Ada banyak hal tentang seks yang perlu kamu ketahui, terutama jika ingin melakukan seks yang aman dan menyenangkan bersama pasangan. Apa kamu tahu soal masa subur? Atau mungkin tentang alat kontrasepsi? Bagaimana dengan penyakit menular seksual yang sebisa mungkin harus dihindari?

Kamu dapat mengakses informasi soal seks di internet. Namun, ingat bahwa ada banyak mitos yang turut beredar di medium yang sama, dan banyak yang memercayainya. Coba cek kembali, apa informasi seks yang kamu tahu benar atau nggak? Melansir dari Glamour, berikut adalah mitos dan fakta seputar seks yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya.

1. Kalau belum hamil setelah melakukan seks tanpa pengaman, tandanya kamu nggak subur

Jangan Keliru, Ini 5 Mitos Seks yang Dipercaya Pasangan MudaPexels.com/Jonathan Borba

Sebanyak 59% perempuan muda berpikir kalau mereka infertil atau nggak subur karena belum hamil setelah bercinta tanpa menggunakan alat kontrasepsi. Faktanya, hanya karena belum hamil setelah melakukan seks tanpa pengaman, bukan berarti kamu nggak subur, Bela. Kecuali jika dokter telah mendiagnosis dirimu kurang subur. Jika kamu dan pasangan bercinta tanpa menggunakan alat kontrasepsi secara rutin, sebanyak 85% kesempatanmu untuk hamil di tahun ini.

2. Mengonsumsi pil kontrasepsi lebih berisiko untuk kesehatan perempuan ketimbang hamil atau melahirkan

Jangan Keliru, Ini 5 Mitos Seks yang Dipercaya Pasangan MudaPixabay.com/Gabriela Sanda

Sebuah survei mengungkapkan sebanyak 37% perempuan dewasa muda dan lajang beranggapan kalau mengonsumsi pil kontrasepsi setahun lebih memberikan risiko pada kesehatan perempuan ketimbang hamil dan melahirkan. Benarkah begitu? Faktanya, melahirkan bayi memberikan risiko 20 kali lipat bagi perempuan ketimbang mengonsumsi pil kontrasepsi selama setahun.

3. Memakai dua kondom lebih baik daripada satu saja

Jangan Keliru, Ini 5 Mitos Seks yang Dipercaya Pasangan MudaPixabay.com/Anqa

Tahukah kamu? Sebanyak 28% laki-laki muda percaya kalau menggunakan kondom ekstra dapat memberikan perlindungan lebih baik. Padahal kenyataannya, dua kondom ini dapat memperburuk situasi serta dapat meningkatkan risiko kehamilan. Ketika menggunakan lebih dari satu kondom, gesekan antara lapisan tersebut dapat membuat bahan lateks robek. Gunakan satu kondom secara tepat untuk mencegah kehamilan sekaligus melindungi dari penyakit menular seksual.

4. Posisi standing sex efektif mencegah kehamilan

Jangan Keliru, Ini 5 Mitos Seks yang Dipercaya Pasangan MudaPexels.com/Cottonbro

Ternyata, survei yang dilakukan oleh The National Campaign to Prevent Teen and Unplanned Pregancy ini menemukan kalau banyak remaja yang percaya melakukan seks dengan posisi standing dapat mencegah kehamilan. Kenyataannya, kamu masih bisa hamil setelah melakukan seks dengan posisi apa pun dan di mana pun.

5. Ada banyak pasangan remaja dan dewasa muda yang tahu cara mencegah kehamilan yang nggak direncanakan

Jangan Keliru, Ini 5 Mitos Seks yang Dipercaya Pasangan MudaPexels.com/The Lazy Artist Gallery

Benarkah begitu? Survei menunjukkan 6 dari 10 orang nggak tahu tentang pil kontrasepsi dan 3 dari 10 orang mengatakan nggak tahu soal kondom. Wah, bagaimana cara mereka tahu mencegah kehamilan, ya?

Itulah sebagian dari deretan mitos seks yang banyak dipercayai kalangan dewasa muda. Apa ada informasi seks yang kamu temukan dan itu adalah mitos? Share bersama kami, Bela! Jangan sampai kamu keliru dalam mempelajari hal-hal seputar seks, ya.

Baca Juga: Jangan Sok Tahu, Banyak Laki-Laki yang Tertipu dengan 7 Mitos Seks Ini