Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi yang diminati oleh banyak pasangan. Selain harganya terjangkau, kondom juga sangat mudah digunakan. Kondom biasanya terbuat dari bahan lateks dan dipakai di area penis sebelum berhubungan intim. Biasanya, kondom memiliki lubrikan untuk makin 'melancarkan' sesi bercinta.

Ada pula kondom yang dilengkapi spermisida, yang dipercaya bisa membunuh sperma dan menekan kemungkinan terjadinya kehamilan. Kondom juga hadir dalam beragam bentuk, aroma dan rasa, hingga ukuran.

Tapi jangan sampai salah saat memakai kondom, ya, karena pemakaian yang salah bisa membuat kondom menjadi tidak efektif. Ketika digunakan dengan cara yang benar, kondom bisa mencegah kehamilan sampai 98%. Namun kemungkinan hamil dan penularan penyakit seksual bisa tetap terjadi, jika kondom dipakai asal-asalan.

Itulah mengapa, kamu dan pasangan perlu tahu tips mudah cara memakai kondom yang benar. Simak ulasannya di sini, ya.

1. Pilih ukuran yang sesuai

Ini 7 Cara Memakai Kondom yang Benar, Jangan Sampai Salah!Pexels.com/Nataliya Vaitkevich

Setiap orang memiliki ukuran penis yang berbeda-beda, karena itu kondom pun hadir dengan ukuran berbeda. Banyak orang yang masih mengabaikan pemilihan ukuran kondom yang sesuai, padahal jika menggunakan ukuran yang tidak tepat bisa menyebabkan kondom sobek atau terlepas saat digunakan.

Secara umum, ukuran yang dijual di pasaran mulai dari Extra Small (XS) atau sangat kecil, Small (S) atau kecil, Regular (R) atau sedang, Large (L) atau besar, hingga Extra Large (XL) atau sangat besar.

Kondom dirancang untuk bisa memberikan kenyamanan bagi berbagai ukuran penis selama berhubungan seks. Ada merek atau tipe kondom yang memang bisa diregangkan untuk menyesuaikan panjang penis dengan berbagai ukuran dan ada pula merek kondom didesain khusus agar bisa digunakan untuk ukuran penis yang lebih besar atau kecil. 

2. Cek kemasan dan tanggal kedaluwarsa

Ini 7 Cara Memakai Kondom yang Benar, Jangan Sampai Salah!huffpost.com

Kondom juga memiliki tanggal kedaluwarsa, lho! Jadi cek lagi kemasan kondom sebelum menggunakannya. Apakah kemasan masih tersegel atau tidak, lalu pastikan belum kedaluwarsa.

Kondom yang sudah kedaluwarsa biasanya memiliki tekstur dan agak kering, sehingga mudah robek dan tentunya tidak efektif saat digunakan saat bercinta. Selain itu, kondom yang kemasannya robek dan segelnya terbuka artinya sudah terkontaminasi. 

Hindari menggunakan kondom dengan kemasan yang sudah rusak atau yang sudah kedaluwarsa untuk menghindari risiko buruk bagi kesehatan, ya.

3. Buka kemasan dengan benar agar tidak merusak kondom

Ini 7 Cara Memakai Kondom yang Benar, Jangan Sampai Salah!Freepik

Selanjutnya, cara untuk menggunakan kondom dengan benar adalah membuka kemasan kondom secara perlahan. Ikuti petunjuk pembukaan yang ada pada kemasan kondom. Sebaiknya, sih, tidak membuka kemasan kondom dengan menggunakan gunting, gigi, atau benda tajam lainnya karena bisa merusak kondom. 

Sebelum merobek kemasan, dorong kondom ke sisi berlawanan agar tidak ikut robek bersama kemasan. Sobek kemasan dari bagian ujung secara pelan-pelan.

4. Keluarkan secara perlahan

Ini 7 Cara Memakai Kondom yang Benar, Jangan Sampai Salah!Freepik

Setelah kemasan kondom dibuka, keluarkan kondom secara perlahan. Kondom biasanya sangat tipis, jadi ada baiknya tidak menggunakan kuku jari yang panjang saat mengambilnya, karena jika tidak hati-hati bisa merobek kondom.

Gunakan jari untuk menjepit ujung kondom yang terpadat di bagian tengah lingkaran, untuk mencegah udara masuk. Udara yang masuk ke dalam kondom akan membuatnya.

5. Pastikan posisi kondom tidak terbalik

Ini 7 Cara Memakai Kondom yang Benar, Jangan Sampai Salah!Pexels.com/Deon Black

Ini juga perlu diperhatikan, nih. Lihat posisi kondom yang akan digunakan, jangan sampai terbalik, ya, Bela. Sebagai panduan cara menggunakan kondom yang benar adalah ketika gulungan menghadap ke sisi luar penis.

6. Pakailah kondom saat penis sudah ereksi

Ini 7 Cara Memakai Kondom yang Benar, Jangan Sampai Salah!rawpixel.com/

Kondom tidak bisa digunakan saat pasangan baru mulai foreplay. Sebaiknya, gunakan kondom saat penis sudah ereksi dengan sempurna dan sesaat sebelum melakukan penetrasi ke dalam vagina. 

Cara menggunakan kondom dengan benar, yaitu cubit bagian ujungnya menggunakan jari telunjuk dan jempol ketika ingin diletakan di atas penis. Tangan lainnya digunakan untuk membuka gulungan kondom di sepanjang penis sampai mencapai pangkal penis. 

7. Perhatikan pula saat selesai berhubungan seks

Ini 7 Cara Memakai Kondom yang Benar, Jangan Sampai Salah!Unsplash

Ketika selesai berhubungan seks, juga perlu diperhatikan, nih. Setelah ejakulasi, segera cabut penis dari dalam vagina, untuk mencegah kebocoran kondom di dalam vagina.

Saat penis sudah keluar secara penuh, buka kondom dengan cara menarik kondom dari bagian pangkal penis secara pelan-pelan agar sperma di dalamnya tidak keluar. Lalu buang ke tempat sampah.

Itulah beberapa cara yang perlu kamu ketahui tentang cara memakai kondom dengan benar. Ingat, pemakaian yang benar akan membuat kondom lebih efektif. Sesi bercinta kamu dengan suami pun jadi lebih nyaman!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Kondom Bergerigi Terbaik dan Harganya

Baca Juga: Kenali 11 Jenis Kondom Unik untuk Sesi Bercinta Lebih 'Panas'

Baca Juga: Bukan Sekadar Pengaman, Ini 5 Fakta Unik tentang Kondom