Bicara seks, nggak lepas dari orgasme. Apa itu orgasme? Melansir dari Health.com, para ahli mengatakan kalau orgasme adalah refleks fisik yang muncul ketika otot mengencang selama gairah seksual dan menjadi rileks melalui rangkaian kontraksi ritmik. Secara sederhana, orgasme merupakan kepuasan atau klimaks seksual yang seseorang rasakan saat bercinta.

Faktanya, ada berbagai jenis orgasme yang dapat seseorang alami. Tiap-tiap jenis orgasme ini tergantung pada area tubuh yang mendapat rangsangan dan cara memberikan rangsangan itu. Apa saja, ya? Lihat daftarnya berikut ini.

1. Orgasme klitoral

11 Jenis Orgasme yang Dapat Kamu Rasakan Saat Bercintaunsplash.com/ Sharon McCutcheon

Klitoris merupakan area tubuh yang paling umum dirangsang oleh perempuan sendiri ketika ingin merasakan kenikmatan dan orgasme seksual. Area dari organ intim ini paling sensitif di antara bagian tubuh lainnya karena terdapat banyak ujung saraf. Jadi ketika mencoba menyentuhnya atau mengelusnya dengan rangsangan langsung maupun nggak langsung, dapat meningkatkan aliran darah ke area tersebut, membuat klitoris 'membengkak' dan ingin mengeluarkan orgasme.

Meski mudah dijangkau, tiap-tiap perempuan memiliki area di klitoris yang sangat sensitif. Selain itu, tiap perempuan memiliki seleranya sendiri untuk merangsang area tersebut. Sebuah penelitian menemukan kalau beberapa cara menyentuh klitoris dapat membuatmu orgasme. Jadi, kamu bisa mencobanya sendiri atau bersama pasangan untuk mendapatkan orgasme jenis ini.

2. Orgasme G-spot

11 Jenis Orgasme yang Dapat Kamu Rasakan Saat BercintaPexels.com/Burst

Area G-spot berada di dinding depan vagina, di pertengahan antara pembukaan vagina dan mulut rahim. Meski nggak dapat dilihat secara langsung, kamu dapat merasakannya dengan memasukkan jarimu. G-spot ini terasa seperti benjolan yang lembut.

Menekan area G-spot dan mengelusnya secara lembut dapat membuatmu merasakan orgasme G-spot. Para ahli mengatakan, ketika mengalami gairah seksual, area G-spot akan membengkak dan mendorongmu untuk melepaskan orgasme.

3. Blended orgasm

11 Jenis Orgasme yang Dapat Kamu Rasakan Saat Bercintawww.yogajournal.com

Jika mampu merasakan 2, 3, atau bahkan 4 kali lipat dari intensitas orgasme, ini merupakan jenis yang tepat untukmu. Blended orgasm adalah klimaks yang terjadi ketika beberapa area tubuh yang sensitif menerima rangsangan secara bersamaan. Contohnya, penetrasi g-spot bersamaan dengan memberikan rangsangan sentuhan pada klitoris adalah salah satu cara untuk merasakan orgasme yang cukup intens.

Kamu dapat mengombinasikan beberapa tipe rangsangan untuk mendapatkan blended orgasm ini. Semakin banyak rangsangan, semakin banyak aliran darah terjadi, dan semakin intens orgasme itu. Jika ingin mendapatkannya bersama pasangan, coba posisi woman on top. Karena dengan posisi ini, pasangan dapat leluasa memberikan rangsangan pada lebih dari satu bagian tubuhmu.

4. Orgasme anal

11 Jenis Orgasme yang Dapat Kamu Rasakan Saat Bercintafreepik.com/user7350813

Nggak semua orang senang melakukan seks anal. Namun, seks anal dapat memberikan orgasme yang cukup intens. Ini dapat terjadi karena anus dan rektum berdekatan dengan vagina dan klitoris, serta terhubung oleh jaringan tipis bernama perineum. Bagian-bagian intim ini saling berbagi saraf dan otot, termasuk otot dasar panggul yang sangat sensitif untuk sebagian besar perempuan. Jadi, memberikan rangsangan pada bagian tersebut dapat memicu orgasme vagina dan anal.

5. Orgasme zona sensitif dalam vagina

11 Jenis Orgasme yang Dapat Kamu Rasakan Saat Bercintapexels.com/ Walid Riachy

Klitoris dan g-spot bukan hanya area sensitif yang dapat memberikan klimaks luar biasa dalam bercinta, lho. Para ahli, peneliti, serta sebagian perempuan mengungkapkan ada zona sensitif lainnya dalam vagina yang dapat membuatmu melepaskan orgasme ketika menerima rangsangan. Ini kemudian disebut sebagai deep vaginal orgasm.

Ada area yang disebut A-spot, berada di anterior dinding vagina tepat di bawah mulut rahim. Lalu, ada O-spot, yang berada di dinding belakang vagina, hampir berada di belakang mulut rahim. Sayangnya, area-area ini memang nggak dapat dilihat secara langsung. Namun, ligamen ini memiliki banyak saraf yang sensitif untuk sebagian besar perempuan. Jadi jika dapat memberikan rangsangan sampai ke area itu, kamu dapat merasakan orgasme yang sangat intens. Para ahli berpendapat, ini dapat menyebabkan rahim berkontraksi selama orgasme.

6. Squirting orgasm

11 Jenis Orgasme yang Dapat Kamu Rasakan Saat Bercintacosmopolitan.com

Ya, ejakulasi perempuan atau squirting itu benar adanya dan menjadi salah satu tipe orgasme yang perlu kamu ketahui. Terkadang, ketika perempuan bergairah atau terangsang, ada pengeluaran cairan dari kelenjar di sekitar uretra atau permukaan anterior vagina selama atau sebelum orgasme. Asal tempat cairan ini keluar masih menjadi bahan perdebatan. Cairan ejakulasi perempuan ini umumnya bening dan nggak seperti cairan urin, kadang sedikit dan kadang banyak.

Salah satu rangsangan yang dapat membuatmu merasakan squirting adalah rangsangan g-spot. Nggak hanya itu, memberikan rangsangan pada area sekitar uretra juga dapat membuatmu merasakan squirting. Namun, nggak ada yang tahu jumlah tepat perempuan yang pernah mengalami squirting. Peneliti memperkirakan sekitar 10-15% perempuan pernah mengalaminya, dan ada yang pernah mengalami keluar sedikit cairan saat orgasme.

7. Orgasme serviks

11 Jenis Orgasme yang Dapat Kamu Rasakan Saat Bercintafreepik.com/ user7350813

Jenis orgasme yang satu ini bisa kamu dapatkan dengan memberikan rangsangan pada serviks, atau mulut rahim. Intensitas orgasme ini lebih tinggi ketimbang orgasme klitoris karena dapat bertahan hingga hitungan jam. Menariknya lagi, ketika mengalami orgasme serviks, kamu akan merasakan ikatan perasaan yang begitu mendalam. Ini dapat terjadi karena serviks merupakan titik refleksologi untuk jantung. Jadi jika merasakan orgasme serviks saat bercinta dengan pasangan, kamu akan merasakan ikatan mendalam dengannya.

8. Orgasme puting payudara

11 Jenis Orgasme yang Dapat Kamu Rasakan Saat Bercinta

Payudara dan putingnya merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sensitif. Terutama karena bagian puting memiliki banyak ujung saraf dan kulit yang sangat sensitif. Ketika bagian tubuh ini menerima rangsangan, dapat membangkitkan gairah seksual hingga membuatmu mencapai orgasme, dengan atau tanpa penetrasi langsung.

9. Orgasme olahraga

11 Jenis Orgasme yang Dapat Kamu Rasakan Saat BercintaPexels.com/Pixabay

Faktanya, seseorang dapat mengalami orgasme ketika sedang berolahraga. Mungkin terdengar aneh, namun ini nyata adanya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Indiana University menemukan kalau 370 dari 530 perempuan yang menjadi partisipan mengaku pernah mengalammi orgasme atau kepuasan seksual ketika sedang olahraga. Umumnya, pengalaman ini terjadi ketika melakukan olahraga berbasis core.

Salah satu cara untuk mendapatkan orgasme adalah menekan penuh otot dasar panggul dan kamu dapat mengembangkan serta membuatnya jadi lebih kuat. Jika seseorang memiliki otot dasar panggul yang kuat dan mulai berkontraksi selama olahraga, bukan nggak mungkin ia dapat mengalami orgasme. Namun, kebanyakan perempuan memerlukan rangsangan klitoris atau vagina untuk dapat merasakan klimaks yang lebih intens lagi.

10. Sleep orgasm

11 Jenis Orgasme yang Dapat Kamu Rasakan Saat BercintaPexels.com/Andrea Piacquadio

Pernah merasakan mimpi sedang bercinta? Faktanya, sebagian perempuan dapat mengalami orgasme selama mimpi erotis ketika tidur. Salah satu laporan menunjukkan kalau 37% perempuan pernah mengalami sleep orgasm ketika berusia 45. Biasanya, orgasme jenis ini dimulai dengan mimpi erotis, yang dapat meningkatkan aliran darah ke bagian intim sekaligus rileksasi, yang dapat mendorong tubuh mencapai orgasme saat tidur.

11. Multiple orgasm

11 Jenis Orgasme yang Dapat Kamu Rasakan Saat Bercintafreepik.com/ freepik

Berbeda dengan laki-laki, perempuan nggak memerlukan waktu pemulihan setelah orgasme untuk dapat melanjutkan ke sesi seks selanjutnya. Bahkan, sebagian perempuan dapat mengalami orgasme lebih dari sekali. Ketika perempuan mencapai kepuasan orgasme yang tinggi, ia dapat berada dalam kondisi ini tanpa turun kembali. Jika menerima banyak rangsangan, ia dapat merasakan orgasme berkali-kali.

Ingin mencoba merasakannya? Ada tips untuk kamu dapat mengalami multiple orgasm. Tetap jaga otot panggul berkontraksi dengan menekan dan melepaskan seperti sedang menahan urin. Tips ini dapat menjaga aliran darah tetap tinggi, yang meningkatkan sensitivitas dan memudahkanmu untuk mencapai orgasme yang kedua.

Ada 11 jenis orgasme yang perlu kamu ketahui, dan nggak semuanya didapatkan hanya melalui penetrasi. Sebagian di antaranya dapat kamu alami hanya dengan memberikan rangsangan pada bagian tubuh tertentu. Sebagian lainnya mungkin terdengar ekstrem untukmu. Apa kamu pernah mengalami salah satu atau beberapa jenis orgasme ini, Bela?

Baca Juga: 9 Tips Sukses Meraih Orgasme untuk Perempuan

Baca Juga: Nggak Nyangka! 4 Zodiak Ini Paling Semangat Saat Bercinta

Baca Juga: 7 Cara Mendominasi Laki-Laki Saat Bercinta, Bikin Seks Makin Berwarna!