Kehidupan seks adalah hal yang sangat lumrah untuk pasangan suami istri. Tidak hanya soal gairah dan kenikmatan saat bercinta, seks sebenarnya lebih dari itu. Salah satu hal penting tentu saja mengenai kesehatannya.

Ya, kehidupan seks haruslah sehat, dan ini wajib diterapkan oleh semua pasangan. Jika mengabaikan kesehatan dalam kehidupan seks bukan tidak mungkin kamu atau pasangan akan terjangkit penyakit atau gangguan kesehatan lainnya.

Jangan abai dan wajib diperhatikan, berikut 7 prinsip hubungan seks tetap sehat yang wajib diterapkan.

1. Berhubungan seks dengan pasangan resmi

7 Tips Sehat dan Aman Saat Berhubungan Seksfreepik.com/gpointstudio

Prinsip agar hubungan seks tetap sehat yang pertama sudah pasti berhubungan badan hanya dengan pasangan resmi atau legal. Bergonta-ganti pasangan tentu akan meningkatkan resiko PMS (penyakit menular seksual) yang akan merugikan kesehatanmu dan pasangan nantinya.

Bukan hanya soal kesehatan, tidak bergonta-ganti pasangan tentu menjadikan tanda bahwa kamu dan dia bisa saling menjaga komitmen. Ikatan percintaan pastinya jadi lebih hangat dan menyenangkan bukan?

2. Lakukanlah seks tanpa paksaan

7 Tips Sehat dan Aman Saat Berhubungan SeksToa Heftiba/Unsplash

Jika kamu atau pasangan merasa terpaksa saat melakukan hubungan seks hal ini akan mempengaruhi psikologis kalian. Kesehatan tidak selalu meliputi fisik, batin juga termasuk. Oleh karena itu, pastikan baik kamu dan pasangan sama-sama menikmati sesi bercinta tanpa adanya paksaan. Jika memang sedang lelah atau tidak mood lebih baik jujur dan pasangan pun harus mengerti kondisi tersebut.

3. Menghindari seks anal

7 Tips Sehat dan Aman Saat Berhubungan Sekspeacequarters.com

Seks berhubungan dengan fantasi, atau gaya-gaya eksperimental yang menambah kegairahan dan dianggap ‘seru’ untuk dicoba. Salah satu yang kerap dilakukan adalah seks anal, atau melewati lubang dubur.

Gaya atau jenis seks satu ini sebenarnya tidak sehat karena berhubungan dengan tempat terbuangnya kotoran dan bukanlah organ yang memiliki fungsi secara seksual. Bahkan, pada jurnal yang dilansir Harvard University, seks anal dapat meningkatkan risiko penyakit.

4. Menghindari berhubungan seks saat menstruasi

7 Tips Sehat dan Aman Saat Berhubungan Sekslovecatalogue.com

Prinsip agar hubungan seks tetap sehat berikutnya adalah dengan menghindari bercinta ketika sedang menstruasi. Ketika datang bulan vagina tentu mengeluarkan darah kotor, berhubungan seks pada kondisi tersebut hanya akan meningkatkan resiko terkena penyakit.

5. Rutin membersihkan alat genital

7 Tips Sehat dan Aman Saat Berhubungan SeksPopbela.com/ZAP

Menjaga kebersihan alat genital menjadi prinsip agar hubungan seks tetap sehat berikutnya. Ini adalah hal yang wajib dilakukan baik oleh pria maupun wanita. Sudah pasti alat vital bisa mengandung kuman dan bakteri yang memicu penyakit kelamin.

Bersihkan alat genital setiap hari, terutama setelah melakukan hubungan seks. Jangan lupa juga untuk memilih sabun permbersih alat vital yang tepat agar terhindar dari bahaya lainnya.

6. Bila perlu gunakan kondom

7 Tips Sehat dan Aman Saat Berhubungan SeksPexels.com/pixabay

Kondom adalah pelindung saat berhubungan seksual, pelindung dari penyakit menular seksual dan juga pelindung bagi kamu yang ingin menunda kehamilan. Alat kontrasepsi yang satu ini juga bisa digunakan untuk menambah keseruan sesi bercinta. Apalagi dengan hadirnya beragam macam kondom sesuai dengan kebutuhanmu, seperti kondom bergerigi, kondom dengan rasa, atau kondom dengan pelumas yang bisa menghambat ejakulasi.

7. Hindari seks oral saat kamu atau pasangan memiliki luka di mulut

7 Tips Sehat dan Aman Saat Berhubungan Sekspinterest.com/hanandran/

Salah satu aktivitas seksual yang sering dilakukan sudah pasti adalah seks oral. Ya, kegiatan satu ini cukup menantang dan memberikan sensasi sendiri saat bercinta. Namun, jangan sembarangan melakukan seks oral, karena kamu tetap harus memperhatikan kebersihan.

Salah satunya adalah memastikan bahwa kamu atau pasangan tidak memiliki luka pada bagian mulut saat hendak melakukan oral. Ini akan meningkatkan risiko penyakit, yang pastinya mengganggu kesehatan secara fisik. Prinsip agar hubungan seks tetap sehat dan aman yang satu ini juga harus diperhatikan.

Itulah 7 prinsip agar hubungan seks tetap sehat yang wajib kamu serta pasangan patuhi. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk aktivitas seksualmu ya!