Kondom wanita memang jarang sekali terdengar dan pastinya nggak banyak orang yang tahu. Masyarakat kini hanya mengetahui bahwa pengaman hanya tersedia untuk para lelaki saja. Di Indonesia sendiri masih banyak yang kurang paham mengenai kondom jenis ini dan cara memakainya. Biar nggak bingung dan menambah wawasanmu, berikut cara memakai kondom wanita.

1. Apa itu kondom wanita?

3 Cara Memakai Kondom Wanitasimplehealth.com

Kondom untuk perempuan ini awalnya dikenalkan oleh Lasse Hessel seorang penemu Denmark terkenal yang mematenkan sejumlah kreasi yang berhubungan dengan kesehatan. Pada tahun 1980-an, hak paten kondom wanita ini dibeli oleh Wisconsin Pharmacals. Latar belakang dibuatnya kondom perempuan yakni untuk meminimalisir penyebaran AIDS serta untuk kesehatan wanita. Kondom perempuan sendiri baru dikenalkan ke publik sektar tahun 1993.

2. Bagaimana cara pakainya? Apakah aman?

3 Cara Memakai Kondom Wanitahelloclue.com

Sejauh ini, kondom perempuan nggak memberikan dampak buruk bagi pihak perempuan ataupun lelaki selama nggak alergi terhadap bahan kondom itu sendiri. Jadi, bisa dibilang kondom perempuan aman digunakan.

Perbedaan cara pakai antara kondom lelaki dan perempuan, kondom wanita harus dimasukkan kedalam alat vital perempuan. Berikut cara pakainya.

  • Buka segel. Kamu harus hati-hati membukanya agar nggak robek. Pastikan kamu nggak buka pakai gigimu ya. 
  • Peras cincin yang lebih kecil di ujung kondom yang tertutup dan masukkan ke dalam vagina. 
  • Pastikan cincin besar di ujung terbuka sehingga kondom menutupi area di sekitar lubang vagina. 
  • Ketika berhubungan, coba kamu pastikan penis berada di dalam kondom wanita, bukan di antara kondom dan sisi vagina. 
  • Setelah berhubungan seks, lepaskan kondom dengan cara menariknya keluar. Kamu bisa memutar cincin besar untuk mencegah air mani bocor. 
  • Buang kondom di tempat sampah ya, bukan toilet.

3. Di mana bisa membeli kondom untuk perempuan?

3 Cara Memakai Kondom Wanitagetyourimage.club

Mengingat masih sedikitnya yang tahu bahkan paham mengenai kondom perempuan, nggak heran jika kondom ini agak sulit ditemukan dan belum tentu ada di tempat yang sama seperti kondom lelaki dijual pada umumnya. Biasanya kondom wanita dijual di apotek, beberapa supermarket dan secera online. 

Baca Juga: Cara Berhubungan Agar Tahan Lama di Ranjang