Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Berisiko! Ini 5 Kerugian Berhubungan Seks Sebelum Menikah

Ketahui dampaknya

Astri Amalia

Berhubungan seks kerap kali dipandang sebagai aktivitas penyatuan fisik organ seksual antara laki-laki dan perempuan semata. Padahal, seks secara lebih mendalam sebenarnya akan menciptakan ikatan emosional dan psikologis antar pasangan.

Ini karena saat seseorang melakukan hubungan seks, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin atau yang dikenal sebagai hormon cinta, yang dapat memengaruhi perilaku sosial, seperti membantu membangun kepercayaan, keterbukaan, kehangatan, dan tidak mementingkan diri sendiri di antara pasangan.

Apabila keterikatan emosional dan psikologis telah terbentuk akibat hubungan seks sebelum menikah, ini bisa menimbulkan beberapa kerugian, Bela.

Berikut 5 kerugian berhubungan seks sebelum menikah.

1. Berdosa

Pexels.com/Liza Summer

Menurut beberapa kepercayaan, aktivitas bersenggama sebelum menikah adalah hal yang terlarang dan dianggap sebagai salah satu dosa besar, salah satunya yang diajarkan di dalam agama Islam. Hukum berhubungan seks di luar nikah atau zina adalah haram dan mereka yang melakukannya pun harus bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

2. Peluang merasakan penyesalan tinggi saat menikah

Pexels.com/Liza Summer

Saat kamu menikah, ada begitu banyak hal untuk dicoba dan dikembangkan bersama dengan pasangan. Tetapi, saat kamu akhirnya berada di dalam hubungan pernikahan dengan banyak pengalaman dan keterikatan emosional serta psikologis dengan orang lain, bisa membuatmu merasa kecewa atau menyesal.

Termasuk munculnya ketidakmampuan untuk mengikat dan mengembangkan keintiman dengan pasangan, masalah kepercayaan, hingga membandingkan performa seksual pasanganmu dengan orang lain.

3. Mengikatkan jiwamu pada orang yang salah

Pexels.com/Xenia Bunina

Menurut seorang psikolog klinis bernama Carla Marie, mereka yang berhubungan intim akan menciptakan sebuah ikatan jiwa satu sama lain, yang bisa digambarkan seperti tali emosional dan spiritual yang sangat kuat.

Itu bisa menjadi alasan seseorang yang pernah berhubungan seks dengan mantannya, kesulitan untuk melupakannya, walau hubungan tersebut telah berakhir bertahun-tahun yang lalu. Jika kamu nggak memutuskan ikatan ini, kamu bisa saja membawanya ke dalam hubungan pernikahanmu di masa depan.

4. Lebih rentan untuk melakukan hubungan intim terlarang

freepik.com

Melansir laman Janet Bengan, lebih mudah bagi mereka yang pernah berhubungan intim untuk kembali melakukan hubungan seksual, daripada mereka yang baru akan melakukan hubungan seks pertama kali. Ini dapat diartikan ketika seseorang tergoda untuk berhubungan seks, mampu melemahkannya di dalam situasi selanjutnya.

Inilah yang membuat seseorang yang memutuskan untuk berhubungan seks sebelum menikah, menjadi sangat rentan terhadap aktivitas seks terlarang.

5. Seks sebelum menikah menimbulkan perasaan malu, bersalah, dan kebencian pada diri sendiri

Pexels.com/Alex Green

Beberapa orang berpendapat bahwa rasa bersalah dan malu muncul karena seks terlarang tidak dapat diterima secara sosial. Bisa jadi karena seks terlarang hanya menjadi objek kesenangan belaka. Padahal, seks bukan hanya untuk bersenang-senang, tapi seperti apa yang telah disebutkan sebelumnya, berhubungan seks akan menciptakan ikatan jiwa di antara pasangan, yang mana bisa merugikan apabila terjadi di luar pernikahan.

Itulah tadi 5 kerugian berhubungan seks sebelum menikah. Bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Sex