Percaya atau nggak, mimpi yang terjadi saat kamu tidur dapat memiliki makna lebih dari sekadar bunga tidur. Melansir dari Bustle, para ahli menjelaskan bahwa mimpi dapat menjadi pesan dari alam bawah sadar. Misalnya, kamu bermimpi bercinta dengan seseorang, boleh jadi bermakna kalau kamu sedang mendambakan gairah dari luar atau jawaban dari hubungan yang sedang dijalani saat ini.

Bicara tentang mimpi bercinta, pernah mengalaminya, Bela? Ada banyak jenis mimpi seks atau mimpi bercinta, dan tiap-tiap mimpi memiliki makna yang berbeda, lho. Yuk, cari tahu satu per satu!

1. Pasangan bercinta dengan orang lain

9 Jenis 'Mimpi Basah' dan Arti di BaliknyaPexels.com/Pixabay

Terbangun dari tidur karena bermimpi pasangan bercinta dengan orang lain alias selingkuh? Menurut para ahli, mimpi ini dapat berarti kamu merasa insecure dalam hubungan kalian dan sudah saatnya untuk membicarakan hal ini.

Meski mimpi seperti ini terkadang merupakan hasil dari petunjuk-petunjuk kecil yang menandakan pasangan benar-benar berselingkuh, pada siang hari, mimpi ini nggak menjamin kalau pasangan benar-benar bermain di belakangmu. Umumnya, mimpi ini merupakan cara otakmu mengatakan padamu untuk membicarakan masalah insecure-mu dengan pasangan. Dengan mendiskusikan hal tersebut, atau bahkan menceritakan tentang mimpimu pada pasangan, seharusnya kamu dapat merasa lebih aman dengan pasangan.

2. Lebih mendominasi atau menjadi submisif

9 Jenis 'Mimpi Basah' dan Arti di BaliknyaPexels.com/Cottonbro

Menurut para ahli, mimpi apa pun yang berkaitan dengan masalah kendali (menjadi lebih dominan atau sebaliknya), dapat melambangkan masalah kendali yang sedang terjadi. Coba pikirkan lingkunganmu di kantor, hubunganmu, dan perasaanmu dengan orang-orang di sekitar.

Jika nggak mampu mengungkapkan opini di kantor, misalnya, jenis mimpi seperti ini sangat berhubungan. Kabar baiknya, kamu dapat menjadikan mimpimu ini untuk kebaikanmu. Biarkan mimpi tersebut menginspirasimu sehingga kamu tahu yang harus dilakukan setelah bangun tidur.

3. Tidur dengan seseorang yang nggak seharusnya

9 Jenis 'Mimpi Basah' dan Arti di BaliknyaPexels.com/Andrea Piacquadio

Mimpi melakukan hubungan seksual dengan saudara pasangan? Rekan kerja? Teman baik? Pokoknya dengan orang-orang yang seharusnya nggak ada jalinan seksual denganmu? Apa artinya jika otakmu mengeluarkan mimpi seperti ini saat kamu tidur?

Menurut para ahli, mimpi seperti ini adalah cara pikirkanmu melepaskan perasaan, keinginan, memvalidasinya, dan memprosesnya dengan tepat. Untuk melihat lebih dalam, coba tanyakan pada dirimu sendiri, Bela. Apa hubungan dari gambar/objek/orang/kejadian dalam hidupmu saat ini? Tugas dari pikiranmu adalah untuk membentuk gambaran, menghubungkan titik-titik yang ada, dan menunjukkan makna yang jelas.

4. Performa seks yang kurang baik

9 Jenis 'Mimpi Basah' dan Arti di BaliknyaPexels.com/Vera Arsic

Perempuan dapat mengalami mimpi yang mana ia merasa performa seks yang kurang baik. Namun, mimpi seperti ini lebih sering laki-laki alami, seperti merasa impoten atau insecure dalam mimpinya.

Jika laki-laki bermimpi mengalami disfungsi ereksi, ini dapat mencerminkan kalau ia merasa lemah atau nggak berdaya dalam aspek lain di hidupnya. Jadi, nggak sepenuhnya merefleksikan performa seksualnya. Namun, bermimpi hal seperti ini patut kamu cermati lebih dalam sehingga tahu hal yang menyebabkannya.

5. Bercinta di tempat umum

9 Jenis 'Mimpi Basah' dan Arti di BaliknyaPexels.com/Adam Kontor

Pernah bermimpi melakukan hubungan seksual di dalam mobil? Di tengah-tengah hutan? Ini bukan berarti kamu memiliki keinginan untuk menjadi seorang eksibisionis, kok. Melainkan, mimpi seperti ini berkaitan dengan perasaan rentan, kesadaran diri dan terbuka di hadapan orang lain. Jadi, coba amati yang sedang terjadi di dunia nyatamu, dan lihat jika kamu bisa menghubungkan petunjuk yang ada. Mungkin kamu sedang mengkhawatirkan sesuatu yang memalukan atau penuh rahasia akan terungkap, atau orang lain akan menilaimu karena suatu hal. Kecemasan ini dapat muncul dalam bentuk mimpi bercinta.

6. Bercinta dengan mantan

9 Jenis 'Mimpi Basah' dan Arti di BaliknyaPexels.com/Cottonbro

Tergantung pada mantanmu, ini boleh jadi mimpi yang baik, atau sebaliknya mimpi yang buruk. Namun keduanya bisa sangat membingungkan untukmu. Kadang, mantan dapat muncul dalam mimpi dan kamu berpikir jika ini adalah pertanda kalau dia adalah jodohmu sehingga kamu memikirkan kembali kejadian putus kemarin. Namun menurut para ahli, makna mimpi ini lebih sederhana dari hal itu.

Umumnya, mantan ada dalam alam bawah sadar karena kamu memiliki ingatan tentang dirinya di dalam hidupmu. Misalnya, mungkin kamu baru saja melihat unggahannya di media sosial, atau beberapa hari ke depan adalah peringatan hari jadi kalian. Hal-hal seperti ini kemudian masuk ke alam bawah sadar. Biasanya, kamu dapat mengabaikan mimpi seperti ini, Bela.

Namun jika mantan memiliki peran penting dalam mimpimu, itu dapat merefleksikan sesuatu yang lebih besar dan kamu ingin mencari tahu maknanya. Mungkin kamu ingin membicarakannya dengan teman atau menemui terapis untuk menemukan alasan mantan masih ada dalam hidupmu.

7. Bercinta dengan orang terkenal

9 Jenis 'Mimpi Basah' dan Arti di BaliknyaPexels.com/Valeria Boltneva

Pernah mimpi bercinta dengan artis atau orang terkenal? Tentu saja, kamu tertarik dengannya dan bahkan menggunakan gambar dirinya sebagai fantasimu dalam bercinta. Namun jika sosok tersebut muncul dalam mimpi sebagai pasangan bercinta, ini bukan sekadar menyukai artis favoritmu, Bela.

Secara mengejutkan, kebanyakan mimpi bercinta dengan artis mencerminkan keinginanmu untuk merasa spesial, penting di dunia, dan orang-orang memerhatikanmu. Mimpi ini dapat berakar dari perasaanmu yang berkebalikan di dunia nyata. Jadi, coba luangkan waktu untuk memastikan kebutuhanmu terpenuhi dengan menghubungi teman, mengobrol dengan pasangan, dan memastikan kamu melakukan banyak hal yang membuatmu merasa terlihat serta didukung banyak orang.

8. Melakukan seks yang agresif

9 Jenis 'Mimpi Basah' dan Arti di BaliknyaPexels.com/Rodolfo Clix

Mimpi yang memunculkan adegan kekerasan tentu saja membuat sedih. Jika bermimpi melakukan hubungan seks yang agresif, penting untuk memikirkan ulang kalau hal seperti ini pernah terjadi dalam kehidupan nyata. Kalau khawatir kenanganmu akan trauma kembali mencuat ke permukaan, cari pertolongan, Bela.

Selain itu, coba untuk selalu mempertimbangkan makna mimpi karena itu dapat berkaitan dengan kejadian di dunia nyata. Kebanyakan mimpi mencerminkan trauma seksual yang pernah dialami sebagai salah satu usaha untukmu memprosesnya. Bahkan jika kamu merasa kekerasan ini nggak sedang terjadi, akan sangat membantu untuk memahami pengalaman mimpimu sebagai luka yang sedang kamu bawa.

9. Bercinta yang sangat memuaskan

9 Jenis 'Mimpi Basah' dan Arti di BaliknyaPexels.com/Andrea Piacquadio

Bahkan jika kamu pernah bermimpi melakukan hubungan seks yang sangat memuaskan, sampai mendorongmu mengalami orgasme dalam tidur, patut untuk dipahami. Menurut para ahli, mimpi ini dapat menjadi meditasi yang bagus, khususnya ketika kamu mengalami kesulitan mewujudkan keinginanmu di dunia nyata.

Juga, jangan lupa apa pun yang kamu rasakan dalam mimpi boleh jadi sesuai yang ingin kamu rasakan di dunia nyata. Jadi, coba untuk mendapatkan kepuasan seperti yang kamu rasakan dalam mimpi. Jenis mimpi ini dapat menginspirasimu untuk mencoba hal-hal baru dengan pasangan, atau merasa lebih percaya diri untuk meminta sesuatu yang berbeda di ranjang.

Mimpi bercinta boleh jadi sekadar bunga tidur. Namun, nggak ada salahnya untuk meluangkan waktu mencari tahu makna di balik bunga tidur itu, Bela. Mimpi selalu memiliki kaitan dengan hal-hal yang sedang terjadi di dunia nyatamu. Jadi, mungkin mimpi bercintamu adalah cara otak mengatakan kalau ada sesuatu yang kamu rasakan atau kamu alami di dunia nyata yang nggak disadari.

Baca Juga: 7 Makna Mimpi Tentang Mantan yang Mungkin Pernah atau Akan Kamu Alami

Baca Juga: Coba Sensasi Berbeda dengan 5 Posisi Bercinta di Ruang Sempit Ini

Baca Juga: Tanda Dapat Jodoh Hingga Soal Kesehatan, 10 Arti Mimpi Digigit Ular