Merayakan pernikahan secara virtual sepertinya menjadi alternatif di masa pandemi seperti ini. Salah satunya dengan menggunakan media aplikasi virtual meeting Zoom.

Bagi beberapa pasangan yang enggan menunggu hingga pandemi COVID-19 berlalu, tentu saja, Zoom Wedding adalah solusi paling tepat. Meski, keluarga dan orang terdekat mungkin nggak hadir secara fisik. Namun, doa dan harapan mereka akan selalu mengiringi langkah kamu dan pasangan, kok. Percaya deh, inspirasi wedding ini tetap akan berkesan bagi siapa pun! Nggak percaya? Coba terapkan beberapa tips a la Popbela di bawah ini.

1. Tetapkan dress code untuk tamu udangan

7 Tips Membuat Virtual Wedding Terasa Spesial dan BerkesanPexels.com/Emma Bauso

Tentu saja, masa pandemi membuat siapapun setia dengan pakaian tidurnya selama di rumah saja. Untuk itu, dengan menetapkan dress code tertentu, seseorang mungkin akan lebih bersemangat! Tentu saja, pakaian tertentu bisa menghasilkan mood yang berbeda pula, bukan?

Coba, deh, dorong tamu undangan Zoom wedding kamu untuk mengikuti aturan berpakaian tertentu. Luxury lounge wear, tema vintage, atau serba polkadot, misalnya bisa jadi pilihan. Selain berkesan, pesta pernikahan kamu juga akan terasa lebih meriah karenanya. 

2. Beri informasi sebanyak mungkin tentang Zoom wedding kamu

7 Tips Membuat Virtual Wedding Terasa Spesial dan Berkesanbridestory.com/ Knotted Co.

Pastikan untuk membagi sebanyak mungkin detail penting perayaan virtual pernikahan kamu, ya. Hal ini dilakukan agar tamu undangan tahu apa saja yang akan ada dalam Zoom wedding kamu nanti. Seperti foto-foto pre-wedding, daftar playlist khusus, keterangan waktu, bahkan upacara pernikahan kamu dan pasangan.

3. Sediakan layanan pengiriman makanan

7 Tips Membuat Virtual Wedding Terasa Spesial dan Berkesanguidetoiceland.is/

Ketika pandemi datang melanda, ide untuk mengirimkan sebuah kotak tak terduga kepada tamu udangan Zoom wedding sangatlah brilian! Souvenir serta makanan atau minuman untuk sekadar bersulang, tentu akan mengubah perayaan pernikahan virtual kamu dan pasangan secara keseluruhan. So, tips yang satu ini benar-benar patut untuk dicoba, bukan?

4. Lakukan video yang kolaboratif dengan tamu undangan

7 Tips Membuat Virtual Wedding Terasa Spesial dan Berkesanhttps://www.pexels.com/@gustavo-fring

Melibatkan para hadirin dalam rangkaian acara yang telah kamu tetapkan akan begitu mengasyikkan, lho. Hal ini akan memberi kesan personal bagi siapa pun yang menjadi tamu undangan Zoom wedding kamu. Misalnya, minta mereka untuk mengirim video mengenai pesan untukmu dan pasangan yang nantinya akan ditayangkan melalui fitur share screen. Percayalah, perayaan pernikahan virtual kamu akan terasa sangat intim karenanya!

5. Jangan lupa berinteraksi dengan tamu

7 Tips Membuat Virtual Wedding Terasa Spesial dan BerkesanPexels.com/Studio Negarin

Hanya karena tamu yang hadir hanya mendengar dari jauh, bukan berarti mereka nggak dapat bergabung dalam pesta, lho. Jangan jadikan Zoom wedding kamu sebagai momen 'tontonan' mereka saja. Minta orang-orang terdekat kamu dan pasangan untuk bersulang, mengutarakan pesan dan kesannya untuk mempelai, atau apa pun itu. Beri mereka kesempatan untuk menunjukkan cinta kasihnya terhadap kamu dan pasangan, ya. Tentunya, partisipasi mereka yang hadir akan sangat berarti untukmu, bukan?

6. Pertimbangkan beberapa perayaan

7 Tips Membuat Virtual Wedding Terasa Spesial dan BerkesanPexels.com/Deden Dicky Ramdhani

Apabila kamu memiliki daftar tamu undangan yang sangat banyak. Akan lebih baik jika kamu dan pasangan membaginya ke dalam kelompok-kelompok kecil berdasarkan lingkaran sosial yang sama. Tips yang satu ini akan memudahkan kamu untuk tetap menjaga keintiman dari Zoom wedding nantinya. Pastinya, perayaan pernikahan virtual kamu akan terasa jauh lebih bermakna!

7. Jangan lupakan dansa

7 Tips Membuat Virtual Wedding Terasa Spesial dan Berkesanhttps://www.pexels.com/@thatguycraig000

Tips yang satu ini cukup berpengaruh terhadap jalannya perayaan pernikahan kamu secara virtual. Kamu mungkin nggak dapat berdansa di ruangan yang sama bersama seluruh tamu undangan. Namun, menjaga agar tradisi ini tetap ada meski berjarak bukanlah masalah besar, kan? 

Selain itu, kamu juga dapat membuat playlist lagu-lagu yang memiliki arti khusus bagimu dan pasangan agar para hadirin juga dapat menikmati. Gunakan aplikasi Spotify atau Apple Music untuk menyinkronkannya, ya. Dijamin, deh, hari pernikahanmu akan buat mereka yang hadir susah lupa.

Baca Juga: Dikabarkan Menikah, 9 Foto Pre-Wedding Nikita Willy dan Indra Priawan

Baca Juga: Romantis! Intip 7 Foto Post-Wedding Dinda Hauw dan Rey Mbayang

Baca Juga: Romantis! 9 Foto Pre-Wedding Artis Korea Ini Bikin Meleleh