Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Tips Seks Tantra, Praktik Seksual India Kuno

Praktik seksual yang bikin sesi intim jadi lebih memuaskan!

Astri Amalia

Saat berhubungan seks, setiap pasangan pasti ingin mencapai orgasme demi merasakan kepuasan seksual. Namun, apabila orgasme menjadi satu-satunya tujuan ketika berhubungan intim, rasanya menyempitkan tujuan seks yang sesungguhnya. 

Hubungan seks sepatutnya jadi sarana terbaik dalam meningkatkan keintiman, baik secara fisik maupun emosional, serta koneksi antar pasangan, bukan menyoal mendapatkan orgasme semata.

Nilai-nilai itulah yang terdapat dalam sebuah praktik seksual asal India kuno yang sudah ada sejak 5.000 tahun lalu, yakni seks tantra.

Apa itu seks tantra?

pexels.com/vitaliy-izonin

Mengutip laman Mind Body Green, seks tantra adalah praktik seksual yang berfokus pada menyelaraskan energi, gairah, dan keinginan seksual yang sejalan dengan hati serta jiwa setiap pasangan.

Secara sederhana, seks tantra ialah praktik seksual yang menyatukan spiritualitas dan seksualitas, dan menekankan pentingnya keintiman dalam hubungan seksual.

Kata 'tantra' sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti 'jalinan bersama'. Umumnya, orang-orang yang mempraktikkan meditasi Buddha dan Hindu dapat melakukan praktik seksual satu ini sebagai cara untuk 'menjalin' fisik dan spiritual.

Nah, kalau kamu tertarik mencoba seks tantra dengan pasangan, ada baiknya kamu simak dulu 5 tips seks tantra, yang dikutip dari laman Mind Body Green berikut ini. Keep scrolling, Bela!

1. Ciptakan ruang yang sakral

Freepik.com/gpointstudio

Yang pertama adalah menciptakan ruang sakral. Itu berarti, baik kamu dan pasangan perlu mematikan seluruh perangkat elektronik, mandi, dan mengenakan pakaian favorit, membersihkan ruangan, dan menetapkan niat, contohnya, "Niatku adalah menunjukkan kepadamu dengan tubuhku betapa aku mencintaimu" atau "Aku penasaran untuk mengeksplorasi penerimaan secara mendalam."

Tambahan lainnya, kamu juga bisa menyalakan lilin dan menyiapkan makanan yang membangkitkan mood, seperti coklat atau buah beri.

2. Menatap mata pasangan

freepik.com/gpointstudio

Dalam praktik seks tantra, menatap pasangan adalah langkah yang nggak boleh dilewatkan, Bela. Cobalah berlatih menatap mata pasanganmu, dengan tujuan untuk menunjukkan siapa dirimu sepenuhnya dan apa yang kamu rasakan.

Untuk memulai tahap ini, cobalah untuk duduk tegak dan saling berhadapan dengan pasangan di atas bantal ataupun kursi. Setelah itu, tataplah mata pasangan dengan lembut. Kamu juga bisa sambil memegang tangannya.

Biarkan rasa cinta yang mendalam terpancar melalui tatapan lembutmu. Lalu rasakan kesakralan momen yang sederhana ini.

Di awal, kamu bisa mencobanya selama 2 menit terlebih dahulu. Kemudian rasakan emosi atau perasaan yang muncul ketika sesi ini berjalan.

3. Rasakan aliran cinta dan energi

unsplash.com/We-Vibe Toys

Setelah saling bertatapan, biasanya tahap ini akan terjadi secara alami. Coba letakkan telapak tanganmu ke jantungmu lalu hembuskan napasmu secara perlahan.

Saat kamu bisa merasakan cinta untuk pasanganmu, letakkan tanganmu yang lainnya di jantung pasanganmu, dan mintalah pasanganmu untuk melakukan hal yang sama. Kemudian sinkronkan pernapasanmu dan pasangan dengan napas yang dalam dan lambat.

Ketika menarik napas, rasakan aliran cinta dari napas ke dalam hatimu. Lalu saat menghembuskan napas, alirkan cinta melalui napas ke tanganmu yang masih berada di atas dada pasanganmu. Lakukan selama 10 napas dan biarkan cinta dan energi mengalir.

4. Pijatan tantra

Freepik.com/yanalya

Pijatan tantra merupakan tahapan penting lainnya dari seks tantra. Faktanya, pijatan tantra merupakan kunci untuk mendapatkan orgasme berulang kali, baik untuk laki-laki maupun perempuan. Untuk melakukannya, salah satu pasangan hanya perlu berbaring dan membiarkan pasangan lainnya menggerakkan tangan secara perlahan dan meditatif di sepanjang tubuh.

5. Posisi Yab-Yum

glamour.com

Yang terakhir adalah posisi Yab-Yum. Posisi seks tantra klasik ini melambangkan penyatuan Siwa dan Shakti, yakni dua energi ketuhanan maskulin dan feminin.

Untuk melakukannya, mintalah pasanganmu duduk tegak dengan kaki terlipat, bisa di kursi, di tepi tempat tidur, atau permukaan lain yang dirasa nyaman.

Kemudian, duduklah di pangkuannya, lingkarkan kakimu di pinggangnya dan lengan di bahunya sebelum melakukan penetrasi. Lalu minta pasanganmu melingkarkan lengannya di pinggangmu dan mengayunkannya perlahan saat melakukan penetrasi.

Tujuan seks tantra

freepik.com/racool_studio

Seks tantra pada dasarnya bertujuan untuk mendefinisikan ulang seks, yakni tentang keintiman serta koneksi, serta untuk mencapai kontak spiritual atau energik selama aktivitas seksual berlangsung.

Di samping itu, terdapat beberapa manfaat dari seks tantra, antara lain:

  1. Mendapatkan kepuasan seksual yang lebih tinggi
  2. Melepaskan hambatan seksual dan rasa malu
  3. Membantu menyembuhkan trauma seksual
  4. Membangkitkan energi seksual
  5. Mengakses kesenangan dan keinginan tiap pasangan sepenuhnya saat berhubungan seks
  6. Mampu mendapatkan orgasme berkali-kali
  7. Mengatasi ejakulasi dini
  8. Merasakan koneksi yang mendalam dengan pasangan
  9. Sesi intim dapat berjalan lebih lama dan rileks
  10. Meningkatkan komunikasi
  11. Serta membangun koneksi yang holistik antara pikiran, tubuh, dan jiwa tiap pasangan.

Dengan demikian, mempraktikkan seks tantra mampu membuatmu dan pasangan merasakan pengalaman seksual dengan lebih baik dan mendapatkan kepuasan yang berlipat.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencobanya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Sex