Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi yang banyak dipilih pasangan untuk mencegah kehamilan saat berhubungan. Mengingat banyak alat kontrasepsi lainnya, kondom menjadi salah satu banyak yang dipilih karena beberapa fungsi kondom yang harus kamu perhatikan, Bela.

Dalam buku Sexy Origins and Intimate Things, Charles Panati menuturkan kalau ternyata kondom ini sudah ada dari zaman dulu. Bentuk sarung untuk melindungi penis telah dipakai sejak berabad silam. Sejarah menunjukkan orang Roma mungkin juga Mesir ternyata menggunakan kulit tipis dari kandung kemih dan usus binatang sebagai "sarung". Untuk mengetahui fungsi kondom yang harus kamu perhatikan, berikut penjelasannya. 

1. Mencegah kehamilan

4 Fungsi Kondom yang Harus Kamu Perhatikanpixabay.com/estebantroncosofoto

Banyak cara untuk mengontrol kehamilan. Mulai dari menghitung masa subur, menggunakan kontrasepsi bagi perempuan dan salah satunya menggunakan kondom saat melakukan hubungan. 

Dilansir dari youngwomenhealth.com, kemungkinan hamil ketika pasangan lelaki selalu menggunakan kondom setiap kali berhubungan yakni hanya sebesar 2% saja. Penelitian tersebut tentu didasari beberapa kondisi seperti kondom nggak rusak saat digunakan dan sebagainya.

2. Mencegah dari berbagai penyakit kelamin menular.

4 Fungsi Kondom yang Harus Kamu Perhatikanhelloclue.com

Kita nggak pernah tahu tentang riwayat pasangan kita di atas ranjang. Memakai kondom merupakan salah satu cara untuk mencegah tertular penyakit kelamin. Selain penyakit kelamin, dengan menggunakan kondom juga bisa mencegah penularan HIV, hepatitis, chlamyda, dan gonorea. 

Jadi jika pasangan kita ternyata mengidap HIV, tetap masih bisa berhubungan dengan aman, Bela. Tentunya harus dengan beberapa pemantauan seperti mengetahui waktu-waktu virus HIV pasangan nggak terlalu aktif. Kamu dan pasangan juga bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

3. Bisa mencegah kanker serviks pada perempuan

4 Fungsi Kondom yang Harus Kamu Perhatikanhealthblog.uofmhealth.org

Selain untuk mencegah kehamilan, fungsi kondom yang harus kamu perhatikan juga yakni mencegah kanker serviks pada perempuan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Tim Winer yang didasarkan pada 82 perempuan yang berusia 18 hingga 22 tahun, perempuan yang menggunakan kondom setiap kali berhubungan seks memiliki tingkat infeksi HPV 38 infeksi per 100 pasien-tahun.

Sedangkan perempuan yang pasangan seksnya menggunakan kondom kurang dari 5% (95% nggak menggunakan kondom) memiliki tingkat infeksi HPV dari 89 infeksi per 100 pasien tahun. Artinya, jika 100 perempuan aktif secara seksual selama satu tahun, 89 di antaranya akan mengalami infeksi HPV. 

4. Salah satu alat penunjang foreplay

4 Fungsi Kondom yang Harus Kamu Perhatikanfreepik.com

Foreplay merupakan salah satu pemanasan sebelum seks yang tujuannya untuk merangsang kepuasan dari masing-masing pasangan. Salah satu keuntungan foreplay adalah memperpanjang durasi seks antarpasangan, Bela. Jadi kegiatan berhubungan kalian nggak akan langsung klimaks dan berakhir biasa saja.

Nah, salah satu fungsi kondom ini adalah untuk menunjang kegiatan foreplay kalian. Mengingat kondom sendiri memiliki jenis, bentuk serta aroma tersendiri yang pastinya bisa menambah pengalaman, sensasi serta pilihan atau kegiatan hubungan sebelum klimaks kalian. Dari foreplay, bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi masing-masing pasangan. Dan kalian jadi bisa saling mempelajari dan memahami pasanganmu, Bela.

Baca Juga: Cara Berhubungan Agar Tahan Lama di Ranjang