Baru-baru ini timbul kabar dari artis tanah air Nafa Urbach yang meluapkan emosinya ke sosial media terkait kekesalannya terhada pelaku pedofilia yang mengincar putrinya Mikhaela Lee Jowono. Istri dari Zack Lee ini rupanya marah lantaran banyaknya komentar para pedofil yang dinilai sangat meresahkannya sebagai ibu. Terkait dengan kasus pedofil yang semakin marak terjadi, tentunya kita dituntut untuk selalu berhati-hati terhadap orang sekitar. Karena pelaku pedofil bisa saja berada di sekitar kita bahkan bisa membahayakan orang-orang terdekat kita terutama anak kecil. Nah, kalian tahu nggak sih apa itu pedofil dan hal-hal apa saja yang belum kita ketahui seputar pedofil ini? nah, di sini Popbela akan membahasnya. Penasaran? Keep scrolling!

5 Hal Penting yang Harus Kita Ketahui Tentang Pedofilia
 

Pedofilia adalah gangguan seksual pada orang dewasa yang berupa nafsu seksual terhadap remaja atau anak-anak dibawah 13 tahun. Biasanya, orang yang mengidap kelainan pedofilia ini cenderung membayangkan anak kecil sebagai objek fantasi seks mereka. Bahkan, mereka bisa saja nekat membawa hingga menculik anak kecil dengan iming-iming akan dibelikan sesuatu agar si anak mau dibawa pergi olehnya. Untuk itu, selalu jaga anak atau saudara kalian yang masih kecil ya, Bela. Jangan sampai anak-anak kecil terdekatmu menjadi korban si pedofil ini.

5 Hal Penting yang Harus Kita Ketahui Tentang Pedofilia
 

Pedofilia dan pelecehan seksual terhadap anak itu ternyata berbeda lho, Bela. Menurut Gregory Herek dari University Of California, pedofilia adalah kelainan psikoseksual yang ditandai dengan ketertarikan lebih pada anak praremaja sebagai pasangan seksual, yang mungkin ditindaklanjuti atau tidak ditindaklanjuti. Sedangkan, pelecehan seksual pada anak diartikan sebagai kontak seksual antara orang dewasa dengan orang yang belum memasuki usia dewasa (anak kecil). Kesimpulannya, pedofilia lebih mengacu pada ketertarikan seseorang secara seksual terhadap anak kecil, sementara pelecehan seksual pada anak lebih cenderung pada tindakan itu sendiri.

5 Hal Penting yang Harus Kita Ketahui Tentang Pedofilia
 

Kebanyakan orang yang mengidap kelainan pedofilia adalah laki-laki. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian bahwa dari 531 sarjana. Sebanyak 7 persen dari responden mengakui ketertarikannya dengan anak-anak, 18 persen sudah pernah memiliki fantasi seks dengan anak kecil, dan 8 persen sudah melakukan masturbasi. Sedangkan, untuk perempuan hanya 3 persen yang mengakui ketertarikannya dengan anak kecil.

5 Hal Penting yang Harus Kita Ketahui Tentang Pedofilia
 

Menurut sebuah penelitian, tidak semua pedofil berkeinginan untuk melecehkan anak kecil. Mereka tertarik, namun belum tentu akan benar-benar melakukan pelecehan.

5 Hal Penting yang Harus Kita Ketahui Tentang Pedofilia
 

Untuk seorang pedofil, orang dewasa itu nggak menarik untuknya. Mereka hanya tertarik dengan seseorang yang masih muda dan lugu. Kemudaan itulah yang membuatnya sangat tertarik, bukan jenis kelamin. Sebagian besar pedofil menganggap bahwa bentuk tubuh serta tampan atau cantiknya wajah seseorang nggak begitu penting. Selama korbannya masih belia, mereka dengan senang hati menggarap korbannya.

Yuk, sama-sama kita lindungi anak dan saudara-saudara kita dan tingkatkan kewaspadaan.

Penulis : Aditya Octaviana

BACA JUGA: Teman Hobi Berbohong? Ternyata Ini Termasuk Jenis Penyakit Lho