Masturbasi adalah aktivitas seksual yang normal dan sehat dengan sedikit efek samping. Dilansir dari medicalnewstoday.com, penelitian telah menemukan bahwa di antara remaja berusia 14-17 tahun di Amerika Serikat, sekitar 74 persen laki-laki dan 48 persen perempuan bermasturbasi. Di antara orang dewasa yang lebih tua, sekitar 63 persen laki-laki dan 32 persen perempuan berusia antara 57 dan 64 tahun bermasturbasi.

Orang-orang bermasturbasi karena berbagai alasan. Beberapa orang melakukan masturbasi sendirian, sementara yang lain melakukan masturbasi dengan pasangan. Kira-kira alasan nggak biasa seperti apa ya para perempuan melakukan masturbasi? 

1. Untuk meredakan kram perut saat datang bulan

5 Alasan yang Nggak Biasa  Perempuan Melakukan Masturbasi livinghealthy.ng

Selama menstruasi, rahim akan berkontraksi untuk membantu mengeluarkan lapisannya. Zat seperti hormon prostaglandin ini yang menimbulkan rasa sakit dan peradangan dan memicu kontraksi otot rahim. Hal tersebut yang menyebabkan kram perut saat datang bulan. Salah satu cara agar meringankan kram perut adalah dengan orgasme. 

2. Agar lebih tahu bagaimana dan kapan mereka akan sangat bergairah.

5 Alasan yang Nggak Biasa  Perempuan Melakukan Masturbasi desenio.co.uk

Dengan mengenal diri sendiri lebih dalam, termasuk bagaimana dan kapan kita akan merasakan kepuasan dan bergairah, akan sangat membantu kita di masa depan ketika berhubungan intim dengan pasangan.

Ketika kita sudah mengenal diri kita sendiri, maka akan sangat memungkinkan pasangan akan mendapatkan pengalaman dan kepuasaan saat bercinta dengan kita. Hal itu akan berpengaruh dalam kehidupan berumah tangga.

3. Sebagai penenang ketika stres.

5 Alasan yang Nggak Biasa  Perempuan Melakukan Masturbasi creativeboom.com

Salah satu hormon yang akan keluar ketika mengalami orgasme adalah hormon endorfin. Hormon endorfin inilah yang membawa ketenangan. Endorfin ini berinteraksi dengan reseptor di otak kita untuk mengurangi persepsi nyeri. Endorfin juga memicu perasaan positif dalam tubuh, mirip dengan morfin.

4. Sebagai penenang agar lebih cepat tidur.

5 Alasan yang Nggak Biasa  Perempuan Melakukan Masturbasi amerisleep.com

Merasa sulit sekali tidur? Ternyata dengan melakukan masturbasi bisa membuat kita lebih cepat tidur. Hal tersebut dikarenakan ketika kita tengah mendapatkan puncak orgasme, hormon yang membawa ketenangan dan relaksasi agar muncul dan membawa kita merasa rileks. Ketika rileks inilah tubuh akan mulai bisa tenang dan istirahat sehingga bisa tidur dengan cepat.

5. Bagian dari foreplay sebelum melakukan hubungan intim dengan pasangan.

5 Alasan yang Nggak Biasa  Perempuan Melakukan Masturbasi refinery29.com

Banyak sekali kegiatan yang dilakukan sebelum melakukan hubungan intim dengan pasangan yang lebih dikenal dengan istilah foreplay. Foreplay ini dimaksudkan sebagai permulaan sebelum melakukan inti dari hubungan. Sebagian besar pasangan terlibat dalam serangkaian tindakan intim fisik dan emosional untuk menciptakan gairah seksual dan keinginan untuk aktivitas seksual. Nah, masturbasi ini adalah bagian dari foreplay agar hubungan yang akan dilakukan lebih maksimal dan bergairah.

Baca Juga: Rainbow Kiss, Gaya Seks Nyeleneh yang Bikin Kamu Ragu untuk Mencobanya