seks ini tidak hanya intim, tetapi juga bagus saat dirimu pulih dari operasi caesar.

"Berbaring miring mungkin terbukti menjadi salah satu [posisi] paling nyaman untuk penyembuhan bekas luka operasi caesar dan rahim," kata Sherry.

Kamu cukup meminta pasangan berbaring di belakangmu, lalu tekan bagian belakang tubuh ke arah pasangan atau coba mengangkat kaki agar lebih banyak stimulasi g-spot yang didapatkan. Posisi seks ini juga membuat tangan tangan bebas memberikan stimulasi klitoris.

Tidak ada tekanan pada perut atau bekas luka dan kamu tidak perlu menggunakan otot inti tersebut selama hubungan seksual. Plus, sensual spooning sangat seksi dan intim sehingga kamu benar-benar dapat menikmatinya.

2. Reverse cowgirl

6 Posisi Seks Aman Setelah Operasi Caesar dan Kapan Boleh BercintaPexels.com/Yan Krukov

Posisi ini sebenarnya masih bisa memberikan sedikit tekanan pada bekas luka, terutama jika kamu Anda menekan panggul pasangan. Jadi, cobalah beberapa penyesuaian saat melakukannya.

“[Reverse cowgirl] bisa menjadi posisi yang membuatmu memiliki lebih banyak kontrol dan kenyamanan. Kamu bisa mengontrol seberapa kuat, seberapa cepat, dan tekanan seperti apa saat melakukan penetrasi. Ini bagus untuk membantu dirimu mempelajari batas seks yang baru,” jelas Sherry.

3. Straddle the saddle

6 Posisi Seks Aman Setelah Operasi Caesar dan Kapan Boleh Bercintafreepik.com/lookstudio

Cara agar posisi seks ini bisa membuatmu lebih nyaman setelah operasi caesar adalah dengan meminta pasangan menyilangkan kaki dan bersandar pada lengannya. Dengan begitu kamu bisa menyandarkan diri ke arahnya dan meletakkan tangan di bahunya.

Posisi seks ini menawarkan lebih banyak kontrol tanpa tekanan atau gesekan pada area bekas luka. Jadi, kamu akan merasa lebih nyaman dan lebih menikmati saat berhubungan seks.

4. Sitting up

6 Posisi Seks Aman Setelah Operasi Caesar dan Kapan Boleh BercintaPixabay.com/StockSnap

Posisi seks ini hampir sama seperti di atas. Perbedaannya adalah kaki pasangan tidak disilangkan dan tubuh bagian atasnya duduk lebih tegak. Sherry bilang posisi ini bisa membuat kamu nyaman saat berhubungan seks setelah menjalani operasi caesar.

Meskipun tubuhmu mendapatkan sedikit tekanan saat melakukan penetrasi, tetapi tetapi tidak akan terlalu banyak. Selain itu, kamu juga bisa mengontrol seberapa keras atau cepat gerakan penetrasi untuk melindungi bekas luka operasi.

5. Kneeling missionary

6 Posisi Seks Aman Setelah Operasi Caesar dan Kapan Boleh Bercintafreepik.com/yanalya

Versi tradisional dari posisi misionaris ini membutuhkan banyak beban pada tubuh. Namun, dengan modifikasi sederhana, kamu dapat mengubahnya menjadi posisi yang sangat nyaman dan seksi. “Posisi seks ini sangat bagus untuk hubungan intim itu dan nyaman,” kata Sherry.

Caranya, minta pasangan berlutut dan duduk di atas pergelangan kakinya sehingga dia dapat mengangkat kaki dan panggul saat melakukan penetrasi. Dengan begitu, tubuhnya tidak akan memberikan tekanan atau beban apa pun ke perut tempat bekas operasi caesar. Jika perlu, selipkan beberapa bantal di bawah punggung bagian bawah agar kamu dan pasangan merasa nyaman.

6. Hot hula

6 Posisi Seks Aman Setelah Operasi Caesar dan Kapan Boleh BercintaRon Lach/Pexels

Lagi-lagi ini adalah posisi seks yang membuatmu berada di atas pasangan. Menurut Sherry, posisi seperti ini memang kemungkinan yang paling mudah untuk dilakukan karena kamu bisa memegang kendali penuh saat berhubungan seks.

“[Hal] Yang membedakan posisi Hot Hula dari cowgirl biasa adalah cara kamu bergerak. Kamu akan tetap berada di atas pasangan seperti posisi cowgirl, tetapi kamu akan menggerakkan pinggul dari sisi ke sisi atau berbentuk dalam lingkaran saat melakukan penetrasi,” jelas Sherry.

Itulah beberapa seks yang paling nyaman dan sebaiknya dihindari saat kembali berhubungan seks setelah operasi caesar. Jangan lupa, selalu utamakan keamanan dirimu ya, Bela. Jangan memaksakan diri jika belum siap karena yang terpenting adalah dirmu sendiri.

Baca Juga: 5 Posisi Seks Ekstrem untuk Tingkatkan Gairah saat Bercinta 

Baca Juga: 7 Posisi Seks di Dalam Mobil, Nyaman dan Menggairahkan!

Baca Juga: 7 Posisi Terbaik Saat Bercinta di Dapur, Tetap Intim dan Menantang!