Chat sex adalah berkirim konten seksual melalui aplikasi pesan dengan seseorang. Aplikasi itu dapat berupa WhatsApp, media sosial, atau aplikasi chatting lainnya. Nggak jauh berbeda dengan sex texting atau sexting, konten tersebut dapat berupa pesan teks yang mengujarkan hal-hal seksual atau gambar maupun video vulgar.

Mengutip dari berbagai sumber, chat sex atau sexting kerap dianggap sebagai tindakan kurang senonoh serta dapat menimbulkan adiksi (ketagihan) yang dapat merusak kepribadian seseorang. Karena berkirim pesan seksual ini dapat menimbulkan kerusakan otak pada jangka waktu panjang, efek yang sama seperti seseorang ketagihan film porno.

Manfaat chat sex

Ketahui Arti dan Manfaat Chat Sex serta CaranyaPexels.com/Katie Salerno

Para ahli mengatakan jika berkirim pesan seksual ini bukan kebiasaan baik yang harus dipertahankan. Namun faktanya, ada manfaat chat sex yang dapat dirasakan. Manfaat dari chat sex ini beragam, mulai dari menjaga keintiman dalam hubungan hingga meningkatkan kepuasan dalam bercinta.

1. Menjaga keintiman pada pasangan yang LDR

Ketahui Arti dan Manfaat Chat Sex serta CaranyaPexels.com/Adrianna Calvo

Mengutip dari Psychology Today, chat sex dapat membantu menjaga level kedekatan seksual pada pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh atau sedang terpisah oleh jarak pada masa itu. Namun, ada perbedaan kedekatan yang ditunjukkan pada masing-masing gender. Laki-laki melakukan sexting untuk memuaskan kebutuhan seksual di saat berjauhan dengan pasangan secara fisik. Sedangkan perempuan berkirim chat sex untuk mendapatkan kedekatan secara emosional dan hanya melakukan sex chat ini pada hubungan serius.

2. Meningkatkan kepuasan seksual

Ketahui Arti dan Manfaat Chat Sex serta CaranyaPexels.com/Pixabay

Para peneliti dari Pace University dan Purdue University Fort Wayne melakukan penelitian untuk mencari tahu hubungan antara sexting dan jalinan asmara sepasang kekasih. Penelitian itu menemukan jika pasangan yang melakukan sexting memiliki tingkat kepuasan seks yang lebih tinggi daripada pasangan yang nggak melakukannya. Chat sex membantu membuat momen intim menjadi lebih menarik dalam hubungan.

3. Meningkatkan hubungan seksual yang sehat

Ketahui Arti dan Manfaat Chat Sex serta CaranyaPixabay.com/StockSnap

Pada sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2015 silam, terungkap bahwa chat sex lebih sering dilakukan oleh pasangan yang menjalin hubungan serius dan itu dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan hubungan seksual yang sehat. Sebab, partisipan yang menjadi subyek penelitian mengaku mendapatkan kepuasan seks lebih baik karena melakukan chat sex dengan pasangannya.

4. Memberikan pengaruh positif pada kehidupan pernikahan

Ketahui Arti dan Manfaat Chat Sex serta CaranyaPixabay.com/Free-Photos

Mengutip dari NCBC News, chat sex juga dapat membantu menjaga kehidupan pernikahan. Pasangan menikah yang melakukan sexting mengaku merasakan manfaat positif yang berdampak pada hubungan seksual dan emosional dalam rumah tangga. Selain itu, berkirim chat sex membuat mereka mengalami hubungan seksual yang lebih baik dan merasakan emosi lebih positif dari biasanya.

5. Meningkatkan self-esteem dan kepercayaan diri

Ketahui Arti dan Manfaat Chat Sex serta CaranyaPexels.com/Innoh Khumbuza

Dalam kehidupan pernikahan, chat sex turut membantu meningkatkan self-esteem dan kepercayaan diri pada tubuhnya sendiri. Melansir dari Glamour, pasangan yang saling berkirim pesan seksual merasa lebih percaya diri dengan fisik tubuhnya dan lebih percaya diri dalam melakukan

Cara chat sex

Ketahui Arti dan Manfaat Chat Sex serta CaranyaPixabay.com/Dariusz Sankowski

Lalu, bagaimana cara chat sex ini berjalan? Bagaimana cara memulai berkirim pesan seksual dengan pasangan sendiri? Ada beberapa tips untuk memulai chat sex dengan pasangan.

1. Mulai dengan perlahan tapi pasti

Ketahui Arti dan Manfaat Chat Sex serta CaranyaPixabay.com/Анастасия Гепп

Melansir dari Shape, cara chat sex terbaik adalah dengan memulainya secara perlahan. Kamu bisa memulainya dengan mengatakan kalau kamu baru saja bermimpi tentang dirinya atau kamu merasa pasanganmu terlihat menarik dengan pakaian yang ia kenakan pagi ini. Sederhana, namun ini bisa menjadi cara mudah untuk memulai chat sex dengan nyaman.

2. Jangan langsung mengirimkan gambar vulgar

Ketahui Arti dan Manfaat Chat Sex serta CaranyaPixabay.com/Pexels

Bangun pesan seks ini secara bertahap. Jangan langsung mengirimkan gambar telanjang atau memintanya mengirimkan konten seperti itu. Penting untuk menanyakan pertimbangannya sebelum kamu mengirimkan gambar atau video berisikan konten vulgar. Boleh jadi ia sedang bertemu dengan rekan kerja atau sedang dalam keadaan mengejar deadline sehingga nggak tepat rasanya untuk mendapatkan gambar vulgar darimu. Tanyakan padanya jika ia dapat menerima gambar atau video seks. Sikap ini menunjukkan kalau kamu menghargainya, dan ini berdampak pada hubungan yang lebih sehat juga.

3. Bangun antisipasi pada pasanganmu

Ketahui Arti dan Manfaat Chat Sex serta CaranyaPexels.com/ Tranmautritam

Jika tepat melakukannya, kamu membangun antisipasi pada pasanganmu, dan itu dapat membuatnya semakin penasaran dan hanyut dalam chat sex bersamamu. Jadi, ambil waktumu untuk mengirimkan kata-kata nakal dan menggodanya agar ia merasakan gairah seksual padamu.

4. Jangan mengirimkan chat sex yang nggak pernah kamu katakan sebelumnya

Ketahui Arti dan Manfaat Chat Sex serta CaranyaPixabay.com/Pexels

Cukup jadi dirimu sendiri ketika ingin berkirim chat sex dengan pasanganmu. Mungkin kamu ingin terlihat lebih kreatif atau ingin membuat sexting lebih 'panas'. Namun dengan mengatakan hal yang nggak pernah kamu katakan sebelumnya, (misalnya, kamu mendadak memanggil pasanganmu dengan sebutan 'Daddy'), hal itu akan terlihat canggung di mata pasanganmu. Jadi dirimu sendiri dan gunakan kata-kata yang biasa kamu katakan dengan pasangan saat bercinta.

5. Jangan terlalu terbuka saat sexting

Ketahui Arti dan Manfaat Chat Sex serta CaranyaPixabay.com/Анастасия Гепп

Jika ingin menggoda pasangan, ada baiknya untuk nggak membuka rencanamu dengannya. Sebaliknya, ucapkan secara tersirat sehingga pasangan merasa penasaran dan menantikannya. Misalnya, "Aku punya sex toy baru dan aku akan mencobanya denganmu." Akan lebih baik jika kalimat tersebut berbunyi, "Aku punya sesuatu untukmu dan pasti kamu akan sangat menyukainya."

Chat sex memiliki manfaat positif untuk pasangan, terutama pasangan yang menikah. Karena berkirim pesan seksual ini dapat menghidupkan api-api asmara dalam hubungan serta meningkatkan kepuasan seksual dalam hubungan. Belum pernah melakukan chat sex dengan pasangan? Mungkin ini saat yang tepat untuk mencobanya untuk merasakan manfaat chat sex.

Baca Juga: Sudah Coba Sexting Belum? Pelajari Dulu Tips Berikut Ini