Gairah seks bisa datang dan pergi sesuka hati. Jika di menit ini kamu menikmati foreplay yang panas dengan pasangan, bisa saja beberapa menit kemudian kamu jadi enggan untuk lanjut dengan berhubungan seks. Ini sangat wajar dan kamu nggak perlu merasa bersalah, ya, Bela.

Hanya saja, masalahnya adalah ada laki-laki yang nggak peka, sehingga dia nggak tahu kalau pasangannya sudah hilang mood dan nggak lagi ingin berhubungan seks. Kalau kamu nggak mengatakannya secara terus-terang, bisa jadi kamu justru malah jadi merasa terpaksa saat bercinta dan tentu saja itu bukan hal yang menyenangkan.

Lalu, apa yang bisa kamu lakukan jika sedang enggan berhubungan seks, meskipun sebelumnya sudah making out dengan pasangan? Berikut ini Popbela beritahukan beberapa caranya.

1. Lakukan gerakan yang mengisyaratkan kamu nggak mau melakukannya

5 Hal Bisa Kamu Lakukan Jika Sedang Tak Ingin Berhubungan Seksonthemarket.com/

Menurut Jill Whitney, seorang terapis pernikahan dan keluarga berlisensi, contohnya seperti ini, jika pasangan meletakkan tangannya di tempat yang nggak kamu inginkan, pindahkan tangannya. Jika saat berciuman, keadaan semakin memanas tapi kamu nggak ingin berhubungan seks, hentikan pelan-pelan. Jika kamu berbaring, maka ubah posisi menjadi duduk.

Jika perlu, hentikan sesi making out yang kamu lakukan dengan pasangan, pergi ke kamar mandi atau ruangan lain untuk mengatur napas agar memudahkanmu untuk beralih ke aktivitas lain.

2. Ucapkan dengan kata-kata (yang sopan dan nggak melukai perasaan pasangan)

5 Hal Bisa Kamu Lakukan Jika Sedang Tak Ingin Berhubungan Seksfreepik.com/ chote99

Jika sinyal non-verbal nggak berhasil, maka gunakan sinyal verbal. Kata-kata sebenarnya jauh lebih sulit untuk diabaikan atau salah dimengerti. Mulailah dengan senyuman dan berikan kata-kata sopan untuk memberitahukan kalau kamu sedang nggak ingin berhubungan seks.

Misalnya, kamu bisa bilang, “Aku suka ciumanmu, tapi cuma ini yang mau aku lakukan malam ini” atau “Aku lagi merasa nggak nyaman untuk bercinta”, dan sebagainya. Jika pasanganmu laki-laki yang baik, dia pasti akan mengerti.

3. Jangan melakukan keinginan pasangan dengan terpaksa

5 Hal Bisa Kamu Lakukan Jika Sedang Tak Ingin Berhubungan Seksfreepik.com/ jcomp

Pasangan mungkin akan merayu lebih lanjut agar kamu berubah pikiran dan mau untuk bercinta. Ini sebenarnya nggak salah. Akan menjadi salah jika pasangan memaksa kamu untuk mau berhubungan seks dengannya.

Kamu bisa mengabaikan permintaannya itu dengan keluar dari kamar dan menjauh dari pasangan agar dia juga bisa menenangkan diri. Jika pasangan bertanya, beritahukan saja alasanmu yang paling jujur.

4. Gunakan bahasa yang tegas jika pasangan tetap memaksa

5 Hal Bisa Kamu Lakukan Jika Sedang Tak Ingin Berhubungan Seksfreepik.com/ beststudio

Jika kata-kata sopan nggak membuat pasangan berhenti “memaksa” untuk berhubungan seks, gunakan kata-kata yang lebih tegas dan lebih jelas, seperti "Aku nggak mau melakukan itu" atau "Hentikan" atau “Jangan paksa aku”.

Sekali lagi, jika pasangan benar-benar mencintaimu, dia akan tahu bahwa melakukan pemaksaan nggak akan berakibat baik untuk hubungan kalian. Jadi sudah sewajarnya jika dia memilih mundur dan menghentikan aksinya.

5. Kalau kamu mulai merasa takut, segera keluar

5 Hal Bisa Kamu Lakukan Jika Sedang Tak Ingin Berhubungan SeksPexels.com/Jonathan Borba

Sedihnya, nggak semua laki-laki mau mengikuti kemauan pasangannya saat nggak ingin berhubungan seks. Ada saja laki-laki yang memanfaatkan kekuatannya untuk memaksamu bercinta. Jika cara-cara di atas sudah dilakukan dan itu nggak berhasil, lalu kamu merasa takut dengan pasangan, keluar dari kamar atau rumah..

Pada dasarnya, nggak ada orang yang bisa memaksamu untuk berhubungan seks, apalagi di saat kamu nggak menginginkannya. Lindungi dirimu sendiri dan jika perlu cari pertolongan dari orang terdekat.

Setelah suasana hati dan pikiran lebih dingin, lakukan pembicaraan dari hati ke hati dengan pasangan. Utarakan keberatanmu dengan tindakannya yang memaksa dirimu untuk bercinta di saat kamu enggan melakukannya. Jika perlu, lakukan konseling dengan profesional agar hal ini nggak terulang kembali.

Nah, seperti itulah beberapa cara yang bisa Bela lakukan jika sedang tidak ingin berhubungan seks dengan pasangan. Semoga bisa membantu, ya.

Baca Juga: 7 Fakta Marital Rape, Pemerkosaan dalam Sebuah Pernikahan

Baca Juga: 7 Alasan Perempuan Bertahan di Rumah Tangga yang Penuh Kekerasan

Baca Juga: Mengenal Revenge Porn, Aksi Kekerasan Seksual Berbasis Digital